Cara mengembalikan file yang terhapus

Menghapus beberapa file yang tidak diperlukan pada komputer memang sangat bermanfaat untuk me-lega-kan ruang penyimpanan di hardisk. Tapi bagaimana jika file tersebut terhapus tanpa sengaja dan file yang terhapus tersebut merupakan file yang cukup penting. Entah karena perilaku virus atau karena hal lain yang diluar dugaan. Apakah ada cara untuk mengembalikan file yang terhapus tersebut?

Atau pernahkah anda kehilangan data pada kartu memory ponsel anda. Bagi kebanyakan pengguna ponsel, mungkin pernah mengalami kehilangan data-data pada kartu memory karena karena memory corupt.

Hal ini tentu cukup mengesalkan apalagi jika file yang terhapus tersebut termasuk file yang cukup penting atau mengandung nilai history tinggi dalam kehidupan anda. Misalkan foto foto saat momen spesial atau foto kenangan bersama orang-orang terdekat anda. Atau malah data-data dokumen skripsi atau desertasi anda yang terhapus. Sangat menyesakkan bukan. Bagaimana menyelamatkan data yang terhapus tersebut.?

Ada beberapa software yang dapat digunakan untuk mengembalikan atau merecovery file atau data yang terhapus tanpa sengaja tersebut. Berikut beberapa software yang memiliki kemampuan untuk menyelamatkan file yang terhapus dan dapat anda gunakan untuk mengembalikan file anda yang terhapus.

7-Data Recovery 
File instaler 7-Data Recovery cukup kecil hanya sekitar 2,5MB dan setelah diinstal ternyata software ini memiliki tampilan yang cukup sederhana, tapi dibalik kesederhanaanya itu 7 Data Recovery memiliki kemampuan yang tidek bisa dianggap remeh, seperti;:
* Mengembalikan data yang terhapus di local drives maupun memory card ponsel.
* Dapat merecover berbagai jenis file documents, email, foto, video, audio dan lain lain

Cara mengembalikan file yang terhapus

Untuk versi gratisnya, 7-Data Recovery hanya mampu me-recover file/mengembalikan data sebesar 1GB saja setelah kuota 1GB anda telah habis maka anda tidak dapat menggunakan 7-Data Recovery versi gratis dan harus membelinya, tapi sepertinya itu sudah cukup lumayan untuk dapat “mengangkat” data-data yang hilang dari memory ponsel.

Jadi jika anda membutuhkan software recovery file untuk menyelamatkan data dalam hardisk mungkin anda perlu mempertimbangkan untuk membeli 7-Data Recovery seharga $39.

Filenya cukup besar jika dibanding dengan 7-Data recovery yaitu sebesar 32mb, namun cukup ringan saat di operasikan.

Cara mengembalikan file yang terhapus

Software ini mampu me-Recover data dari hard drive, camera card, USB, Zip, floppy disk, iPod, Andriod Phone, dan media lainnya dan beberapa fitur lainnya seperti;
*  Dapat mengembalikan data akibat format, bahkan setelah instal ulang windows.
* Dapat merecovery data akibat kerusakan hardisk, misalnya akibat hardisk crash, hang, atau saat mempartisi ulang hardisk dan ternyata eror dan ada data-data yang hilang dalam proses tersebut, maka Recover My Files dapat mengembalikan data-data yang hilang tersebut

Beberapa type data yang dapat diselamatkan oleh software ini adalah documents, photos, video, music and email, dll.

Software Recover My Files secara resmi dibanderol dengan harga $69. Harga yang cukup lumayan, tapi jika dibanding dengan data-data penting anda yang hilang sepertinya harga segitu cukup layak untuk sebuah software penyelamat data yang hilang.

Naah.. dengan adanya beberapa software yang dapat mengembalikan file yang terhapus maka kita bisa sedikit tenang, kalau-kalau suatu saat terjadi insiden file terhapus atau kartu memory ponsel korup dan semua data didalamnya hilang terhapus. Kita tidak perlu panik karena ternyata ada beberapa software yang mampu mengembalikan file yang terhapus tersebut.

Namun tetap ada baiknya jika kita mencegah hal tersebut terjadi dengan membackup data-data penting secara berkala. meskipun beberapa software mengklaim mampu mengembalikan berbagai macam file data yang terhapus tapi tidak ada jaminan file yang "diangkat", akan kembali dalam keadaan "utuh", atau kembali seperti sedia kala sebelum saat file tersebut terhapus. 

Jadi bagaimana dengan anda? apakah anda memiliki pengalaman dengan file yang terhapus. Silahkan berbagi melalui kolom komentar. Semoga bermanfaat.



0 Response to "Cara mengembalikan file yang terhapus"

Post a Comment

Silakan tinggalkan komentar anda.