Handphone Jadul mengintai dari kegelapan

Handphone model jadul semakin tersingkir dengan perkembangan teknologi dan hadirnya handphone pintar atau smartphone yang sedang merajai pasar handphone dunia.

Anda masih ingat ponsel jadul yang fitur utamanya mengedepankan ukuran layar, deringan suara ringtone dan candybarnya. Ada suatu masa dimana fitur polyphonic menjadi begitu istimewa dimana ringtone ponsel mampu mengeluarkan dering yang lebih merdu dibanding ponsel dengan kemampuan monophonic.

Ataupun pada era ponsel monophonic, memliki dering ringtone mirip lagu yang sedang populer di kala itu membuat ponsel tersebut tampil beda dibanding lainnya dan terkesan unik. Kok bisa handphone berdering lagu Guns n Roses, meskipun suaranya ting tung ting tung dan hanya beberapa detik saja. Kalau sekarang, dering ringtone dengan musik goyang dumang full sound sudah tidak asing lagi ditelinga.

Resolusi layar terbaik saat itu pun masih memperlihatkan kotak-kotak kecil penyusun warna yang biasa disebut juga dengan pixel. Ponsel modern yang sering disebut smartphone memiliki tampilan layar yang nyaris sempurna tanpa terlihat kumpulan kotak-kotak kecil yang tersusun rapi dilayarnya.

Handphone Jadul mengintai dari kegelapan,hape jadul,
Akankah ada yang merindukan kehadiran ponsel jadul seperti nokia 3310, Soner T100, Siemens M35 yang fitur terhebatnya adalah SMS dan Telepon. Bahkan Sony ericsson T100 memiliki lampu yang berkedip-kedip seperti lampu sein sepeda motor, membuatnya terlihat beda dari ponsel lain sekelasnya kala itu.

Lain halnya dengan handphone jadul seperti ericsson R310 sirip hiu atau Nokia "pisang" yang fenomenal dan harganya cukup lumayan dan masih banyak di buru para pengguna ponsel, bahkan di jaman smartphone menguasai dunia ponsel sirip hiu masih banyak dicari.

Nasib ponsel dijaman pertengahan seperti di era keemasan nokia 3310 dan kawan-kawan akankah memiliki nasib yang sama dengan ponsel-ponsel fenomenal melebihi era keemasannya dahulu.

Dijaman serba online sekarang ini membuat beberapa pengguna smartphone merasa jengah dengan berbagai notifikasi yang bermunculan di smartphone mereka. Dari mulai suara ping mesanger yang tiada henti, peringatan notifikasi update berkala dari setiap aplikasi yang terinstal di smartphone yang terus menerus mengusik ketenangan, belum lagi undangan “war” yang tak kenal waktu membuat hidup semakin berwarna.

Smartphone juga berpotensi menimbulkan kecanduan bagi penggunanya. Di beberapa negara muncul tren detox digital ataupun paket liburan detox digital, dimana pengunjung wajib menyerahkan gadget mereka yang mungkin termasuk dalam jajaran handphone android terbaik dan digantikan dengan berbagai permainan offline seperti catur atau monopoli.

Ketergantungan smartphone jaman sekarang akan hadirnya jaringan internet membuatnya tidak bebas bergerak. Ketika smartphone dibawa kedaerah pinggiran kota, maka disitulah kemampuan smartphone sebenarnya dipertaruhkan, dimana hanya sinyal GSM saja yang aktif tanpa tersentuh hangatnya sinyal GPRS, EDGE apalagi HSDPA yang membuat smartphone menjadi tak berdaya.

Apakah anda pernah merasa di intai kemanapun anda berada? Smartphone jaman sekarang hampir mirip seperti pacar yang cerewet yang selalu mengecek posisi kita setiap saat. Apakah anda pernah diminta untuk mengkonfirmasi posisi terbaru saat ini, oleh salah satu aplikasi di handphone android Anda?

Jika sudah begini kehadiran ponsel berkemampuan alakadar namun memiliki kemampuan dalam menangkap sinyal GSM yang lebih baik samakin dirindukan. Mungkin handphone yang hanya bisa SMS dan melakukan panggilan Telepon akan populer lagi suatu saat kelak. Atau anda mungkin yang termasuk salah satu pengguna ponsel yang merindukan kehadiran handphone candybar dengan sensasi berbeda saat di genggaman karena terasa lebih mantap. Tidak perlu khawatir baret ataupun terjatuh karena konstruksinya yang kokoh, bahkan seperti nokia 3310 yang memiliki konstruksi begitu kuat, baterainya saja terkunci kuat didalam body handphone sehingga tidak mudah lepas.

Ponsel jaman sekarang memiliki tampilan bentuk yang tidak jauh berbeda antara merk satu dan yang lainnya sehingga membuatnya terasa membosankan. Lihat saja smartphone rilisan merk besar dunia, bentuknya hampir identik, tidak ada yang istimewa antara model satu dan lainnya dari segi bentuk meskipun berbeda Merk. Anda akan kesulitan membedakan merk Smartphone satu dengan yang lainnya sebelum melihat lebih dekat tulisan apa yang ada di casingnya.

Perhatikan ponsel jadul dari berbagai merk, meskipun berfitur ala-kadar namun produsen jaman dulu lebih kreatif dalam berkreasi menghasilkan bentuk ponsel yang ergonomis dan nyaman di genggam. Anda akan dengan mudah membedakan Nokia 3310 dengan Soner T100 hanya dengan melihatnya sekilas.

Meskipun begitu membandingkan ponsel jaman dulu dengan posel jaman sekarang rasanya kurang tepat, karena berbeda generasi. Tapi mengingat kelemahan smartphone jaman sekarang yang sangat bergantung pada jaringan internet,  membuat ponsel jaman dulu semakin dirindukan kehadirannya.

Apakah anda merasa handphone jadul mulai menarik minat anda sebagai pengguna ponsel.



0 Response to "Handphone Jadul mengintai dari kegelapan"

Post a Comment

Silakan tinggalkan komentar anda.