Mengenal lebih dekat USB OTG

Mari kita mengenal lebih dekat tentang teknologi USB OTG yang biasa dikenal dengan panggilan kabel OTG. Apa sebenarnya fungsi dari piranti ini? Secara Singkat, dengan bantuan teknologi USB OTG memungkinkan handphone maupun tablet dapat bertindak sebagai “host” layaknya komputer atau laptop.

Dengan USB OTG (USB On The Go) memungkinkan peranti seperti Flashdisk, keyboard, atau mouse dapat terhubung dengan handphone maupun tablet.

Jadi anda dapat memindah data dari flashdisk ke tablet maupun sebaliknya secara langsung tanpa bantuan Komputer atau Laptop. Tidak seperti era gadget sebelumnya yang masih bergantung dengan komputer atau laptop untuk memindahkan data dari handphone ke flashdisk.

Anda dapat mengkoneksikan mouse ke tablet dengan bantuan piranti USB OTG dengan mudah. tanpa perlu aplikasi tambahan / langsung PnP (Plug and Play).

Mengenal lebih dekat USB OTG

USB OTG selain digunakan untuk keperluan mengkoneksikan flashdisk ke Tablet maupun handphone agar memudahkan transfer data tanpa bantuan komputer atau Laptop. Namun dalam penggunaanya, teknologi USB OTG pun dapat digunakan untuk mengkoneksikan Modem ke Tablet untuk keperluan koneksi internet. Khusus bagi pemilik tablet yang tidak memiliki slot SIM card didalamnya. Namun begitu, belum semua tablet maupun handphone yang support dengan teknologi USB OTG ini.

Mengenal lebih dekat USB OTG

Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan sebelum anda memutuskan membeli USB OTG.
1. Perhatikan Slot atau konektor yang digunakan pada handphone atau tablet anda. Karena USB OTG memiliki berbagai macam slot sesuai kebutuhan penggunanya. Ada beberapa jenis konektor atau colokan yang digunakan seperti mini USB, micro USB dll.


2. Pastikan handphone atau tablet anda telah mendukung koneksi dengan teknologi USB OTG. Cari informasi di situs atau web resmi maupun di forum-forum handphone, apakah Handphone anda sudah mendukung teknologi USB OTG.


3. Pilihlah USB OTG sesuai dengan yang anda perlukan. Karena banyak jenis USB OTG yang bertebaran diluar sana bergantung merk dan fitur yang dimilikinya. Ada USB OTG berbentuk stick, yang sudah include slot penyimpanan didalamnya sehingga dapat berfungsi layaknya flashdisk, ada pula yang hanya berupa kabel biasa tanpa fitur tambahan. Silahkan memiih USG OTG sesuai keperluan dan budget anda


Demikian bahasan singkat tentang USB OTG. Semoga dengan ini, anda dapat mengenal lebih dekat tentang USB OTG. Semoga bermanfat dan dapat menambah wawasan anda.



0 Response to "Mengenal lebih dekat USB OTG"

Post a Comment

Silakan tinggalkan komentar anda.