Cara membuat video dari kumpulan gambar atau foto

Punya koleksi foto hasil hunting saat liburan, atau koleksi foto jadul bersama rekan senasib seperjuangan yang tersimpan di folder komputer atau laptop. Dari pada terpendam menjamur di dalam folder komputer, kenapa tidak dirubah saja kumpulan foto tersebut kedalam versi video atau kedalam bentuk VCD agar dapat dinikmati bersama saat reuni atau acara kumpul-kumpul bareng. Pasti seru, nonton koleksi foto yang telah dirubah kedalam versi video rame-rame.

Karena video pada dasarnya adalah kumpulan gambar diam yang ditampilkan secara berurutan dalam satu waktu dengan kecepatan tertentu. Semakin tinggi frame per second maka semakin halus pergerakan gambar yang dihasilkan. Jika anda pernah menyaksikan film shaun the sheep, mungkin anda tidak menyadari bahwa video tersebut tercipta dari beberapa kumpulan foto yang di kumpulkan menjadi satu sehingga tercipta kesan seakan-akan mereka benar-benar bergerak. Sepertinya sudah mulai ngelantur kemana-mana sebaiknya kita sudahi saja tulisan ini.

Mari kita cari tahu cara membuat video dari kumpulan gambar atau foto agar terasa lebih hidup. Salah satu software yang dapat digunakan adalah yang bernama Proshow Produser karena memiliki fitur yang lumayan lengkap.

Langsung saja buka software Proshow Producer, masukkan gambar yang ingin di jadikan slideshow dari folder komputer ke ruang kerja proshow producer dengan teknik yang sangat langka yaitu Drag and Drop. Perhatikan gambar dibawah ini jika anda sudah lupa tekniknya.

Cara membuat video dari kumpulan gambar atau foto,proshow producer,

Selanjutnya kita hanya perlu melakukan beberapa pengaturan agar hasilnya nanti bagus dan maksimal. Seperti mengatur transisi setiap pergantian gambar atau foto.
Untuk mengatur model transisi anda dapat melakukan klik pada kotak kecil antara setiap slide dan pilih transisi yang ingin digunakan. Proshow Producer menyediakan banyak pilihan transisi antar slide yang dapat anda pilih sesuai selera.

Cara membuat video dari kumpulan gambar atau foto,proshow producer,

Jika anda memiliki banyak foto yang akan dijadikan video, mungkin akan kerepotan jika harus mengatur satu persatu model transisi untuk setiap slide. Jadi untuk memudahkan dan menpercepat proses anda dapat memlilih semua slide dengan menekan Ctrl+A di keyboard untuk mengeblok semua slide dan klik pada kotak transisi dan pilih transisi yang anda inginkan jika anda ingin model transisi yang berbeda untuk setiap slide anda dapat melakukan klik kanan pada pada kotak kecil untuk transisi tersebut kemudian pilih Randomize > randomized Transitions.anda dapat melakukan hal yang sama untuk meperlakukan setiap slide yang ditampilkan.

Cara membuat video dari kumpulan gambar atau foto,proshow producer,

Atur lama waktu tayang atau durasi setiap foto agar tidak terlalu cepat atau terlalu lama. Atur juga durasi setiap transisi sesuai keinginan agar tampilan video nantinya lebih nyaman di tonton.

Cara membuat video dari kumpulan gambar atau foto,proshow producer,

Kemudian untuk menambahkan musik backsound atau soundtrack kedalam video anda. Cukup drag and drop file mp3 dari folder komputer ke bawah slide yang bertuliskan Soundtrack.

Cara membuat video dari kumpulan gambar atau foto,proshow producer,

Atur durasi backsound agar sesuai dengan tampilan video, jangan kepanjangan ataupun kependekan. Jika durasi lagu kurang dari durasi video maka anda dapat menduplikat lagu tersebut atau menambahkan lagu baru kedalam soundtrack. Jika soundtrack melebihi durasi video maka anda dapat mengatur akhir dari lagu tepat pada akhir video. Perlu diketahui, Proshow Producer juga dapat digunakan untuk menghilangkan suara backsound asli video.

Cara membuat video dari kumpulan gambar atau foto,proshow producer,

Setelah semua seting selesai dilakukan dan tampilan video kumpulan foto telah tersusun sesuai keinginan, saatnya untuk menyimpan hasil karya anda kedalam bentuk file. Klik Publish pada toolbar kanan atas software proshow producer, kemudian jatuhkan pilihan Publishing Formats pada Video for web, Devices and Computer. Atau anda dapat menyimpannya langsung kedalam format DVD, VCD atau lainnya dalam pilihan yang sudah disediakan. Selanjutnya menunggu proses render hingga selesai. Lamanya tergantung durasi video yang anda ciptakan.

Cara membuat video dari kumpulan gambar atau foto,proshow producer,

Selesai.. Video anda dari kumpulan foto atau gambar pun telah berhasil dibuat. Anda dapat juga menambahkan watermark pada video dengan menggunakan Proshow produser.

Demikianlah cara merubah foto menjadi video. Jika anda ingin memotong video Proshow Producer juga dapat digunakan untuk memotong video, lihat cara memotong video menggunakan proshow producer. Dengan menggabungkan beberapa foto menjadi satu maka kita akan dengan mudah menontonnya saat sedang berkumpul bersama rekan-rekan atau dapat juga di upload ke youtube. Semoga bermanfaat. Baca juga cara 


0 Response to "Cara membuat video dari kumpulan gambar atau foto"

Post a Comment

Silakan tinggalkan komentar anda.