Cara cek domain untuk blog

Cara cek domain yang tersedia untuk blog memang lumayan memakan waktu. Setelah mencari-cari nama domain yang cocok untuk blog dengan berbagai macam ritual menerawang di awang-awang, bertapa disudut pantai yang sempit, sudah saatnya kita membeli domain yang kita inginkan tersebut, namun apa daya ternyata nama domain yang kita inginkan sudah tidak tersedia. Mau tidak mau kita harus mencari-cari dan mengecek kembali nama domain lain yang dapat digunakan untuk blog kita kelak.
Apakah harus bertapa lagi di bibir jurang? Rasanya tidak perlu yaa..

Bagaimana cara cek nama domain yang masih tersedia untuk blog yang kita miliki.
Untuk cek domain, anda bisa menggunakan bantuan domainsbot.com. website ini dapat membantu memberikan opsi lain untuk nama domain yang dapat anda gunakan jika nama domain yang anda inginkan sudah tidak tersedia.

Cara cek domain untuk blog

Cara cek domain yang masih tersedia untuk blog di domainsbot.com
Masukan nama domain yang anda inginkan di kolom yang tersedia, jika nama domain yang anda impikan sudah ada yang pakai maka anda akan disajikan opsi nama lain yang dapat anda pakai. Sebagai contoh saya ingin membeli nama domai “DETIK.COM” maka saya isikan di kotak pencarian nama domain yang dimaksud.

Cara cek domain untuk blog

Dan ternyata nama domain DETIK tidak termasuk dalam daftar beli yang berarti domain DETIK sudah tidak tersedia untuk yang berekstensi (dot)com tapi saya diberi opsi pilihan nama domain lainnya yang dapat saya pilih.

Cara cek domain untuk blog

Anda pun dapat menyaring hasil pencarian hanya untuk berekstensi (dot)com saja atau ekstensi lainnya dengan mencentang daftar ekstensi domain di kolom sebelah kiri. Anda bebas memilih ekstensi yang ingin digunakan untuk domain anda. Namun domain dengan akhiran (dot)com sepertinya lebih banyak digunakan dan terkesan lebih profesional dan proses pembuatannya pun lebih mudah setelah anda membelinya dari penyedia domain maka seketika itu juga domain anda dapat segera launching.

Setelah anda mengecek ketersedian nama domain yang akan dipilih dan menentukan pilhan nama domain, barulah anda memeriksakannya ke web penyedia webhosting dan domain seperti idwebhost, rumahweb, hosgator, namecheap dll. Jika memang ternyata masih tersedia, berarti anda dapat langsung menebusnya sesuai harga yang di banderol. Harga ini mungkin akan bebrbeda tergantung web penyedia domain.

Anda dapat memilih membeli domain saja tanpa hosting, jika anda sudah punya blog di blogger.com atau beli domain sekalian hosting jika anda menggunakan self host seperti wordpress.org. Anda juga dapat memilih menambahkan fitur whois protection untuk melindungi privacy anda ataupun tidak. Di beberapa regristrar domain, fitur whois protetction berfariasi, ada yang memberikan gratis, ada juga yang berbayar dengan rentang harga yang berbeda pula.

Tentukan juga apakah anda ingin membeli domaian di registrar dalam negeri atau luar negeri. Untuk registrar di luar negeri tentu anda harus menyiapkan dana di paypal untuk melakukan pembayaran. Pastikan juga registrar yang anda pilih terdaftar dan terakreditasi di ICANN.
Setelah anda menebusnya,  anda bisa langsung melakukan custom domain untuk blog blogspot, jika anda menggunakan hosting di blogspot ke alamat domain baru anda. Sehingga blog anda dapat langsung di akses dengan menggunakan alamat domain anda yang baru.

Memilih nama domain merupakan salah satu proses yang harus dilalui dalam rangkaian langkah membangun sebuah blog. Meskipun tampak mudah tapi memilih nama domain lumayan menguras waktu dan pikiran. Bagaikan memilih nama untuk sang buah hati yang tentu tidak bisa sembarangan karena akan menentukan masa depan dan perkembangan blog anda nantinya. Pastikan mencari nama domain yang cocok dengan keinginan hati anda, dengan nama domain yang baik dan bagus maka anda pun semangat untuk mengurusnya kelak.

Jika sudah menemukan nama domain yang unik antik dan pas dihati, segeralah menebusnya di regristar yang terpercaya agar nama domain yang anda taksir tidak di ambil orang. Apalagi jika nama domain yang anda pilih termasuk bagus dari sudut pandang  SEO. Karena ada ribuan nama domain yang didaftarkan setiap harinya yang berarti ada ribuan orang yang berburu nama domain dan mungkin saja nama domain yang sedang anda incar termasuk yang paling diburu saat ini.

Demikian saja informasi singkat mengenai cara cek domain yang masih tersedia untuk blog, semoga bermanfaat.



2 Responses to "Cara cek domain untuk blog"

  1. oh jadi cara mengecek domain itu gini ya?? hehe maklum baru tau.Terimakasih infonya :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. heheh iya mbak, buat alternatif kalo lagi nyari domain buat blog kesayangan :)

      Delete

Silakan tinggalkan komentar anda.