Rahasia memasang watermark di video

Watermark biasa dimanfaatkan sang creator untuk menandai sebuah kepemilikan atas suatu karya, baik itu sebuah karya yang berupa gambar ataupun video. 

Untuk membuat watermark pada sebuah gambar mungkin tidak terlalu sulit, tapi bagaimana cara memasang watermark atau logo pada sebuah video?? Mari kita ungkap bersama sebuah rahasia memasang watermark atau logo di video yang telah lama terpendam.

Bagi anda yang sudah tahu’ tentu ini bukan rahasia lagi. Tapi bagi anda yang belum tahu, tentu ini menjadi sebuah rahasia yang harus terungkap.

Tapi tenang nanti akan diungkap sebuah rahasia memasang watermark atau logo di video sehingga rahasia ini bukan lagi menjadi sebuah rahasia bagi anda yang belum mengetahuinya.

Dengan menambahkan watermark atau logo pada video anda maka dapat menghasilkan video yang lebih terlihat professional. Dan dengan adanya watermark atau logo yang tersemat pada sebuah video akan lebih menambah nilaci eksklusifitas sebuah video.

Pertama yang harus disiapkan adalah, secangkir kopi hangat sedikit cemilan dan beberapa batang rokok, tapi bagi anda yang tidak merokok bisa diganti dengan sebatang dupa. (ini hanya “tool” pendukung, jadi optional saja).

Prosesi pemasangan watermark atau logo ini menggunakan bantuan software Proshow Producer. Silahkan download dan install softwarenya terlebih dahulu jika belum punya sambil nyruput kopi yang tadi sudah disiapkan. Anda dapat menemukan Proshow Producer di web resminya atau di tempat lain.
 
Siapkan juga gambar yang ingin dijadikan watermark atau logo di video anda. Bisa gambar apa saja’ bebas, bisa cari di google atau buat logo sendiri dengan menggunakan bantuan corel atau photoshop. Usahakan tidak menggunakan gambar yang beresolusi terlalu besar untuk dijadikan watermark atau logo nantinya. Langsung saja kita simak penuturan berikut ini:

Buka Proshow Producer. Dan inputkan video yang mau dipasangi watermark. Dan setelah terloading sempurna.
Klik pada menu show dan pilih watermark Atau tekan Ctrl+Shift+Alt+W di keyboard.

 cara memasang watermark di video

Klik browse dan cari lokasi gambar yang ingin anda jadikan watermark atau logo di komputer anda.

 cara memasang watermark di video

Kemudian anda bisa mengatur posisi dan ukuran logo atau watermark yang ingin ditampilkan. Anda dapat menggeser logo sesuai kehendak anda. Apakah ingin meletakannya dipojok kanan atas, kiri, atau bahkan tengah. Atur juga nilai opacity untuk pengaturan logo atau watermark, apakah ingin ditampilkan secara jelas atau samar-samar (transparent). Dan pengaturan lainnya seperti sharpen, brightness, contrast, dll.

 cara memasang watermark di video

Setelah sudah klik oke. Maka logo akan tampil seperti tampak pada gambar dibawah. Bagaimana cuantik bukann. Jika sekiranya penempatan logo atau watermark masih kurang sesuai dengan keinginan, anda dapat menggesernya melalui menu Show>watermark seperti diawal tadi.

 cara memasang watermark di video

Jika semua sudah selesai silahkan publish hasil karya anda. Dengan mengeklik Publish dan pilih video for web, devices, and computer kemudian klik create, jika anda ingin menyimpannya di komputer. Kemudian pilih type video output-an yang ingin dihasilkan.

 cara memasang watermark di video

Selesai.. bagaimana’ mudah bukaan . silahkan berkreasi dengan video-video hasil rekaman anda. Anda dapat nyruput kopi sambil ngemil dengan tenang sekarang. Semoga bermanfaat.

Anda pun dapat memotong video atau menghilangkan suara video dengan menggunakan Proshow Producer.


5 Responses to "Rahasia memasang watermark di video"

Silakan tinggalkan komentar anda.