Antisipasi blog di hapus oleh blogger.com

Mendapati blog yang terhapus memang berjuta rasanya. Rasa sedih, kecewa, gundah, gulana, marah, lapar, mual, mulas, kepala berkunang-kunang, mata pening, bercampur menjadi satu.

Jika blog anda terhapus oleh google, anda bisa naik banding. Karena google memang menyediakan kesempatan itu. Tapi kalau sudah naik banding tidak berhasil, naik haji pun belum memungkinkan, naik pitam juga tidak ada gunanya. Mungkin memang sudah saatnya anda memiliki blog baru yang lebih fresh.

Blog dihapus sepihak oleh Blogger,Antisipasi blog di hapus oleh blogger.com

Sebelum blog mengalami musibah seperti terhapus secara sepihak oleh google, ada baiknya kita melakukan beberapa antisipasi agar keterberlangsungan blog yang kita bangun dapat tetap terjaga. Hal pertama yang perlu dilakukan tentu selalu berupaya untuk tidak melanggar TOS yang ditentukan oleh google.
Hal selanjutnya yang dapat dilakukan adalah dengan membackup secara berkala blog blogspot yang kita miliki. Tapi sebelumnya kita perlu menyewa domain TLD untuk blog kesayangan tersebut. Selain dapat membantu menyelamatkan blog yang terhapus, Juga dengan menggunakan domain TLD (Top Level Domain) setidaknya lebih terlihat praktis dalam penyebutan alamat blog karena bisa langsung namablog.com tanpa harus namablog.blogspot.com.

Antisipasi blog di hapus oleh blogger.com

Bagaimana bisa dengan domain TLD dapat menyelamatkan blog yang terhapus? Sebenarnya, pada dasarnya bukan menyelamatkan blog yang terhapus tapi lebih kepada menyelamatkan isi ataupun konten dari blog yang terhapus tersebut. Contoh kasus, blog namablog.blogspot.comyang sudah berdomain namablog.compada masa yang tidak terduga ternyata blog namablog.blogspot.com dihapus sepihak oleh google karena berbagai alasan. Maka otomatis namablog.com tidak dapat diakses karena isi konten domain tersebut telah terhapus.

Jadi karena kita sudah membackup semua konten dari namablog.blogspot.com maka kita tidak akan kehilangan semua konten yang telah kita buat selama ini. Kita tinggal membuat blog baru di blogspot dengan nama baru, misalnya namablogbaru.blogspot.comdan mengimport file xml backup-an dari blog yang terhapus tadi ke blog baru yang kemudian di pasangkan dengan domain TLD namablog.com. Jadi kita tidak harus memulai membangun blog dari awal lagi dan kehilangan semua postingan artikel yang sudah kita buat dengan susah payah selama ini.

Selain cara diatas, untuk mengantisipasi blog dihapus oleh goolge adalah dengan menggunakan worpress self-host. Tapi bagi blogger pemula seperti saya, menggunakan self-host masih menjadi sebuah misteri. Jadi salah satu pilihan yang paling mungkin dilakukan adalah dengan membackup secara berkala blog blogspot yang dimiliki. Minimal seminggu sekali atau setidaknya setiap posting artikel terbaru, sempatkanlah untuk membackup blog agar jika sewaktu-waktu terjadi hal yang tidak diinginkan terhadap blog kita, maka kita dengan mudah membuatkan blog baru di blogspot dan menghubungkannya dengan domain yang kita miliki. Tanpa harus membangun blog dari awal lagi.

Jadi, untuk mengantisipasi blog agar tidak dihapus oleh google adalah dengan mengikuti sepenuhnya peraturan yang ditentukan oleh blogspot. Anda perlu menghindari beberapa hal yang dilarang saat menggunakan blogger.com. Seperti yang sudah dijelaskan dalam Kebijakan Konten Blogger yang isinya antara lain:
Konten Dewasa: Kami tidak memperbolehkan konten dewasa di Blogger. Keselamatan anak: Kami memiliki kebijakan nol toleransi terhadap konten yang mengeksploitasi anak. Malware dan virus: Jangan buat blog yang menularkan virus, membuat pop-up, berusaha untuk menginstal peranti lunak tanpa izin pembaca, atau memengaruhi pembaca dengan kode berbahaya. Ini sangat dilarang di Blogger.
Dan masih banyak lagi Kebijakan Konten Blogger yang perlu menjadi perhatian saat menggunakan blogger.com. Anda dapat menemukan informasi lengkapnya di https://www.blogger.com/content.g?hl=id

Tapi meskipun begitu, terkadang blog kita yang tidak ngapa-ngapain tetap juga berpotensi terhapus karena deteksi blog yang melanggar dilakukan oleh robot google yang bisa saja salah dalam menilai suatu blog. Walaupun kejadiannya sangat jarang. Yang sering terjadi adalah karena tidak sengaja melakukan perubahan terhadap blog yang ternyata melanggar TOS, atau optimasi yang berlebihan sehingga menggugah robot google untuk “bergerak”. Anda bisa membaca cerita tentang Blog dihapus sepihak oleh Google.

Jika anda benar-benar serius dalam membangun sebuah blog yang profesional untuk berbagai keperluan. Mungkin sudah saatnya anda mulai melirik menggunakan worpress self-host, meskipun kebebasan dalam memperlakukannya harus dibayar dengan biaya yang lumayan. Tapi jika anda tetap ingin menggunakan blogspot karena kemudahan dan kegratisannya juga tak mengapa. Selama anda memperlakukan blog blogspot sesuai pedoman mutu yang ditentukan oleh google, rasanya blog anda akan dijamin aman dan akan berumur panjang tanpa halangan.

Jika anda ingin mendapatkan keterangan lebih jelas tentang cara membackup ataupun melakukan migrasi blog dari blogspot ke worpress self-host, anda dapat mengunjungi blog para master blogger seperti milik mbak Indri di JuraganCipir, dan tentunya masih banyak sumber referensi lainnya yang bisa anda temukan di mesin pencari seperti google.

Demikianlah sedikit cerita tentang cara mengantisipasi blog yang dihapus sepihak oleh google. Lebih dan kurangnya mohon dimaafkan. Semoga bermanfaat.



6 Responses to "Antisipasi blog di hapus oleh blogger.com"

  1. Intinya sih jangan sampai ngelanggar TOS dan share yang bermanfaat & original saja..
    Btw, baru nemu nih blog yang isinya tentang "hapus" semua heheh

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mas. ngikutin TOS dan posting yg bermanfaat & original yg paling penting
      thanks sudah menambahkan :)

      Delete
  2. mas saya punya blog yang dihapus oleh google dan akun blogger saya dibanned oleh blogger. diblog tersebut saya menggunakan domain TLD, dan saya ingin menguunakan Domain TLD tersebut, tapi tidak bisa.. mohon solusinya mas...

    ReplyDelete
    Replies
    1. buatkan blog baru saja lagi mas, pakai akun baru, nanti di custom domain menggunakan TLD yang mas punya :)

      Delete
  3. mas kalau export blogger ke wordpress self hosting apakah otomatis tampilan ( template) di wordpress nya sama kaya di bloggernya? makasih mas

    ReplyDelete
    Replies
    1. tampilannya mengikuti template yang dipakai di wordpress mas

      Delete

Silakan tinggalkan komentar anda.