Bagaimana mengatasi Unmatched ad request

Unmatched ad request menarik perhatian saya karena angkanya cukup besar, melebihi yang lainnya. Sebenarnya apakah Unmatched ad request dan bagaimana mengatasi Unmatched ad request ini? Begini penjelasan google mengenai hal ini.

An ad request is counted each time your site requests an ad to be served, even if no ad is returned. Unless your coverage is 100%, you will have more ad requests than matched requests (ads that are returned and displayed on your site), resulting in some unmatched requests.

Menurut hasil analisa berdasarkan informasi dari pusat bantuan adsense dan beberapa blog master, kemungkinan nilai unmatched ad request ini menjadi sangat tinggi setelah memasang links ads unit pada blog. Dan yang membuat saya semakin yakin dengan analisa tersebut, adalah setelah menyimak penjelasan google yang menyatakan sebagai berikut:

If you're using link units on your site, unmatched ad requests might be higher than expected. This is due to the way we count a matched ad request for link units. A matched ad request for a link unit is only counted if the user clicks on a term in the link unit. If the user doesn't click, the ad request is considered unmatched. As a result, coverage is lower for link units than other ad units. “

Bagaimana mengatasi Unmatched ad request

Jadi solusinya adalah melepas links ads unit dan melihatnya beberapa waktu kedepan, apakah akan ada perubahan dengan jumlah Unmatched ad request. Sebenarnya dengan melepas iklan ini bukanlah solusi yang baik, karena secara tidak langsung akan menutup peluang untuk mendapatkan penghasilan dari unit iklan links tersebut.

Bagaimana mengatasi Unmatched ad request
Namun hal ini perlu dijadikan pertimbangan karena beberapa blogger yang menjadi publisher adsense mengatakan Unmatched ad request akan berdampak buruk pada penghasilan secara keseluruhan. Meskipun tak sedikit juga yang mengatakan bahwa unmatched ad request itu wajar saja jika memang sumbernya dari type links ads unit yang kita pasang. Karena google sendiri telah mengakuinya bahwa pemasangan unit iklan berupa links ads unit akan memperbesar angka unmatched ad request. Karena iklan yang berupa text link akan terhitung matched ad request hanya jika iklan tersebut di klik oleh pengunjung.

Karena seperti kita ketahui bersama, kecenderungan sebagian besar orang lebih tertarik dengan iklan bergambar dibandingkan iklan dalam bentuk text.
Jadi perlu dilakukan pemeriksaan apakah Unmatched ad request tersebut memang berasal dari unit iklan text atau karena hal lain, misalnya karena beberapa hal yang mungkin saja berpengaruh signifikan terhadap jumlah unmatched ad request. Beberapa blogger master senior telah menjelaskan beberapa hal yang dapat menjadi penyebab tingginya angka Unmatched ad request, seperti :

1. Mem-blocked kategori iklan tertentu melalui setting 'Allow & block ads'. Karena hal ini tentu mengurangi jumlah iklan yang dapat ditampilkan. Tapi karena saya tidak pernah menseting 'Allow & block ads', jadi bisa saya pastikan penyebab unmatched ad request di laporan kinerja yang saya alami bukan karena hal ini.

2. Terlalu banyak memasang unit iklan di blog. Mungkin juga ini menjadi sebab Unmatched request di akun saya. Karena terlalu banyak memasang banner iklan membuat komposisi supply and demand tidak berimbang. Misalnya dengan memasang 3 banner, 3 links ads unit, dan 2 kotak telusur sesuai batasan pemasangan iklan maksimum. Maka, jika ketersediaan iklan yang relevan hanya 3 buah maka sisanya tentu akan diisi dengan iklan lain yang tidak relevan. Cukup masuk akal bukan.

3. Atau mungkin pengaruh pemasangan ukuran iklan yang jarang dipakai para pengiklan dalam mempromosikan produknya seperti unit iklan 468x15. Unit iklan ini belum pernah saya gunakan jadi tidak termasuk kedalam salah satu kemungkinan penyebab unmatched ad request yang saya alami.

4. Karena isi konten atau artikel yang tidak relevan dengan jenis iklan dari pengiklan.  Kalau mengenai hal ini mungkin saja terjadi pada blog saya, karena blog saya ini berisi artikel dengan berbagai macam topik, atau dalam istilah ilmiahnya disebut dengan blog gado-gado.

Misalnya, salah satu artikel di blog ini pernah membahas tentang Kecebong. Kira-kira iklan seperti apa yang relevan dengan kecebong?! Mungkin skenarionya seperti ini; Ketika halaman tentang kecebong ini muncul, maka otomatis script iklan yang terpasang akan mengajukan request iklan ke database google, dan kemudian google akan mencarikan iklan yang sesuai dengan artikel tersebut.
Namun setelah dicari ternyata tidak ada iklan yang relevan dengan artikel tersebut, maka google memutuskan untuk menampilkan iklan berdasarkan minat pengunjung dengan memanfaatkan kuki pada browser pengunjung tersebut.
Tapi jika pun ternyata kuki browser pengunjung tersebut hanya berisi pencarian tentang kecebong, maka dengan sangat terpaksa google akan menampilkan iklan sekenanya, seperti iklan handphone atau iklan laptop, komputer atau lainnya yang jelas tidak relevan dengan artikel yang ditampilkan.

Hal tersebut sangat mungkin terjadi Karena google sudah menyatakan dengan jelas bahwa:

Google tidak menjamin bahwa kami akan selalu memiliki iklan relevan untuk ditampilkan, karena penayangan iklan bergantung pada beberapa faktor, termasuk kemampuan kami merayap situs, konten laman web, dan ketersediaan iklan Google yang relevan”. 

5. Dan satu hal lagi yang mungkin berkontribusi menambah angka unmatched ad request tersebut, yaitu pengaturan backup ads saat membuat unit iklan. Karena pengaturan backup ads secara default akan terseting “show blank space” yang mungkin akan berpengaruh terhadap meningkatnya jumlah unmatched ad request. Beberapa blogger senior manganjurkan untuk menggunakan pilihan Show ads from another URL atau Fill space with a solid colour. Untuk menghindari melonjaknya angka unmatched ad request.

Jadi kemungkinan penyebab unmatched ad request pada Performance Reports adalah karena pemasangan unit iklan text. Setelah melepas Links unit tersebut ternyata mengurangi angka unmatched ad request secara drastis, jika anda mengalami hal serupa dengan yang saya alami mungkin anda dapat mencoba melepas sementara Links ads unit dan lihat perubahannya. Jika tidak ada perubahan jumlah unmatched ad request, mungkin anda perlu mempertimbangkan beberapa faktor lain yang sudah diuraikan diatas.

Jika memang iklan links unit yang menjadi penyebab meningkatnya unmatched ad request, maka anda tidak perlu khawatir untuk memasang kembali links ads unit tersebut, karena memang sudah begitu adanya dan google sudah mengkonfirmasi-nya melalui pusat bantuan adsense. Lagipula google telah menganjurkan kepada mitra publishernya untuk tidak terlalu pusing soal iklan.

Bagaimana mengatasi Unmatched ad request

Semoga tulisan ini dapat menjadi referensi bagi anda yang menghadapi hal yang sama mengenai unmatched ad request. Karena tulisan ini hanya bersifat share dan bukan panduan apalagi tutorial, jadi sangat Mungkin ada pernyataan diatas yang ternyata tidak sesuai atau terdapat kesalahan dalam menterjemahkannya. Maka dari itu, jika anda memiliki pendapat lain, silahkan berbagi melalui kolom komentar. Terima kasih.

Sekian, lebih dan kurangnya saya mohon maaf. Semoga bermanfaat. 


0 Response to "Bagaimana mengatasi Unmatched ad request "

Post a Comment

Silakan tinggalkan komentar anda.