Langkah membangun blog bagi pemula

Membangun sebuah blog tidaklah sulit, namun ada beberapa langkah-langkah yang perlu dijadikan acuan dalam membangun sebuah blog. Berikut urutan proses dalam membuat blog bagi pemula yang bisa dijadikan referensi.

Mencari nama blog.
“Apalah arti sebuah nama” begitu kata orang, tapi bukan berarti harus menggunakan nama awur-awuran kan.

Setidaknya ada juga yang pernah bilang kalau nama itu adalah harapan, jadi cari nama blog yang bagus, penuh harapan dan mudah diingat agar anda juga tidak kesulitan menyebutkannya saat rekan anda menanyakan tentang nama blog anda.

Meskipun cukup jarang di ekspose secara offline, paling tidak anda tidak akan kesulitan mengetikannya alamat blog di tab browser dan semoga saja harapan anda cepat terwujud. Sebagai pemula mungkin anda bisa mencoba membuat blog berplatform blogspot karena gratis dan mudah penggunaanya. Atau anda juga dapat menggunakan blog berplatform wordpress.com yang juga gratis.

Langkah membangun blog bagi pemula,cara buat blog blogspot,

Menentukan topik yang akan dibahas pada blog. 
Tentukan topik yang sesuai dengan minat dan bakat anda agar anda tidak kesulitan menulis artikelnya nanti.

Jika anda bingung mengenai topik yang anda bahas nantinya.

Anda bisa mencoba cara ini, misalnya anda sangat fanatik dengan gado-gado, tentu anda sudah memilih nama blog yang “berbau” gado-gado. Jika bingung tentang apa saja yang harus dibahas. Anda dapat minta bantuan http://ubersuggest.org untuk melihat beberapa kata kunci tentang "gado-gado" yang bisa dijadikan bahan tulisan anda kedepannya nanti.

Caranya pergi ke website http://ubersuggest.org kemudian masukan kata kunci di kolom query, tentukan negara tujuan misalnya Indonesia dan isikan captcha yang disediakan lalu klik suggest meskipun tidak semua dapat digunakan tapi setidaknya anda sudah memiliki bahan membuat artikel untuk blog anda. Cara ini juga digunakan sebagian besar blogger untuk meriset kata kunci bagi blog mereka.

Langkah membangun blog bagi pemula,riset keyword,

Anda juga dapat “menculik” kata kunci yang dianjurkan google saat melakukan pencarian tentang “gado-gado”.

Langkah membangun blog bagi pemula,riset keyword,

Menentukan domain yang ingin digunakan. 
Hal ini bersifat optional artinya bisa dilakukan, kalau tidak, juga tak mengapa. Anda dapat memilih domain dot net, dot com, dot id  dan lain lain. jika anda membuat blog ber-flatform blogger maka anda dapat menunda menyewa domain. Tapi ada baiknya anda mempertimbangkan menggunakan Top Level Domain agar blog anda lebih mudah diingat. Kalau masih ber sub domain blogspot, nama blog anda akan menjadi panjang.

Jika anda sudah menyewa Top Level Domain, anda bisa lihat cara custom domain blogspot. Jika anda membangun blog menggunakan blogspot dan ingin membuat blog anda berakhiran dot com dot net atau lainnya

Menentukan tema tampilan atau template blog. 
Walaupun template blog dapat dirubah sewaktu-waktu tapi sebaiknya anda menentukan template sejak awal blog di bangun agar anda tidak direpotkan dengan tampilan blog dikemudian hari.

Karena merubah tampilan blog cukup memakan waktu bagi blogger pemula seperti saya. Lagipula google tidak suka blog yang sering gonta-ganti tampilan karena akan membingungkan robotnya meng crawl blog anda.

Memang dilema jika kita harus menyesuaikan diri dengan robot. Seperti head to head manusia vs robot, terkadang mau tidak mau kita harus “menuruti” maunya robot buatan google ini.

Untuk template, Anda bisa mencari template yang Responsive di google search agar blog anda tetap dapat terlihat bagus saat diakses melalui komputer ataupun handphone dengan ukuran layar beragam. SEO friendly, entah bagaimana penjelasannya saya juga kurang paham. Dan User friendly, agar rekan anda yang mengujungi blog anda tidak kesulitan menjelajah blog anda.

Buat tampilan blog Anda senyaman mungkin bagi pengunjung. Baik itu tata letaknya, navigasinya dan kombinasi warnanya.

Kalau blog tampil seperti dibawah ini pastilah kurang nyaman bagi orang lain meskipun bagi anda mungkin sudah cukup bagus karena berwarna-warni penuh warna. Kembang api saja yang penuh warna banyak orang suka. Begitupun pelangi, banyak yang suka meskipun kaya warna.

Langkah membangun blog bagi pemula,template bagus,


Blog sudah jadi, artikel sudah diisi selanjutnya apa?

Memperkenalkan blog anda ke mesin pencari terkemuka seperti google (https://www.google.com/webmasters/tools/submit-url) dan bing (http://www.bing.com/toolbox/urlsubmitted) agar mereka tahu bahwa ada blog baru lahir yang telah anda buat.

Gunanya agar blog anda dapat ditemukan melalui mesin pencari. Jadi informasi penting yang anda bagikan melalui blog dapat mudah ditemukan oleh khalayak ramai.

Jika semua sudah dilakukan maka langkah membangun blog anda sudah selesai. Tugas anda selanjutnya adalah "bekerja" membuat artikel fresh untuk mengisi blog anda. Sebenarnya optional saja sih, ini tergantung pasion anda pertama kali membuat blog, jika hanya untuk belajar membuat blog, tidak perlu diisi artikel rutin juga tidak mengapa. Tapi jika ingin berbagi informasi atau pengetahuan anda melalui blog maka anda perlu mengupdatenya secara berkala.

Informasi langkah membangun blog bagi pemula ini hanyalah sekedar share dan bukan tutorial, tips apalagi trik karena saya Cuma blogger pemula, jadi informasi ini dari pemula khususs untuk pemula. Semoga bermanfaat.



0 Response to "Langkah membangun blog bagi pemula"

Post a Comment

Silakan tinggalkan komentar anda.