Cara membersihkan Pin RAM dengan penghapus

RAM atau memory computer, merupakan salah satu komponen computer yang cukup penting. Karena tanpa ini computer tidak dapat dihidupkan. Apa saja tanda-tanda RAM mengalami gangguan?? Salah duanya adalah; tampilan bluescreen pada monitor, atau bunyi beep satu kali yang panjang saat computer dinyalakan.

Kenapa hal tersebut bisa terjadi? Ada beberapa faktor yang menjadi penyebabnya, biasanya karena pin kuningan pada RAM kotor karena debu, atau RAM memang sudah lemah dan minta diganti.

Bagaimana cara mengatasi hal tersebut? Berikut Ini adalah tips pertolongan pertama untuk memory atau RAM PC yang mengalami gangguan dan tidak dapat bekerja optimal. Sebelumnya perlu diketahui terlebih dahulu kenapa pin RAM bisa kotor. Pin RAM yang kotor bisa karena banyak hal, misalnya karena debu yang menyelinap masuk kedalam casing CPU dan menempel disela-sela slot memory, atau bisa juga karena pengaruh kelembaban suhu udara sehingga membuat pin RAM menjadi kotor dan sedikit berkarat.

Pin RAM adalah kuningan yang berjejer rapih dibagian RAM yang berfungsi sebagai konektor RAM dengan Mainboard PC melalui Slot yang sudah tersedia, bergantung type dan jenis RAM tersebut. Jika pin konektor ini kotor maka akan mengganggu kinerja RAM dan kinerja computer secara keseluruhan.

membersihkan Pin RAM dengan penghapus

Untuk mengatasi hal tersebut, anda cukup menyediakan sebuah penghapus untuk membersihkan pin RAM yang kotor tersebut. Gosok pin RAM menggunakan penghapus secara perlahan hingga kotoran terangkat dan pin kuningan pada RAM tampak mengkilat. Usahakan menggunakan penghapus yang berwarna putih yang bias digunaka pada ujian nasional karena teksturnya yang lembek sehingga tidak merusak atau meninggalkan bekas goresan pada pin RAM.

Untuk hasil maksimal bersihkan juga slot memory pada mainboard dengan menggunakan kuas atau vacuum cleaner kecil khusus computer agar debu pada slot memory dapat terangkat.

Jika semua sudah bersih silahkan pasang kembali RAM pada slotnya dan nyalakan computer anda. Pastikan RAM terpasang dengan sempurna, tidak miring ataupun terbalik, meskipun kemungkinan terbalik sangat kecil. Jadi pastikan memory terpasang dan terkunci dengan baik dan benar.

Sebenarnya cara ini termasuk cara primitive dalam mengatasi masalah pada RAM, namun cara ini masih benar-benar efektif untuk mengembalikan kinerja RAM agar dapat berfungsi normal. Jika ternyata cara tersebut tidak berhasil, mungkin anda perlu mempertimbangkan untuk membeli memory penggantinya. Tapi pastikan terlebih dahulu apakah memory tersebut benar-benar sudah tidak bisa dipakai dengan mencobanya di computer lain.

Komputer yang merupakan salah satu barang berteknologi canggih, namun dalam proses perawatan dan perbaikannya tetap hanya memerlukan benda sederhana yang ada disekitar kita. Bahkan mungkin benda tersebut sudah tidak tersedia dirumah kita. #penghapus.

Demikianlah cara mudah membersihkan Pin RAM dengan penghapus. Semoga bermanfaat.


0 Response to "Cara membersihkan Pin RAM dengan penghapus"

Post a Comment

Silakan tinggalkan komentar anda.