Cara menyambung plastik yang baik dan belum tentu benar

Judul yang aneh, mungkin anda sempat berpikir demikian saat melihat judul tulisan ini. Yaa.. karena yang baik dan benar itu relatif tergantung dari sisi mana kita memandangnya. Jadi inilah cara mengelem atau menyambung plastik yang baik dan belum tentu benar.

Pernahkah anda menemukan benda plastik disekitar anda yang patah atau putus akibat terjatuh atau hal lainnya.

Semisal saja casing remote TV, gayung di kamar mandi, casing handphone  atau apa saja yang berbahan plastik. Mungkin anda sempat kebingungan bagaimana cara menyambung benda-benda berbahan plastik tersebut yang  sudah putus atau pecah.

Memang, jika ada budget lebih, sebaiknya diganti saja. Seperti remote TV, rasanya tidak akan sulit mencari penggantinya karena telah banyak dijual dipasaran berbagai macam remote yang dapat ditemukan dengan mudah.

Tapi jika budget minim dan kerusakannya masih tergolong kecil sehingga masih memungkinkan untuk diperbaiki. Mungkin opsi menyambung atau mengelemnya dapat menjadi pilihan. Apalagi jika hanya casing remote yang pecah atau putus, rasanya belum perlu mengganti remote.

Kali ini saya akan mencoba memberi contoh cara menyambung atau mengelem bahan plastik pada rangka bodi mobil mainan yang sudah rusak atau putus. Konsep-nya sebenarnya sama untuk di aplikasikan ke benda plastik lainnya.

Langsung saja kita simak proses penyambungan atau pengelemannya. Berikut kondisi mobil yang akan kita perbaiki atau lem. butuh perbaikan setelah berlaga di seri terakhir pada ajang tour de' table.

Cara menyambung plastik yang baik dan belum tentu benar

Siapkan bahan-bahan yang diperlukan seperti lem besi merk apa saja (sebagai contoh digunakan lem alteko), mika bekas kartu SIM handphone, dan peralatan pendukung lainnya seperti gunting dll.

Cara menyambung plastik yang baik dan belum tentu benar

Gunting mika SIM Card sesuai ukuran area pengeleman, mika ini berfungsi sebagai pendukung sambungan agar lem dapat melekat kuat dan rangka bodi mobil dapat tersambung dengan sempurna. Jika dalam proses panyambungan besi dengan sistem las maka diperlukan bahan isian agar penyambungan besi dapat tersambung sempurna. Jadi fungsi mika dalam proses menyambung rangka bodi kali ini sama dengan bahan isian pada proses las.

Cara menyambung plastik yang baik dan belum tentu benar

Setelah proses lem mengelem selesai dilakukan, diamkan dahulu beberapa menit agar lem kering dan melekat sempurna.

Cara menyambung plastik yang baik dan belum tentu benar

Setelah kering rakit kembali semua bagian mobil, dan mobil pun kembali siap beraksi di sirkuit Drag race, rally, ataupun Fun race.?

Cara menyambung plastik yang baik dan belum tentu benar

Sekian sedikit ulasan tentang cara menyambung plastik yang baik dan belum tentu benar. Semoga dapat menjadi referensi bagi anda yang menghadapi masalah mengelem untuk menyambung benda plastik yang ada disekitar anda. Lihat juga DIY Hotwheel Ramp dengan bahan seadanya.  Semoga bermanfaat.



0 Response to "Cara menyambung plastik yang baik dan belum tentu benar"

Post a Comment

Silakan tinggalkan komentar anda.