Cara memperbaiki tombol keyboard yang macet

Keyboard. Merupakan komponen komputer yang jarang rusak atau bisa dibilang merupakan salah satu komponen komputer berumur panjang.

Namun seiring dengan berjalannya waktu dan jam terbang keyboard yang cukup tinggi maka keybord pun mulai mengalami berbagai macam gangguan.

Salah satunya adalah tombol keyboard yang sudah sering macet (ketika ditekan tidak mampu kembali ke posisi semula).

Ada beberapa hal yang menyebabkan tombol keyboard macet atau nyantol. Salah duanya ialah karena tombol keyboard sudah sangat kotor atau karet penyangga keyboard sudah aus atau lemah.

Jadi bagaimana cara memperbaiki keyboard yang tombolnya sering macet. Sebenarnya, untuk mengganti keyboard PC desktop tidaklah sesulit mengganti keyboard laptop. Tapi untuk menghemat budget, merawat keyboard yang masih layak pakai mungkin bisa jadi alternatif.

Cara mengatasi tombol keyboard yang macet

Untuk mengatasi karet keyboard yang sudah lemah atau lembek dapat diatasi dengan merotasi karet yang lembek tersebut dengan karet milik tombol yang lain. Jadi bukan hanya pegawai kantoran saja yang perlu di rotasi, tombol keyboard pun perlu di rotasi.

Ada beberapa tombol keyboard yang paling sering di tekan atau digunakan sehingga membuat tombol tertentu pada keyboard akan cepat rusak, seperti; tombol huruf “A”, tombol spasi, tombol enter, tombol shift, dll, tergantung penggunaan.

Hal ini dapat diatasi dengan mengganti karet dari tombol tersebut dengan karet milik tombol lain yang jarang digunakan. Misalnya karet milik tombol F1-F12 atau tombol lain yang sekiranya jarang anda gunakan.

Cara memperbaiki tombol keyboard yang macet

Mungkin pemilihan tombol yang dirotasi tersebut tidak akan sama bagi setiap pengguna komputer. Bagi pengguna komputer yang lebih sering menggunakan komputernya untuk mengetik mungkin akan jarang menggunakan tombol F1-F12, tapi bagi pengguna komputer yang menggunakan komputernya untuk keperluan desain menggunakan corel misalnya,  mungkin "kelompok" tombol ini termasuk tombol yang penting. Jadi  sesuaikan tombol yang akan anda rotasi dengan kebutuhan sehari-hari anda saat beraktifitas dengan komputer.

Setelah anda memetakan tombol mana saja yang akan anda rotasikan, selanjutnya mulailah membongkar keyboard komputer anda. Pastikan kabel USB keyboard telah terlepas dari komputer. Perlu kehati-hatian dalam membuka casing keyboard, jangan sampai karet yang ada dalam keyboard berhamburan,karena jika sampai hilang maka misi anda untuk merotasi karet keyboard akan berantakan.

Setelah terbuka, bersihkan tombol-tombol keyboard dari segala debu dan kerak yang menempel agar hasil maksimal. Jika kotoran membandel anda dapat mencucinya terlebih dahulu agar kotoran pada tombol keyboard terangkat. Setelah bersih, keringkan dengan lap atau anda dapat menjemurnya terlebih dahulu.

Cara memperbaiki tombol keyboard yang macet

Setelah siap, pasang kembali karet keyboard satu-persatu sesuai tempat yang anda petakan sebelumnya.

Anda pun dapat meneteskan minyak pada sela-sela tombol keyboard. Pakailah minyak yang biasa digunakan untuk melumasi bagian-bagian mesin jahit agar tombol keyboard dapat bergerak mulus pada tempatnya.

Sehingga meringankan tugas karet keyboard saat mendorong tombol keyboard keposisi semula. Namun cara ini cukup beresiko, jadi optional saja. tidak harus anda lakukan.

Cara memperbaiki tombol keyboard yang macet

Meskipun harga keyboard berfariasi mulai termurah hingga termahal, tapi disaat-saat tertentu ketika anda perlu melakukan sedikit penghematan, maka pilihan mengganti keyboard bisa di pending terlebih dahulu untuk keperluan lain yang lebih penting.

Tapi jika setelah merotasi karet keyboard ternyata tidak memberikan hasil memuaskan, mungkin memang perlu untuk mempertimbangkan kembali membeli keyboard baru.

Demikian sedikit tips cara mengatasi dan memperbaiki tombol keyboard yang macet. Semoga bermanfaat. 

Nb: Please do it with your own risk. Ini hanya referensi mengatasi atau memperbaiki tombol keyboard yang macet. Jadi tidak ada jaminan keyboard anda akan kembali normal setelah mengikuti cara diatas. Terima kasih.



0 Response to "Cara memperbaiki tombol keyboard yang macet"

Post a Comment

Silakan tinggalkan komentar anda.