Cara mengecek kesehatan blog

Pengecekan terhadap blog perlu dilakukan untuk mengetahui kondisi kesehatan blog. Salah satu point pemeriksaan yang diperlukan adalah mengecek kesehatan blog apakah terjangkit virus atau malware yang dapat membahayakan kelangsungan blog  kedepannya.

Ternyata blog juga sama seperti komputer, dapat berpeluang terinfeksi virus ataupun malware. Dari mana kira-kira datangnya malware tersebut? Entahlah.. yang saya tahu, berdasarkan analisa sesaat yang pernah dilakukan tanpa berdasarkan kaedah yang baku adalah mungkin berasal dari script yang terpasang pada blog. Misalnya widget-widget yang kita tambahkan kehalaman blog untuk keperluan mempermanis tampilan blog ataupun mempermudah navigasi blog demi kenyaman pengunjung blog yang kita miliki.

Untuk memeriksa apakah blog yang kita miliki dalam kondisi aman terkendali sehat walafiat, anda dapat mencoba beberapa cara berikut ini.

1. Dengan memanfaatkan bantuan website checker seperti http://sitecheck.sucuri.net
Website ini dapat membantu mengecek blog anda dengan gratis. Namun website ini juga memberikan layanan premium yang dapat ditebus dengan budget $99.99/tahun dengan fasilitas.
* Malware Cleanup (No page limit)
* Website Integrity Monitoring
* Email & Twitter Alerting
* Manual Website Scanning
* Blacklist Removal

Contoh hasil pengecekan blog yang sehat dan yang kurang sehat dengan bantuan sitecheck. 
Cara mengecek kesehatan blog

2. Selanjutnya sama juga seperti cara diatas dengan menggunakan bantuan web pengecek blog atau website. Anda dapat mengunjungi http://www.urlvoid.com
Anda juga dapat menemukan beberapa tool dalam website ini yang dapat dimanfaatkan untuk mengecek website atau blog, sebut saja seperti,
* TorGuard VPN Service
* IP Address Blacklist Check
* Anti-Executable Software
* Fast Folder Eraser Pro
* Open Multiple URLs at Once
* Calculate Website Worth
* Online Network Tools

Contoh hasil pengecekan blog yang sehat dan yang kurang sehat dengan bantuan urlvoid.
 Cara mengecek kesehatan blog

3. Kemudian salah satu cara yang tak kalah penting meskipun diletakan pada urutan terakhir adalah dengan mengecek menggunakan fasilitas yang telah diberikan oleh Google. Anda dapat mengetikan Url dibawah ini pada browser anda.

http://www.google.com/safebrowsing/diagnostic?site=http://capuraca.blogspot.com

ganti teks yang berwarna merah dengan alamat blog atau web yang ingin anda periksa.

Contoh hasil pengecekan blog yang sehat dan yang kurang sehat dengan menggunakan google safebrowsing diagnostic.
 Cara mengecek kesehatan blog

Begitulah kira-kira beberapa cara yang dapat ditempuh untuk memeriksa kondisi web atau blog. Apakah dalam keadaan sehat sentosa atau ada hal lain yang perlu menjadi perhatian.

Kiranya sekian saja informasi ini saya sampaikan, semoga dapat bermanfaat untuk memonitor kesehatan web atau blog anda.