5 Cara Menjaga Baterai Smartphone Tetap Awet

Baterai dalam Smartphone adalah hal yang paling penting ketika anda melakukan berbagai kegiatan yang menggunakan handphone tersebut. Baik Smartphone yang memiliki sistem operasi iOS atau pun android sering mengalami masalah yang sama, yaitu baterai handphone yang cepat habis.

Baterai yang telah drop tidak akan mampu lagi mempertahankan performa Smartphone anda dalam waktu yang maksimal. Anda harus direpotkan dengan handphone yang dalam waktu singkat dapat kehabisan daya hingga mati total. 

Sering kejadian seperti ini mengakibatkan Smartphone menjadi sulit untuk dicharge kembali. Padahal, anda bisa saja merawat handphone anda, baik yang menggunakan perangkat iOS maupun android. Dengan perawatan yang tepat, baterai handphone anda akan bisa menjadi awet. Penasaran perawatan seperti apa yang perlu dilakukan agar baterai handphone anda awet? Berikut ini ulasannya.

1. Monitor temperatur baterai
Baterai yang sering mengalami keadaan dalam temperatur yang panas akan dapat mengakibatkan baterai menjadi menggelembung dan juga tidak akan mampu menyimpan cadangan energi listrik dalam jumlah yang optimal atau sering juga disebut dengan ngedrop. Apabila handphone anda mulai terasa panas, maka sebaiknya anda menghentikan pemakaian Smartphone tersebut sampai keadaannya menjadi dingin.

5 Cara Menjaga Baterai Smartphone Tetap Awet

2. Mengatur tingkat pencahayaan layar smartphone
Tingkat pencahayaan dari Smartphone juga mempengaruhi lama ketahanan baterai. Biasanya, setting awal dari tingkat anda untuk menjaga mata anda tetap sehat selain tentunya dapat menghemat energi listrik di dalam baterai Smartphone anda.

Aplikasi penghemat baterai atau battery saver membantu mencegah pencahayaan handphone berada pada level pencahayaan yang tinggi yang dapat berpotensi mengakibatkan baterai menjadi cepat habis masanya. Agar dapat menghemat energi dalam baterai anda, bisa dengan menyetel level tingkat kecerahan dari cahaya latar hingga mencapai titik paling rendah. Tingkat pencahayaan yang rendah akan membantu menghemat baterai smartphone anda.

Anda dapat mendownload aplikasi baik untuk iOS maupun untuk android, anda bisa mencari aplikasi untuk menghemat baterai atau yang juga disebut sebagai battery saver atau semacamnya. Aplikasi semacam ini akan sangat berguna dalam membantu anda menutup berbagai aplikasi yang tidak terlalu berguna atau tidak sedang anda gunakan dan dapat menyerap energi dari baterai handphone anda dalam jumlah besar.

Aplikasi penghemat baterai ini juga dapat membantu anda untuk mengontrol penggunaan baterai seperti memberikan peringatan jika baterai telah dalam kondisi penuh, dapat menolak charge apabila kondisi baterai masih panas dan dapat mengoptimalkan kerja dari Smartphone tersebut.

3. Tidak mencharge baterai ketika dalam keadaan panas
Satu hal yang perlu diperhatikan adalah untuk tidak mencharge handphone anda ketika handphone tersebut masih dalam keadaan panas. Hindari juga untuk mengisi baterai sambil digunakan untuk menjalankan aplikasi lain seperti aplikasi game karena dapat berpotensi membuat ponsel menjadi panas. Jangan lupa juga untuk mencabut charger jika handphone telah terisi penuh.

4. Jangan sampai low batt
Jika anda sering membiarkan handphone anda tetap dipakai walaupun telah mencapai kondisi low battery, maka akan meningkatkan potensi kerusakan pada baterai anda. Apabila pemberitahuan baterai telah mengindikasikan energi yang kurang dari 20% maka sebaiknya segera anda charge.

Untuk anda yang suka dengan perjalanan jauh, power bank akan menjadi teman yang setia pelengkap perjalanan untuk menjaga Smartphone anda tetap berada pada keadaan energi yang cukup.

5. Menutup aplikasi tidak terpakai
Ketika anda menggunakan handphone, pasti sering tidak sadar anda telah membuka banyak aplikasi. Karena saking asyiknya bermain dengan handphone tersebut, anda jadi lupa untuk menutup berbagai aplikasi yang anda gunakan.

Demikianlah 5 cara menjaga baterai smartphone tetap awet. Cari tau juga informasi tentang Aplikasi Android yang banyak digunakan. semoga bermanfaat.



0 Response to "5 Cara Menjaga Baterai Smartphone Tetap Awet"

Post a Comment

Silakan tinggalkan komentar anda.