Cara merubah CD/DVD menjadi format image

Bagaimana cara merubah CD/DVD menjadi image tentu sangat mudah. Saya yakin semua orang bisa melakukannya tanpa harus mengerti cara mengoperasikan komputer, dan hal ini seharusnya tidak perlu buku panduan maupun tutorial.

Jadi Langsung saja, Begini caranya, anda hanya perlu sebuah handphone berkamera untuk melakukan hal ini.

Mula-mula ambil handphone dan buka kamera. Anda bisa menggunakan aplikasi 360 jika anda mau, untuk hasil maksimal. Lalu jepret DVD anda dari angel yang anda sukai menggunakan kamera handphone tersebut.

Than the job is done, mision accomplished. DVD to Image.

Cara merubah CD/DVD menjadi format image

"Maaf maaf, tapi bukan itu maksud saya." Maksudnya merubah CD/DVD menjadi format ISO / Image agar dapat disimpan dalam hardisk komputer dengan aman. Untuk merubah CD/DVD menjadi ISO / image anda perlu software bernama Imgburn atau software sejenis. Sebagai contoh kita gunakan Imgburn saja karena hanya ini yang saya punya.

Oke langsung saja, saya yakin anda tidak suka hal yang bertele tele. Silahkan buka Imgburn terus pilih create image file from disc kemudian pilih resource dan pilih destination folder lalu klik Read . Selesai..
Anda belum punya softwarenya? Silahkan download DISINI

Anda dapat membuka image tersebut menggunakan software virtual cd atau daemon ataupun software lainnya yang sejenis yang memiliki kemampuan membaca file berextensi *ISO..

-------^----^-------

Saya tidak tahu menurut anda. Tapi saya rasa penjelasan diatas masih membingungkan. Bagaimana kalau kita terjemahkan cara diatas kedalam bentuk gambar agar lebih jelas. Oke langsung saja kita mulai merubah DVD menjadi ISO / image.
Dengan menggunakan Imgburn klik pada pilihan create image file from disc.

Cara merubah CD/DVD menjadi format image

Kemudian, perhatikan pada kolom source. Sebenarnya secara otomatis Imgburn akan mendeteksi DVD pada dvd room anda, namun jika di komputer terinstal lebih dari satu DVDroom maka anda perlu menyesuaikan source sesuai letak DVD yang ingin anda rubah menjadi image. Anda juga perlu menyeting Destination folder sesuai keinginan.  Selanjutnya klik read.

Cara merubah CD/DVD menjadi format image

Selanjutnya anda hanya perlu menunggu seluruh proses selesai. Disini anda dapat menentukan apa yang harus dilakukan setelah Imgburn selesai melakukan tugasnya. Apakah eject tray, close program, atau shutdown computer dengan mencentang pada pilihan yang tersedia.
  
Cara merubah CD/DVD menjadi format image

Dan hasilnya akan tampak seperti ini di folder komputer anda.

Cara merubah CD/DVD menjadi format image

Bagaimana? Mudah bukaan.. semoga setelah petunjuk cara merubah dvd menjadi image diterjemahkan kedalam gambar anda dapat dengan mudah mengaplikasikan nya. Demikianlah cara merubah CD/DVD kedalam bentuk ISO/image.

Setelah mengetahui cara mengkonversi DVD menjadi Image (ISO) anda tidak perlu khawatir video momen bahagia saat pernikahan, atau video momen spesial tahun baru yang telah tersimpan dalam DVD akan hilang akibat kepingan DVD rusak. Sayangkan kalo video momen spesial yang sudah tersimpan di dalam keping DVD akhirnya tidak bisa di tonton karena keping DVD-nya rusak atau beret.

Bagi penikmat game yang masih mewajibkan memasukan CD atau DVD kedalam DVD Room untuk dapat memainkan game kesayangan.

Dengan mengkonversi DVD game kedalam bentuk ISO / image tentu akan dapat menghemat Optik DVD Drive anda dan memudahkan saat akan berganti dari game satu ke game lainnya tanpa harus buka tutup DVD Drive yang dapat memperpendek umur DVD Room anda karena terlalu sering di buka tutup.

Dan game anda tentu akan berjalan lebih mulus karena pembacaan game dilakukan pada hardisk, bukan dari DVD Room yang seperti kita ketahui memiliki keterbatasan speed baca dan tulis. Ditambah lagi jika optik DVD drive sudah melemah, dijamin kemampuannya membaca CD/DVD akan berkurang.

Bagi kolektor berbagai macam Operating System seperti linux, hal ini tentu akan memudahkan menyimpan berbagai macam versi linux dari berbagai Distro. Karena menyimpannya dalam bentuk CD/DVD tentu rawan beret atau rusak. Disamping itu CD/DVD yang berisi instalasi OS linux untuk komputer tidak dapat di copy paste seenaknya karena CD/DVD Sistem Operasi mengandung file Bootable. 

Tahukah anda bahwa file yang terdapat didalam DVD ataupun CD ternyata dapat dihapus? Tapi ini hanya dapat dilakukan pada CD atau DVD yang berstatus RW (read-write), kalau yang RT atau Lurah sepertinya tidak bisa. jika anda ingin tahu lebih jelasnya silahkan simak cara menghapus DVD-RW.

Demikianlah cara merubah DVD menjadi ISO/Image. semoga bermanfaat.



0 Response to "Cara merubah CD/DVD menjadi format image"

Post a Comment

Silakan tinggalkan komentar anda.