Beberapa Ponsel Fenomenal Di Jamannya

Tidak dipungkiri bahwa handphone atau biasa juga disebut ponsel menjadi salah satu barang elektronik yang paling penting dari dulu hingga sekarang. Handphone digunakan untuk berkomunikasi, mendekatkan yang jauh. Beberapa ponsel sempat sangat fenomenal dijamannya.

Sebelum adanya handphone, zaman dahulu orang banyak yang menggunakan pager untuk berkomunikasi. Namun, pager hanya dapat menerima pesan saja dan tidak dapat mengirim pesan. Kemudian sejak saat itu, berkembanglah handphone. Seiring perkembangan teknologi, handphone pun semakin canggih dengan aplikasi internet dan sistem operasi yang begitu canggih.

Namun, bukan tidak mungkin handphone yang dahulu sempat fenomenal masih tetap digunakan hingga sekarang, seperti Nokia, Motorolla, Siemens, Sony Ericsson dan LG. Berikut akan diulas beberapa ponsel fenomenal dijamannya.

1.   Nokia 3650.
Handphone tipe ini sangat fenomenal sekali dijamannya. Bentuknya yang unik membuat handphone ini banyak diminati, terutama kaum pelajar dan mahasiswa. Handphone asal Finlandia yang diluncurkan pada tahun 2003 langsung meledak di pasaran. Terkenalnya Handphone Nokia 3650 melalui sinetron AADC yang digunakan oleh tokoh utamanya. Ponsel ini pun sempat menjadi ponsel keluaran pertama yang dapat merekam video dan mengambil foto.

2.   N-Gage.
Handphone tipe N-Gage yang keluar pada tahun 2003 ini sempat booming pada jamannya. Pasalnya, lewat handphone tersebut, Anda dapat memainkan game 3 dimensi yang hanya terdapat pada ponsel tersebut. Selain game, ponsel tersebut juga memiliki aplikasi MP3 Player dan memory card.

3.   Nokia 6600.
Handphone dengan bentuknya yang unik dan berbasis Symbian ini banyak sekali diminati dari berbagai kalangan. Pertama keluar, harga handphone ini dapat mencapai jutaan rupiah. Aplikasi yang dimiliki oleh handphone ini lebih canggih dari handphone-handphone sejenisnya pada saat itu.

4.   Nokia 5110.
Handphone yang dijuluki handphone pisang karena bentuknya yang seperti pisang merupakan handphone yang memiliki antena pertama yang dikeluarkan oleh Nokia. Handphone tersebut hanya dapat digunakan untuk telepon dan SMS.

5.   Motorolla RAZR V3.
Handphone keluaran Motorolla ini sempat meledak di pasaran. Bentuknya yang tipis dan modelnya yang flip membuat handphone ini terlihat sangat keren dan banyak diminati.

6.   Sony Ericsson P800.
Sony Ericsson memang dikenal sebagai perusahaan handphone yang memiliki terobosan dan berteknologi canggih pada handphone nya. Sony Ericsson P800 saat itu banyak digunakan oleh kalangan pengusaha. Handphone jenis ini menyerupai PDA phone dan harganya sangat mahal pada saat itu. kemudian, handphone tersebut juga memiliki kapasitas yang besar.

7.   Motorolla Star Tac.
Handphone yang rilis pada tahun 1997 ini sempat fenomenal dijamannya. Pasalnya, handphone ini memiliki bentuk yang keren, yaitu dapat dilipat. Namun, ponsel tersebut hanya dapat digunakan untuk telepon dan SMS saja.

8.   Nokia 7610.
Handphone dengan tampilan yang stylish ini banyak diminati dari berbagai kalangan. Pasalnya, handphone tersebut tampil elegan dengan sistem operasi Symbian. Bagian belakang handphone terdapat kamera dan terdapat kaca berukuran kecil untuk berfoto selfie.

9.   Sony Ericsson K750.
Handphone keluaran tahun 2005 ini, merupakan ponsel fenomenal di jamannya. Terdapat dua tipe Sony Ericsson K750, yaitu walkman dan Cybershoot. Kamera pada handphone tersebut cukup tinggi resolusinya, yaitu 2 MP dengan autofokus dan LED flash.

10. Siemens M65.
Siemens M65 sempat fenomenal pada tahun 2004. Bentuknya yang keren dengan lampu keyboard berwarna oranye membuat handphone tersebut banyak diminati.

11. Nokia 5730.
Nokia 5730 merupakan handphone Nokia express music saingan Sony Ericsson seri walkman. Handphone dengan keyboard qwerty dan slide ini banyak diminati kalangan remaja. kamera pada handphone ini beresolusi 3,2 MP dan aplikasinya juga cukup lengkap. Selain itu, terpasang juga konektivitas internet, sehingga dapat mengakses aplikasi di internet.

12. Ericsson R310s.
Handphone keluaran tahun 2000 ini memiliki bentuk unik, yaitu memiliki bagian yang mirip sirip ikan hiu. Handphone tersebut sangat fenomenal dijamannya. Ericsson R310s dahulu belum bergabung dengan Sony. Kelebihan handphone ini adalah tahan air dan goncangan, dimana banyak digunakan oleh para pecinta alam maupun para pendaki.

Ponsel Fenomenal Di Jamannya

Demikian beberapa ponsel fenomenal dijamannya. Beberapa handphone diatas masih banyak digunakan karena beberapa alasan, salah satunya adalah tahan banting. Seperti handphone tipe lama yang minim aplikasi, sehingga handphone tersebut lebih awet digunakan.

Di jamannya, handphone-handphone tersebut termasuk dalam golongan handphone "elit" karena harganya yang cukup mahal hingga ada yang mencapai harga 4 juta rupiah per unitnya dan mencapai angka penjualan hingga 2 juta unit handphone. Sungguh harga yang sangat fantastis. Untuk jaman sekarang, dengan harga tersebut sudah bisa membawa pulang handphone jenis Android, Blackberry, bahkan ipad pun bisa diperoleh, tentu dengan beragam fitur yang melimpah.

Namun kini, harga handphone-handphone tersebut sangat jatuh harganya dipasaran dan beberapa ponsel sudah tidak di produksi lagi. Selain tidak diproduksi lagi, sparepartnya pun sudah jarang ditemukan karena kini orang-orang telah beralih ke handphone canggih sekelas smartphone, seperti Blackberry, Android dan Apple.

Meski begitu, beberapa handphone jadul seperti Ericsson R310s masih banyak "diburu " dan harga jualnya pun tergolong masih cukup tinggi untuk ukuran handphone jadul, karena ketangguhannya sudah tidak perlu diragukan lagi. 
Mungkin anda memiliki cerita lain mengenai ponsel fenomenal menurut pengalaman anda? Silahkan berbagi melalui kolom komentar. Semoga bermanfaat.



2 Responses to "Beberapa Ponsel Fenomenal Di Jamannya"

  1. Nostalgia banget dengan handphone2 ini. Dulu saya sempat pake W800 dari sony. Terbaik di masanya. Namun perkembangan teknologi saat ini sangat cepat. Smartphone jadi primadona. Trims telah berbagi & membangkitkan memory nostalgianya ya mas ^^ sukses terus.

    ReplyDelete
    Replies
    1. SE seri W memang mantap dijamannya. suara yang dihasilkan saat memutar Mp3 paling baik saat itu. hasil jepretan kameranya pun termasuk unggul di kelasnya.
      thanks sudah berkunjung. sukses selalu sist :)

      Delete

Silakan tinggalkan komentar anda.