Bermain game Android di PC menggunakan Joystick

Bisakah bermain game android di PC atau Laptop menggunakan Joystick? mari kita lihat cara bermain game android di pc menggunakan stick, semoga bisa menjadi referensi.

Sudah menjadi rahasia umum bahwasanya system android dapat dijalankan di PC atau laptop dengan bantuan emulator android. Jangankan hanya aplikasi mesenger seperti BBM, line, dan whatsapp, bermain game android pun dapat di lakukan di komputer ataupun laptop dengan bantuan emulator android seperti Bluestacks.

Bermain game android di pc memang menyenangkan. Anda pasti sudah tahu bagaimana caranya bermain game android di PC. Hanya saja ada beberapa kendala yang ditemukan saat bermain game android di komputer atau laptop, seperti gerakan multi touch yang diperlukan dengan menggunakan mouse.

Bermain game Android di PC menggunakan Joystick

Ada beberapa game yang sudah dapat dimainkan dengan menggunakan keyboard komputer, sehingga perintah Rem dan berbelok pada game bergenre racing dapat dilakukan dengan mudah. Game jenis ini berpotensi untuk dapat dikendalikan menggunakan joystick. Untuk ini anda hanya memerlukan software fenomenal bernama JoytoKey (Joystick to keyboard).

Beberapa game yang sudah dapat dikendalikan menggunakan keyboard biasanya ditandai panduan kontroler key nya saat game android tersebut dijalankan, meskipun ada juga beberapa game yang tetap dapat dikendalikan dengan keyboard meskipun tidak ditampilkan tombol keymap nya saat opening.

Bermain game Android di PC menggunakan Joystick

Untuk dapat memainkan game android di bluestacks menggunakan joystick, silahkan download terlebih dahulu software Joytokey. Software ini berukuran kecil tapi cukup powerfull dan juga gratis, jadi anda tidak akan kesulitan mendapatkannya.

Setelah terdownload langsung saja buka software nya. Kemudian buka juga game android pada bluestacks yang akan dimainkan. Tapi jangan lupa juga, hubungkan Stick yang anda punya ke slot USB PC. Perhatikan tombol apa saja yang digunakan untuk mengendalikan karakter dalam permainan. Sebagai contoh dalam hal ini game commute yang hanya diperlukan tombol kanan untuk belok kekanan dan tombol arah kiri untuk belok kekiri.

Lakukan button asignment pada software Joytokey. Anda bisa klik pada Bulk Asignment Wizard untuk melakukan setingan tombol. Saat muncul arah panah ikuti dengan menekan tombol arah pada keyboard lakukan hingga semua tombol terkombinasi dengan baik sesuai kebutuhan pada game.

Untuk lebih jelasnya, berikut setingan yang perlu anda lakukan untuk bisa bermain game android di PC menggunakan stik dengan bantuan emulator bluestacks. Contoh kita gunakan game Commute yang menjadikan anda sebagai "musuh" anda sendiri dalam game tersebut. Pada welcome screennya, game ini dapat dikendalikan menggunakan keyboard dengan menekan tombol arah kanan dan kiri.

Bermain game Android di PC menggunakan Joystick

Pastikan Posisi stick sudah terpasang di port USB, software Joytokey juga sudah berjalan. Selanjutnya pada tampilan software JoytoKey, klik pada Bulk Asignment Wizard maka akan muncul perintah untuk press a key to assign it for joysticks#1, tekan tombol arah kekiri pada keyboard, untuk asigment arah kiri joystick dengan arah kiri di keyboard.

Bermain game Android di PC menggunakan Joystick

Jadi ketika tombol joystick arah kiri ditekan sama dengan menekan tombol panah ke kiri pada keyboard. Setting semua tombol yang diperlukan agar dapat memainkan game android di PC melalui emulator android bluestakcs menggunakan joystick.

Untuk memudahkan mapping dengan Joytokey berikut beberapa pembacaan tombol pada joystick di software Joytokey.

Bermain game Android di PC menggunakan Joystick,tombol stick ps,

Sebenarnya beberapa game android yang tidak memiliki fitur keymapping dan tidak dapat dikendalikan menggunakan keyboard pc dapat juga di mainkan menggunakan joystick, hanya saja perlu konfigurasi terlebih dahulu menggunakan bantuan software atau aplikasi yang bernama aurora yang seperti nya pengaturannya sedikit sulit bagi pengguna komputer awam seperti saya. Mungkin diperlukan pengetahuan khusus untuk menggunakan software aurora ini atau kemungkinan software aurora yang saya miliki tidak kompetible dengan windows 7 64bit yang terinstal di PC.

Selain itu, bluestacks juga sebenarnya sudah memfasilitasi penggunanya agar dapat memainkan game android di pc dengan menggunakan stick. Hanya saja belum semua game tersedia konfigurasinya. Anda dapat melihat daftar gamenya di
Computer - local disk C - ProgramData - Bluestacks - UserData - InputMapper.
Dan stick yang didukung juga sepertinya bukanlah joystick sembarangan, setidaknya jika dilihat pada screenshot yang muncul ketika joystick di tancapkan ke port USB.

Bermain game Android di PC menggunakan Joystick

Demikian sedikit share cara bermain game android di PC pakai stik / menggunakan joysticks dengan bantuan emulator android bluestacks. Mungkin anda juga ingin mengetahui bahwa bluestacks juga dapat digunakan untuk menjalankan BBm di PC. Semoga bermanfaat.



7 Responses to "Bermain game Android di PC menggunakan Joystick"

  1. keren banget gan artikelnya sangat bermutu

    ReplyDelete
  2. makasih gan atas informasinya. saya mencoba bermain marvel: contest of champions tapi sangat susah apabila hanya dimainkan dengan mouse. nantiakan saya coba menggunakan joytokey tsb

    kalo seandainya agan sudah bisa konfigurasi terhadap game tersebut mohon info lebih lanjutnya gan.

    terimakasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. sama-sama gan, semoga dapat membantu agan memainkan marvel: contest of champions nya. sukses selalu :)

      Delete
  3. gimana gan klo control game THE RESPAWNABLES ..??? ane masih bingung

    ReplyDelete
  4. gan gimana cara mainin pes2015 android dengan blustak? klou di hp bisa kalo di laptop gimana gan?

    ReplyDelete
  5. gan gimana cara mainin pes 2015 android lewat blustack?

    ReplyDelete

Silakan tinggalkan komentar anda.