Tips menghemat bahan bakar kendaraan bermotor

Dijaman serba sulit seperti sekarang ini, dimana harga BBM (Bahan Bakar Minyak) hampir sama seperti harga cabe yang fluktuatif. Kemarin naik-sekarang turun entah besok, lusa atau nanti.

Oleh sebab itu, kita sebagai pemilik kendaraan bermotor perlu mengetahui tips menghemat bahan bakar dan harus pintar pintar mengatur konsumsi bahan bakar agar tidak merusak kantong ataupun dompet. Yang jika di bahasakan dalam istilah keren-nya ialah wajib berupaya menghemat bahan bakar, demi masa depan yang lebih cerah.

Terkait efek domino dari penggunaan BBM terhadap umur pakai dompet adalah; upaya menghemat BBM sangat di perlukan agar dompet tidak lekas robek karena sering di buka tutup, karena terlalu sering belanja produk pertamina versi premium atau versi diatasnya. Jadi kaitannya adalah semakin irit penggunaan bahan bakar maka dompet pun awet dan tidak lekas rusak. Dan anggaran belanja untuk keperluan membeli dompet dapat dialihkan untuk keperluan lain. "Semakin tidak berhubungan kan?."

Oleh karena itu diperlukan tips dan trik agar kendaraan yang kita gunakan dapat hemat bahan bakar. Berikut sedikit tips menghemat bahan bakar yang meskipun takkan berdampak signifikan namun ada baiknya disimak.

Matikan mesin saat tidak diperlukan.
Ini cara menghemat BBM yang paling mudah di aplikasikan. Misalnya saat menunggu istri atau pacar belanja dipasar. Hal ini nampak sepele, namun ritual menunggu sambil menghidupkan mesin dapat membuang bahan bakar dengan percuma. Dan menurut penelitian dari para tidak ahli, mesin kendaraan yang tetap hidup saat berhenti selama lima menit dapat menghabiskan bahan bakar setara dengan jarak tempuh kendaraan tersebut sejauh 1Km dengan kecepatan rata-rata 40-50Kpj. bayangkan anda menghabiskan bahan bakar senilai 1kilometer pada satu tempat dan waktu.

Tips menghemat bahan bakar kendaraan bermotor

Lakukan akselerasi sewajarnya saat mulai berjalan pada traffic light.
Meskipun sulit tapi hal ini perlu dijadikan perhatian dalam upaya menghemat BBM kendaraan bermotor. Tips ini khusus bagi pengendara muda yang berjiwa muda dengan semangat membara seperti saya. Saat melihat lampu merah menyala terang rasanya seperti berada di garis start sirkuit balap moto gp. Begitu lampu hijau menyala, secara refleks tangan melintir gas bagaikan melihat bendera start yang telah dikibarkan. Sebaiknya berakselerasilah sewajarnya, lajukan kendaraan perlahan dengan halus, dan berjalanlah dengan kecepatan konstan bila memungkinkan.

Tips menghemat bahan bakar kendaraan bermotor

By the way, sebentar lagi seri moto gp akan segera di mulai, apakah anda sudah punya jadwal lengkapnya? Kalau belum bisa lihat jadwal lengkap race motogp 2016. Berkaitan mengenai efisiensi bahan bakar pada kendaraan, di motogp pun perhitungan konsumsi bahan bakar mendapat perhatian khusus. Bayangkan saja sebuah motor yang dibangun khusus untuk adu cepat disirkuit tetap juga memperhitungkan konsumsi bahan bakarnya agar dapat melaju hingga finish.

Bagaimana kalau bahan bakarnya habis sebelum menyentuh garis finish? Kombinasi pembalap dan motor akan sangat terlihat dan dipertaruhkan disini. Bagi penikmat moto gp anda tentu pernah manyaksikan momen ini, dimana teknologi bensin campur dorong yang sering kita temukan sehari-hari, juga dapat ditemukan di ajang kelas dunia Moto gp.

Akselerasi secara perlahan saat pertama kali menjalankan kendaraan.
Satu lagi cara menghemat BBM yang dapat anda coba. Saat pertama kali menjalankan kendaraan dari tempat parkir atau teras rumah, hindari berakselerasi berlebihan kecuali jika anda sedang terburu-buru atau dalam kondisi kebelet buang hajat. Lakukan percepatan kendaraan secara bertahap agar energi mesin tidak tebuang sia-sia.

Bayangkan anda sedang mengendarai sepeda onthel. Jika anda memacu sepeda sekuat tenaga saat pertama kali jalan, sejauh mana anda akan bertahan dan seberapa besar energi yang anda habiskan sebelum akhirnya tenaga anda terkuras dan ngos-ngosan. Kecuali jika anda memang atlet sepeda balap berarti anda tidak termasuk.

Bagaimana jika anda mengayuh secara perlahan dan menambah kecepatan secara bertahap hingga mencapai kecepatan yang diinginkan. Tentu energi anda tidak terbuang sia-sia dan jarak tempuh anda akan semakin jauh. Jika anda menjalankan kendaraan dengan menarik gas sewajarnya sesuai kondisi dan situasi maka hal ini dapat menghemat konsumsi bahan bakar secara signifikan walaupun tidak secara drastis.

Seperti yang pernah di tuliskan dalam hukum newton bahwasannya setiap benda akan mempertahankan keadaan diam atau bergerak lurus beraturan, kecuali ada gaya yang bekerja untuk mengubahnya. Menggerakan benda dari posisi diam tentu membutuhkan energi yang besar. Sebagai contoh mobil yang terparkir, jika anda ingin menggerakan mobil tersebut maka akan diperlukan daya agar mobil dapat bergerak dari posisi diam.

Daya, dapat bersumber dari mesin yang di tenagai bahan bakar minyak, dengan menekan gas secara berlebih dan seporadis maka otomatis daya yang dihasilkan mesin akan sangat besar, namun bukan berarti daya yang dihasilkan oleh mesin akan serta merta terdistribusikan sepenuhnya ke roda sehingga dapat merubah kondisi mobil dari diam menjadi bergerak secara 100%. Jadi daya besar yang dihasilkan mesin akan sia-sia karena akan hilang akibat gesekan dalam mesin dan “perlawanan” mobil itu sendiri.

Karena mobil akan mempertahankan kondisi diamnya sebelum akhirnya menerima daya yang diberikan terhadapnya. Mobil tersebut memendam gaya Inersia yang mana  kecenderungan semua benda fisik untuk menolak perubahan terhadap keadaan geraknya. jadi lebih bijaklah dalam menggunakan hak preogatif anda dalam mengendalikan tuas gas atau handle gas agar BBM dalam tangki dapat terselamatkan.

Panasi mesin kendaraan secukupnya
Sepertinya semua sudah mengetahui cara menghemat BBM yang satu ini. Panasi kendaraan secukupnya saja, satu menit rasanya sudah terlalu lama untuk ukuran mesin jaman sekarang yang rata-rata menggunakan sistem injeksi yang didukung seabrek sensor pintar disana-sini.

Tips menghemat bahan bakar kendaraan bermotor

Mungkin ini akan bertentangan dengan konsep dasar dalam memelihara mesin kendaraan agar awet, yang salah satunya menganjurkan untuk memanaskan mesin kendaraan sebelum digunakan agar pelumasan merata keseluruh bagian mesin dan suhu kerja ideal mesin tercapai sebelum kendaraan benar-benar menanggung beban saat digunakan. Nah.. suhu ideal ini yang jadi pertanyaan, demi untuk mencapai suhu ideal yang tidak ada tolok ukurnya tersebutlah maka tak jarang pengguna kendaraan memanaskan kendaraannya terlalu lama.

Memanasi mesin kendaraan secara berlebih akan berpotensi membuang bahan bakar secara percuma hal ini berkaitan dengan poin diawal tadi tentang mesin yang tetap dihidupkan saat menunggu istri atau pacar belanja. Jadi panasi mesin kendaraan anda seperlunya.

Lagipula dengan teknoilogi mesin kendaraan saat ini memungkinkan mesin kendaraan tidak memerlukan pemanasan yang lama sebelum digunakan.  Ter-khusus lagi kendaraan yang memang aktif setiap hari menemani kegiatan anda kesana dan kemari. Ditambah lagi teknologi pelumas mesin saat ini sudah sangat canggih bahkan ada yang mengklaim pelumasannya sanggup menempel kuat pada mesin seperti perangko. Sehingga kendaraan dapat langsung digunakan tanpa harus dipanasi. “lah kalau mesin lengket kayak perangko, macet donk? Overhoul-lah judulnya.”

Tapi meskipun begitu, anda tetap harus dan wajib memanaskan mesin kendaraan anda secukupnya. Khususnya bagi kendaraan keluaran lama. Minimal biarkan mesin menyala langsam sejenak agar pelumas sempat menyentuh semua bagian mesin dengan merata.

Apalagi jika anda memiliki kendaraan yang jarang digunakan. Semisal kendaraan kesayangan yang sangat sayang jika terkena hujan rintik-rintik sehingga hanya digunakan sebulan sekali, maka anda perlu memanasi kendaraan tersebut minimal seminggu sekali atau seminggu dua kali.

Hal yang perlu diperhatikan saat memanasi kendaraan anda sebelum digunakan, sebaiknya panasi mesin kendaraan sewajarnya tanpa perlu memainkan gas (blayer-blayer). Karena selain dapat manambah tingkat konsumsi bahan bakar juga malah dapat mempersingkat umur komponen mesin dan menggangu hubungan harmonis antar tetangga.

Periksa tekanan angin ban kendaraan anda.
Tekanan ban yang kurang tepat dapat menambah beban kendaraan yang otomatis mempengaruhi konsumsi bahan bakar kendaraan, sehingga dapat berpengaruh terhadap upaya menghemat BBM kendaraan bermotor.

Masih banyak hal lain yang dapat anda upayakan untuk menghemat bahan bakar kendaraan anda. Yang terpenting, perlakukanlah kendaraan anda layaknya kendaraan transportasi seharusnya. Hindari memacu kendaraan berlebihan, karena kendaraan yang dijual untuk umum rata-rata bukan untuk adu balap dijalanan. Tetaplah Utamakan Keselamatan saat Berkendara dijalan.

Demikianlah cerita singkat tentang tips menghemat bahan bakar pada kendaraan bermotor yang berdampak secara signifikan terhadap keawetan dompet. Dan umur pakai saku celana. Meskipun korelasi mengenai dampak berhemat BBM dan dompet, dalam tulisan ini terlalu mengada-ada. Semoga bermanfaat dan dapat dijadikan referensi untuk menghemat bahan bakar minyak pada kendaraan bermotor anda.



0 Response to "Tips menghemat bahan bakar kendaraan bermotor"

Post a Comment

Silakan tinggalkan komentar anda.