Cara memotong video menggunakan Proshow Producer

Men-dokumentasikan suatu kegiatan atau acara, tentu akan menghasilkan beberapa potongan-potongan klip yang lumayan banyak. Dari mulai klip yang berkaitan dengan suatu acara hingga klip yang menggambarkan suasana diluar konteks acara inti.  

Dari sekian banyak klip tersebut, tentu ada beberapa klip yang layak disimpan dan dibuang. Klip yang akan tersimpan pun tentu lumayan banyak, bisa saja hingga puluhan bahkan ratusan file. Jika sudah begitu mungkin perlu untuk menkompile nya menjadi satu.

  Cara memotong video menggunakan proshow produser

Karena jika terdiri dari beberapa file didalam satu folder tentu kurang nyaman, selain membuat hardisk tampak sesak, dengan file hasil rekaman yang terpisah-pisah berpeluang terhapus. jadi kenapa tidak dijadikan satu klip saja sehingga lebih ringkas. Misalnya beberapa file video hasil dokumentasi acara 17-an tahun kemarin dijadikan satu film. Atau anda ingin membuat versi DVD dari hasil rekaman anda.

Pada saat proses editing video terkadang ada bagian bagian dari hasil rekaman yang tidak ingin diikutkan dalam video klip.
Karena tidak semua bagian dari hasil rekaman kita butuhkan untuk dimasukan kedalam video klip yang ingin kita buat.

Untuk itu kita memerlukan software editor video semacam windows movie maker atau proshow producer. Selain dua software tersebut sebenarnya masih banyak software editor video yang dapat digunakan. Namun kali ini akan dicontohkan cara memotong video menggunakan proshow producer. Anda juga dapat Menghilangkan suara video menggunakan software ini. Oke untuk lebih jelasnya mari kita simak uraian berikut.

Buka proshow producer. Dan masukan file video yang ingin anda potong. Kemudian klik dua kali pada layer yang ingin anda potong.

 Cara memotong video menggunakan proshow produser

Kemudian pada layer setting, pilih layer, dan pilih trim.

 Cara memotong video menggunakan proshow produser

Tentukan start frame dan end frame dari video yang anda butuhkan, sebagai contoh saya hanya ingin mengambil video dari detik ke 6 sampai detik ke 40 dari video berdurasi 47 detik. Jadi isikan angka "6" pada kolom start frame dan angka "40" pada kolom end frame.

Cara memotong video menggunakan proshow produser

Sekedar catatan isian frame disini menggunakan satuan detik. Jadi jika anda ingin memasukan menit kesatu misalnya, anda harus memasukan angka 60. Yang berarti 60 detik atau sama dengan satu menit. Jika sudah klik oke maka video pun terpotong sesuai keinginan.

Sangat mudah kaan, selanjutnya anda bisa menambahkan potongan klip berikutnya sehingga menjadi sebuah video klip sesuai keinginan anda.

Demikianlah cara memotong video menggunakan proshow producer. Semoga bermanfaat.



1 Response to "Cara memotong video menggunakan Proshow Producer"

Silakan tinggalkan komentar anda.