Metamorfosis Handphone Dari Waktu ke Waktu

Handphone menjadi salah satu barang elektronik yang paling penting dari dulu hingga sekarang. Handphone digunakan untuk berkomunikasi, mendekatkan yang jauh.

Sebelum adanya handphone, zaman dahulu orang banyak yang menggunakan pager untuk berkomunikasi. Namun, pager hanya dapat menerima pesan saja dan tidak dapat mengirim pesan. Kemudian sejak saat itu, berkembanglah handphone.

Seiring perkembangan teknologi, handphone pun semakin canggih dengan aplikasi internet dan sistem operasi yang begitu canggih. Perkembangan handphone mulai dari jenis handphone monophonic hingga android yang kian canggih aplikasinya. Metamorfosis Handphone terjadi sangat cepat dari tahun ke tahun.

Handphone Monophonic
Ponsel pertama yang berkembang diseluruh negara adalah handphone monophonic. Handphone monophonic adalah ponsel pertama yang hanya menampilkan nada dasar pada frekuensi yang berbeda. Monophonic memiliki satu instrumen yang dapat memainkan nada satu ketukan. Ponsel ini telah dilengkapi beberapa nada monophonic, oleh karena itu pengguna tidak perlu mendownload ringtone.

Metamorfosis Handphone Dari Waktu ke Waktu
Mungkin anda masih ingat cara membuat ringtone di handphone monophonic dengan mengkombinasikan angka dan huruf. Atau anda pernah membeli ringtone untuk handphone monophonic anda. Dulu pun ada tabloid ponsel yang menyediakan beberapa “kode” ringtone untuk para pembaca setianya. Sungguh merupakan masa-masa yang indah.

Kemudian, handphone monophonic hanya dapat digunakan untuk melakukan panggilan dan pesan singkat atau SMS. Ponsel pertama monophonic adalah yang terdapat antena pada ponselnya. Kemudian setelah itu berkembang menjadi ponsel layar kuning dan biru yang telah dilengkapi game dan memori.

Handphone Polyphonic
Setelah handphone monophonic, ada handphone polyphonic yang sedikit lebih canggih dari monophonic. Ponsel polyphonic merupakan ponsel yang mampu memainkan nada hingga 40 not. Suara instrumen pada ponsel polyphonic seperti musik digital orchestra. Namun, lama nada ringtone nya tidak mencapai 1 menit. Layar ponsel polyphonic pun ada yang berwarna dan telah dilengkapi lebih dari satu game serta memori. Bahkan, ada pula yang telah dilengkapi kamera yang masih memiliki pixel rendah.

Metamorfosis Handphone selanjutnya handphone dengan sistem operasi java yang banyak diterapkan pada handphone polyphonic. Namun pada ponsel-ponsel monophonic tertentu ada yang telah memiliki aplikasi java. Handphone dengan sistem operasi java banyak dimiliki oleh Nokia. OS Java merupakan middleware yang telah lama dikenalkan pada ponsel. OS Java menawarkan pengguna untuk dapat mengakses aplikasi dengan modal komputer dan notepad. Namun, OS Java memiliki kekurangan yaitu feature hardware yang dapat diakses sangat terbatas oleh aplikasi yang berbasis OS Java tersebut.

Symbian
Setingkat lebih canggih dari ponsel java, Handphone symbian memiliki teknologi yang lebih canggih. Sistem operasi symbian adalah sistem yang telah dikembangkan oleh Symbian Ltd. khusus dirancang untuk mobile. Symbian telah lama didirikan yaitu pada tahun 1998 yang banyak digunakan oleh Nokia. Bahkan saat ini, OS Symbian telah banyak digunakan oleh smartphone. Beberapa keuntungan dari handphone OS Symbian adalah :
1. OS Symbian memang dirancang untuk handphone.
2. OS Symbian dapat dikembangkan dengan adanya fitur-fitur seperti Java, personal java, CC+ dan WAP.
3. OS Symbian memiliki user interface framework yang begitu fleksibel, sehingga dapat divariasikan oleh vendor.

Dibalik kelebihannya, OS Symbian memiliki kekurangan yaitu sangat rentan sekali terkena virus. OS Symbian terdapat pada tipe Nokia seperti 6600, 3660 dan tipe lain diatasnya.

Windows Mobile
Windows Mobile merupakan Operating System yang diperkenalkan oleh microsoft. Windows mobile pada umumnya banyak digunakan oleh jenis ponsel PDA yang harganya lumayan mahal. Handphone dengan OS windows Mobile pada umumnya digunakan di kalangan pengusaha. OS windows mobile memiliki beberapa kelebihan, yaitu :
1. Teknologi yang digunakan oleh windows mobile berbasis windows. Microsoft dianggap lebih canggih dan ideal dibanding Linux dan Symbian.
2. OS windows mobile memiliki fitur-fitur menarik, seperti GPS, Mobile Blog, siaran Televisi dan Database.

Namun, terdapat kelemahan pada OS Windows Mobile, yaitu tidak dapat divariasikan atau tidak dapat menciptakan aplikasi-aplikasi baru.

Blackberry
Handphone yang sangat populer di zamannya dengan aplikasi BBMnya, yaitu Blackberry. Ponsel yang satu ini merupakan ponsel pertama yang menerapkan aplikasi BBM. Ponsel asal Canada tersebut memproduksi Blackberry yang banyak diminati. Pada awalnya, perusahaan tersebut membuat teknologi jaringan dua arah, namun setelah itu menciptakan terobosan baru dengan menciptakan layanan push-email.

Kini, blackberry yang merupakan handphone smartphone telah memiliki berbagai aplikasi, seperti GPS, internet dan Wi-Fi. Selain itu, Blackberry juga menyediakan aplikasi office, seperti Microsoft word, power point dan Excel. Terdapat keunggulan pada handphone Blackberry, yaitu RIM atau Research In Motion yang memiliki fitur push email yang dapat memperkecil ukuran attachment pada email.

Handphone Android
Handphone Android merupakan ponsel terpopuler saat ini yang banyak dimiliki berbagai kalangan. Android merupakan besutan dari perusahaan terbesar, yaitu Google. OS Android telah digunakan oleh PDA phone layar sentuh ternama, HTC. Android memiliki teknologi yang canggih yang dapat mengalahkan Microsoft. Dengan aplikasi seperti Maps hingga Browsernya yang lebih cepat dan mudah, membuat ponsel Andoid banyak diminati.

Apple (iOS) 
Metamorfosis handphone yang terakhir adalah ponsel termahal yaitu Apple (iOS). Apple iOS diciptakan oleh perusahaan sendiri. Awalnya, handphone tersebut dirilis pada Apple iPhone dan iPod Touch tahun 2007. Kemudian namanya diubah menjadi iOS. Mengapa Apple iOS merupakan ponsel yang paling mahal? Karena lisensinya tidak untuk diperjual belikan kepada produsen ponsel lainnya.

Aplikasi yang ditawarkan pun tentu lebih banyak dan lebih canggih serta fitur-fitur yang menarik, seperti push email, google maps, geotagging pada kamera, text system-wide cut dan lain-lain. beberapa aplikasi menarik seperti ramalan cuaca, saham, youtube, homescreen, Appstore, Wi-Fi, Apple MobileMe, App Foto dan lain-lain. namun, semakin banyak aplikasi pada handphone maka semakin rentan pula terkena virus. 

Handphone tipe lama hingga saat ini masih banyak digunakan karena lebih awet dan lebih tahan banting. Meskipun minim fitur, seperti beberapa handphone yang sempat sangat fenomenal dijamannya.

Demikian sedikit kisah tentang Metamorfosis Handphone Dari Waktu ke Waktu. semoga bermanfaat.



0 Response to "Metamorfosis Handphone Dari Waktu ke Waktu"

Post a Comment

Silakan tinggalkan komentar anda.