Cara menghubungkan modem ke tablet

Komputer Tablet merupakan salah satu perangkat yang sangat membantu kita melakukan aktifitas yang memiliki mobilitas tinggi. Membantu menyelesaikan pekerjaan ringan seperti mengetik proposal, menyelesaikan makalah, menuangkan ide cerita yang mungkin terlintas setiap saat. Dengan adanya tablet yang lebih ringkas jika dibandingkan dengan notebook maka pekerjaan ringan seperti menyelesaikan makalah dapat selesai dengan cepat bahkan saat mobile atau saat sedang nongkrong bareng kerabat.

Namun kurang lengkap rasanya jika tablet yang kita miliki tidak dapat terkoneksi dengan internet karena keterbatasan fitur nirkable yang dimiliki. Khususnya bagi pengguna tablet yang tidak dilengkapi slot SIM card. walaupun rata-rata tablet saat ini telah dilengkapi wifi sebagai alat penunjang nirkablenya. Namun dengan mobilitas yang tinggi sangat tidak memungkinkan untuk stuck disatu tempat hanya untuk berharap koneksi dari jaringan wifi yang area-nya terbatas.

Untuk mengatasi hal tersebut maka diperlukan sebuah modem tambahan untuk menunjang aktifitas sehari-hari yang semakin mobile, Sehingga tidak bergantung lagi dengan Hot Spot area untuk sekedar menyapa teman sosmed lewat tablet kesayangan. Untuk dapat mengetahui cara menghubungkan modem ke tablet diperlukan Bahan-bahan sebagai berikut:

cara konek modem ke tablet

1. Tablet advan Vandroid T2E (optional), bisa merk lain tergantung tablet yang anda punya. Hanya saja mungkin caranya akan sedikit berbeda.

kabel USB OTG

2. Kabel USB OTG (USB On The Go). Bisa didapatkan di toko aksories handphone, pastikan anda membeli konektor USB OTG yang sesuai dengan tablet anda. Karena banyak jenis konektor USB OTG yang beredar dipasaran seperti mini USB OTG, micro USB OTG dll.

3. Modem GSM HSDPA + Sim card

Cara menghubungkan Modem ke Tablet adalah sebagai berikut:
Konekan modem melalui kabel OTG, tunggu beberapa saat hingga muncul tampilan provider seperti pada gambar atau ada tanda-tanda modem kedetect dengan munculnya status sinyal provider.

cara konek modem ke tablet

Pada dasarnya mengkoneksi modem ke tablet dengan bantuan kabel OTG cukup mudah karena cenderung PnP (Plug and Play) jadi tidak diperlukan setingan khusus atau keahlian khusus, paling tidak ini yang terjadi saat modem Huawei di colokan ke modem advan Vandroid T2E. mungkin ada beberapa tablet yang perlu proses root terlebih dahulu jika ingin mengkoneksikan modem ke tablet.

Jika memang ternyata modem telah terkoneksi sempurna namun belum bisa konek internet, coba lakukan sedikit setingan seperti berikut:
Pergi ke menu seting pada tablet anda kemudian sentuh selengkapnya > kemudian pilih jaringan seluler > kemudian centang ‘data diaktifkan’, dalam hal ini di contohkan untuk seting pada tablet android Advan Vandroid T2E. mungkin letak dan cara seting untuk setiap merk tablet akan berbeda.

cara konek modem ke tablet

Kemudian pilih Access Point name untuk menseting APN yang akan digunakan surfing internet. Sebenarnya setingan APN secara default akan otomatis muncul setelah modem ditancapkan. Namun jika hal tersebut tidak terjadi maka perlu dilakukan setingan secara manual. Untuk seting manual silahkan lihat gambar, isikan nama dan APN sesuai provider yang anda gunakan. Yang lainnya biarkan default tidak perlu di isi. 

cara konek modem ke tablet

Selesai.. selanjutnya anda dapat menggunakan Tablet android kesayangan anda untuk browsing atau mengunjungi situs favorit anda.

cara konek modem ke tablet

Demikian sedikit review atau panduan cara konek atau menghubungkan modem ke tablet advan T2E. Semoga bermanfaat dan bisa menjadi referensi bagi yang masih bingung tentang cara mengkoneksikan modem ke tablet dengan menggunakan kabel USB OTG.



2 Responses to "Cara menghubungkan modem ke tablet "

  1. Bagaimana bila modem (Cyborg E488) aktif (kedip2) tapi ga terdeteksi android (pakai Galaxy Note N8000)

    ReplyDelete
  2. selain tablet advan.ada yng lain gk

    ReplyDelete

Silakan tinggalkan komentar anda.