Bagaimana cara menghapus DVD-RW

Menghapus data yang sudah di “bakar” (burn) kedalam DVD-RW maupun CD-RW dapat di hapus kembali sehingga dapat digunakan untuk menyimpan data yang baru.

Hal ini dapat menghemat penggunaan DVD atau CD untuk menyimpan data yang bersifat temporary. Ataupun untuk mengantisipasi data anda di curi orang tidak bertanggung jawab, sebelum anda membuang DVD anda ketempat sampah.

Bagaimana cara menghapus data yang tersimpan dalam DVD-RW atau CD-RW?

Untuk menghapus data dalam DVD-RW anda dapat menggunakan bantuan software Nero yang sudah lama dikenal sebagai burning CD utilities.

Memang ada syarat yang harus dipenuhi untuk bisa menghapus data dalam DVD. Salah satunya adalah data tersebut harus tersimpan dalam DVD-RW. Karena DVD-RW atau CD-RW memiliki kemampuan baca tulis yang tidak dimiliki oleh DVD-R.

Berikut uraian singkatnya.
Anda tentu sudah punya Nero di komputer anda. Buka software Nero tersebut, kemudian pilih Extras dan pilih Eraser CD jika anda ingin menghapus CD atau Erase DVD jika anda ingin menghapus data di DVD.

cara menghapus DVD-RW

Kemudian pilih metode yang digunakan. Anda memiliki dua pilihan yaitu, Quick-erase rewitable disc dan Full erase rewitable disc. Jika anda memilih full erase rewitable disc maka proses penghapusan sedikit lebih lama dibandingkan Quick methode.

cara menghapus DVD-RW

Selanjutnya tunggu proses penghapusan hingga selesai. Proses ini tergantung kapasitas data yang tersimpan dan methode yang digunakan.

cara menghapus DVD-RW

Selesai. Anda telah berhasil menghapus data di CD-RW atau DVD-RW, selanjutnya anda dapat mengisi data file baru kedalam DVD atau CD tersebut. Atau anda ingin membuang DVD anda tapi khawatir ada orang iseng yang menemukannya kemudian membuka dan melihat isi dalam DVD anda yang ternyata menurut anda sangat pribadi. Anda dapat menghapusnya terlebih dahulu menggunakan program Nero.

Menghapus data ini dengan menggunakan cara diatas, data anda kemungkinan masih dapat diangkat dengan menggunakan software recovery file. Jika anda khawatir data-data dalam DVD yang telah anda hapus dapat dilihat orang lain, anda dapat menggunakan alternatif  Burning Tool sebelum membuang DVD anda ketempat sampah.

Anda dapat menggunakan cara menghapus DVD atau CD yang extreme dan extraordinary. Cara yang cukup simpel tanpa harus menggunakan Komputer dengan teknologi canggih. Anda dapat membakar DVD anda menggunakan tool yang biasa disebut “Matches burning Tools”. Cara-nya mungkin akan dijelaskan pada episode yang akan datang. Untuk sementara anda dapat melihat ilustrasi gambarnya dan mungkin anda dapat menyimpulkannya tanpa harus dijelaskan lebih lanjut.

cara menghapus DVD-RW

Dengan cara ini dijamin DVD anda tidak akan dapat di recovery menggunakan software apapun, bahkan DVD driver merk terkenal pun tidak akan mampu mendeteksi CD maupun DVD yang telah diproses dengan "Matches Burning Tools". 
Namun perlu diketahui karena Tools ini (Matches Burning Toolscukup berbahaya jadi Please Do It with Your Own Risk.

Demikianlah penjelasan tentang bagaimana cara menghapus DVD-RW. Semoga bermanfaat.




2 Responses to "Bagaimana cara menghapus DVD-RW"

  1. Kamvret, itu cara yang terakhir artinya dibakar beneran , anjir .. :v

    ReplyDelete
    Replies
    1. wkwkwk iya gan, ..
      please dont try at home yaa.. :V

      Delete

Silakan tinggalkan komentar anda.