Andyroid: Emulator Android untuk PC

Kisah ini sekedar share bagaimana proses saat menginstal Emulator Android untuk pc atau laptop yang bernama Andyroid. Sebagai informasi, kali ini dicoba menginstal Andyroid di laptop Asus core i3, dengan RAM 6GB, VGA onboard shared. Andyroid merupakan emulator android yang memiliki fitur cukup lengkap jika dibandingkan dengan blustacks ataupun youwave. Salah satu kelebihan yang dimiliki Andyroid adalah fitur “Phone as controller”. Jadi dengan fitur ini anda dapat bermain game dengan memanfaatkan handphone anda sebagai joystick atau controlernya.

Dan beberapa fitur unggulan lainnya seperti halnya penggunaan handphone sebagai kontroler tentu akan memudahkan saat menikmati game android dengan fitur multi-touch dan game yang memanfaatkan technology gyro. Dan yang tak kalah penting-nya adalah emulator Andyroid ini gratis.

Andyroid: Emulator Android untuk PC

Untuk dapat menginstal Emulator Android di PC atau Laptop anda harus mendownload dulu instalernya di situs resmi Andyroid. File instalernya berukuran cukup kecil, hanya 529kb.

Download Andyroid

Cara instalnya pun cukup mudah, doble klik file installer yang sudah didownload tadi dan silahkan menunggu proses instalasi hingga selsesai. Entahlah, mengapa Proses ini memakan waktu lumayan lama mengingat paket file yang harus didownload adalah sekitar 488000kB. Kalau ingin mencoba menginstal emulator Andyroid, pastikan anda memiliki persiapan kuota yang lumayan banyak, khususnya bagi pengguna modem GSM. Agar tidak putus ditengah jalan.

Andyroid: Emulator Android untuk PC

Setelah proses downlodan selesai maka akan langsung otomatis melakukan proses instalasi, dalam proses ini akan dilanjutkan menginstal virtual box. Mungkin itu sebabnya kenapa file nya begitu besar, ehh 488000kB itu termasuk besar atau kecil yaa.. #garukgaruk

Dan ternyata Emulator Andyroid ini sangat berat saat dijalankan di laptop yang hanya memiliki spesifikasi core i3 memory 6GB VGA shared. Entahlah, apakah karena memang tidak memenuhi syarat minimum requirement yang dibutuhkan. Mengingat minimum requirment untuk menjalankan Emulator Andyroid adalah:

- AMD or Intel Dual-Core CPU,
that supports Virtualization technology (AMD-vt or Intel VT-x)
- Windows 7/8.x x86 or x64
- 3GB RAM
- Up to 20GB Fee Disk Space
- OpenGL ES 2.0 capable video card
**NOTE Make sure 'Virtualization' is enabled in BIOS.

Andyroid: Emulator Android untuk PC

Andyroid: Emulator Android untuk PC atau laptop sebenarnya memiliki fitur cukup komplit namun sayang-nya sangat berat ketika dijalankan pada laptop dengan spesifikasi diatas.
Jadi untuk sementara sekian dulu kisah ini. Mungkin suatu saat kelak akan ditemukan cara atau solusi untuk dapat menjalankan Emulator Andyroid di laptop dengan spek pas-pasan. Semoga bermanfaat, dan bisa menjadi bahan referensi. 

Mungkin anda tertarik mencoba:
Windroy: Emulator Android untuk PC


0 Response to "Andyroid: Emulator Android untuk PC"

Post a Comment

Silakan tinggalkan komentar anda.