Cara mudah mengetahui artikel telah terindex atau belum

Membuat artikel merupakan hal yang wajib dilakukan bagi seorang blogger. Karena salah satu tujuan dari membuat blog adalah untuk berbagi pengalaman, pengetahuan ataupun hanya sekedar berbagi cerita kehidupan sang empunya blog. Meskipun memang ada beberapa blog yang diciptakan dengan tujuan untuk bisnis online.

Bagi blogger yang mengisi blognya dengan artikel, ataupun berjualan online. Tentu perlu diketahui apakah artikel yang baru saja dipublish telah terindex dengan baik oleh mesin pencari seperti google atau belum.

Agar berpeluang ditemukan oleh pengguna internet diseluruh dunia yang mungkin memerlukan informasi terkait artikel yang baru saja anda publishkan tersebut.

Untuk mengetahui apakah artikel kita telah terindex dengan baik di mesin pencari. Ada beberapa cara mudah untuk mengetahui artikel telah terindex atau belum yang bisa anda tempuh.

1. Anda dapat mengetahui apakah artikel anda telah terindex, dengan mengcopy penggalan artikel yang anda punya ke kotak telusur mesin pencari dan menambahkan tanda petik di depan dan belakang penggalan kalimat tersebut. Contohnya saya akan cari
“Cara mudah mengetahui artikel telah terindex atau belum”

Cara mudah mengetahui artikel telah terindex atau belum

2. Anda dapat mengetahui apakah artikel anda telah terindex, dengan mencari judul atau kata kunci artikel anda di mesin pencari. Setelah hasil pencarian ditampilkan rubah setelan pencarian pada alat penelusuran tab sembarang waktu rubah menjadi 24 jam terakhir. Namun cara ini akan kurang efektif jika kata kunci yang anda target termasuk yang sedang ramai dibicarakan orang.

Cara mudah mengetahui artikel telah terindex atau belum

3. Satu cara lagi yang bisa ditempuh adalah; anda dapat mengetahui apakah artikel anda telah terindex di mesin pencari dengan mengcopy Url artikel anda tersebut di kotak telusur pada mesin pencari semisal google.

Cara ini merupakan salah satu cara yang efektif untuk mengetahui status artikel baru apakah sudah terindeks atau belum.

Cara mudah mengetahui artikel telah terindex atau belum

Bagaimana mudah kan.
Jika di Indonesia ada BPS (Badan Pusat Statistik) yang memiliki petugas sensus untuk mendata penduduknya, maka google pun memiliki petugas sensus untuk mendata atau merayapi setiap blog yang ada diseluruh dunia.

Jadi jika setelah menggunakan metode diatas, tapi anda belum juga menemukan artikel yang anda publish. Mungkin anda perlu melaporkannya (mensubmit) Url anda ke google webmasters tool, agar google mengirimkan petugas sensusnya yang biasa dipanggil googlebot untuk mendatangi blog anda dan melakukan "pendataan"..

Demikianlah beberapa cara mengetahui artikel telah terindex atau belum pada mesin pencari. Semoga bermanfaat.



2 Responses to "Cara mudah mengetahui artikel telah terindex atau belum"

Silakan tinggalkan komentar anda.