Blog dihapus sepihak oleh Blogger

Blogger.com merupakan layanan blog (web-log) gratis yang menyediakan fasilitas kepada para blogger untuk memiliki website dengan subdomain blogspot secara gratis. Telah banyak para webmaster yang berangkat dari blogspot dalam membangun websitenya. Kemudahan dalam penggunaannya dan dukungan penuh dari google, membuat blogspot banyak diminati para blogger.

Meskipun gratis, blogspot tidak bisa dianggap remeh dalam bersaing merebut halaman pageone di search engine khususnya google. Karena kita ketahui bersama bahwa blogspot merupakan produk google yang tentu saja mendapat perhatian khusus dari google. Walaupun begitu, pengguna blogspot  tetap wajib mematuhi standar mutu yang telah ditentukan oleh google agar tetap awet dan dapat masuk ke deretan atas dalam search engine google.

Blog dihapus sepihak oleh Blogger
Karena sifatnya yang gratis dan kemudahannya dalam membangun sebuah blog, maka banyak blogger pemula maupun advance yang memanfaatkan Blogger.com untuk membangun blog sesuai niche, ataupun Blog pribadi tanpa arah seperti hapusen.com atau blog untuk berbagai keperluan lainnya. Tak jarang pula para blogger (sebutan untuk pemilik blog) memiliki lebih dari satu blog karena berbagai alasan.

Setidaknya itulah yang saya alami dalam proses belajar ngeblog hingga saat ini. Sebagai blogger pemula, telah banyak blog yang saya buat,  hingga ada beberapa blog dihapus oleh blogger.com karena dianggap melanggar ketentuan.

Bagaimana tidak, hanya dengan bermodal komputer yang terkoneksi internet dan hanya dengan satu alamat email saja kita dapat membuat puluhan blog tanpa syarat macam-macam. Cukup mengisikan tittle blog, alamat blog yang diinginkan dan pilih template maka dalam sekejap blog sudah jadi dan siap diumumkan ke publik. Masalah dapat bersaing atau tidak di search engine, itu urusan nanti.

Blog dihapus sepihak oleh Blogger

Setelah blog selesai dibangun. Misi selanjutnya mengisi blog dengan artikel. Untuk urusan ini saya tidak terlalu pusing membuat artikel karena sudah memiliki stok artikel PLR (Private Label Rights) ribuan. Jadi tak heran kalau blog yang saya buat, akhirnya banyak dihapus oleh blogger karena isu duplikat konten, ataupun SPAM detected karena terlalu banyak posting dalam sehari. Meskipun masih ada beberapa blog yang tetap bertahan karena pada saat pembuatannya tidak terlalu agresif dalam “mengolahnya”.

Namun perlu diketahui tindakan penghapusan pertama kali, dilakukan oleh sistem otomatis blogger. Jadi, jika blog anda dihapus tapi anda tidak merasa melakukan pelanggaran, anda dapat mengajukan banding untuk peninjauan kembali terhadap blog yang terhapus tersebut. Mungkin saja robot google telah salah dalam menilai blog anda. Hal ini mungkin saja terjadi akibat update yang dilakukan google terhadap alogaritma mesin perayapnya, yang biasa dikenal dengan google panda, pinguin, humingbird dan lain-lain.

Blog dihapus sepihak oleh Blogger

Sebelum blog benar-benar dihapus karena melanggar ketentuan, anda akan mendapat pemberitahuan dari blogger untuk memberikan kesempatan bagi pemilik blog memperbaiki kesalahan yang mungkin telah dilakukan. Anda dapat menggunakan fitur “pulihkan” pada dashbord blogger untuk meminta peninjauan kembali.

Setelah permintaan peninjauan kembali dikirimkan, google akan mereview kembali blog anda secara manual. Jika setelah di review kembali dan ternyata tetap dianggap melanggar maka bersiap “say goodby” dengan blog anda tersebut karena jikapun anda kemudian mengajukan peninjauan kembali untuk yang kedua atau ketiga kalinya maka akan sangat sulit untuk mendapatkan blog anda kembali.

Blog dihapus sepihak oleh Blogger

Tak jarang pula google menghapus beberapa blog dalam satu akun sekaligus jika memang semua blog tersebut dianggap melanggar peraturan yang ditentukan oleh google. Bahkan akan berpengaruh terhadap akun google yang digunakan untuk membuat blog tersebut. Hingga kemudian tidak diizinkan lagi untuk membuat blog di blogspot dalam jangka waktu tertentu.

Hal ini pernah saya alami ketika memasang terlalu banyak banner dari program PTC (Pay To Click) di salah satu blog blogspot yang saya bangun. Hal tersebut diperparah dengan terlalu seringnya akun gmail yang saya pakai membuat blog tersebut, melanggar aturan. Imbasnya, semua blog di akun tersebut dihapus dan akun gmail-nya disuspend selama beberapa bulan.

Apapun pilihan anda dalam membangun sebuah blog melalui layanan blog gratis seperti Wordpress, Tumblr, Webly, Blogger, Blogdetik dan lainnya. Pastikan anda mematuhi segala peraturan yang ditetapkan oleh penyedia layanan blog gratis tersebut, agar blog anda aman dari banned, suspend ataupun deleted. Karena kita sebagai pengguna hanya “numpang”, jadi sudah selayaknya mematuhi peraturan pemilik “rumah”. Ada baiknya melakukan antisipasi sebelum blog dihapus oleh google.

Demikian sedikit cerita tentang blog yang di hapus sepihak oleh Blogger.com. Cerita ini hanya berdasarkan pengalaman saya saja sebagai pemula dalam berinteraksi dengan Blogger.com, jadi pastilah masih banyak kekurangan karena keterbatasan pengetahuan dan masih kurangnya pengalaman dalam bidang perblogeran. Jika anda memiliki pendapat atau ingin menambahkan dan berbagi pengalaman, jangan sungkan berkomentar melalui kolom komentar. Terima kasih, semoga bermanfaat.



0 Response to "Blog dihapus sepihak oleh Blogger"

Post a Comment

Silakan tinggalkan komentar anda.