Android 5.0 Lollipop Terbaru

Hal yang ditunggu-tunggu sudah tiba, yaitu konfirmasi perilisan OS terbaru Android yang lebih akrab disebut Android 5.0 L. Meski diisukan akan diberi nama Andorid Liquorice atau Android Lemon Meringue Pie. Namun pihak Google akhirnya menyatakan bahwa nama resmi dari versi terbaru Android ini ialah Android Lollipop.

Meski belum secara resmi dirilis, namun setelah pengenalan Android terbaru ini, Google menyediakan instalasi versi developer dari android 5.0 Lollipop khusus bagi pengguna Nexus. Berikut merupakan beberapa perubahan yang ditemui pada Android versi terbaru ini.

Segi Tampilan
Sebenarnya jika dilihat sekilas masih  agak mirip dengan tampilan versi sebelumnya—Android Kitkat, namun Android Lollipop menawarkan tampilan lebih berwarna yang menarik dan meningkatkan animasi terbaru sehingga tampilannya jauh lebih mengkilat.

android lollipop
Sementara untuk tampilan menunya, Android L muncul dengal lebih stylish dibandingkan versi-versi Android sebelumnya yang tradisional. Pada tampilan “Home”, ikon aplikasi pada Android L berbentuk bulat. Sementara itu untuk menu multitasking memang bentuk ikon aplikasinya masih persegi-persegi kecil. Tombol “back”nya pun dibuat lebih modis daripada versi Android pendahulunya. Di versi android kali ini menggunakan bentuk tombol back berbentuk “reversed arrow” seperti bentuk pada VCR atau tombol play pada pemutar kaset tahun 1980-an.


Segi Fitur
Tak hanya tampil dengan tampilan yang lebih menarik, perubahan yang ada pada Android Lollipop juga bersifat fungsional. Fitur notifikasi menjadi salah satu yang mengalami improvisasi dimana pemberitahuan ditampilkan secara langsung. Bahkan ketika layar dalam keadaan terkunci Anda bisa membuka detail pada pemberitahuan serta menuju langsung pada area pemberitahuan tanpa mengaktivasi kunci layar terlebih dahulu. Namun bagi Anda yang tidak suka apabila orang lain mengintip detail pemberitahuan-pemberitahuan pribadi Anda, maka Anda masih bisa mengaktifkan fitur untuk mengunci detail notifikasi.

Fungsi lain yang ada pada Android versi terbaru ini ialah adanya Project Volta di dalamnya. Penyematan Volta pada Android terbaru ini bertujuan untuk menunjukan segala aspek aplikasi yang menghabiskan baterai. Selain itu Volta juga dilengkapi dengan Big G yang dapat memberi tahu pengguna secara akurat berapa lama ponsel masih akan dapat bertahan, serta butuh berapa lama untuk mencapai full battery lagi ketika Anda men-charge ponsel Anda.

Volta juga memungkinkan penghentian aplikasi yang tidak berguna serta peredupan layar untuk menghemat energi ketika baterai sudah lemah. Tak heran bahwa adanya Volta membuat Android lollipop bisa bertahan 90 menit lebih lama daripada Android pendahulunya pada penggunaan normal.

Android Lollipop dianggap sebagai peningkatan terbaik Android sejauh ini. Versi lengkapnya baru akan dirilis pada awal November 2014 yang dapat ditemui pada Nexus 9 dan Nexus 6 terbaru. Beberapa minggu kemudian Android 5.0 L tersedia untuk Nexus versi lebih lama. Sementara untuk vendor HP Android lain seperti Sony, HTC, Samsung, LG dan Motorola belum ada pengumuman resmi kapan perilisan OS baru ini di gadget-gadget keluaran mereka.

Demikianlah kisah singkat tentang versi android terbaru. Semoga bermanfaat.


0 Response to "Android 5.0 Lollipop Terbaru"

Post a Comment

Silakan tinggalkan komentar anda.