Nonaktifkan Auto Update Opera terbaru

Ingin mematikan fitur auto update pada browser Opera terbaru?, Sayangnya pilihan untuk menonaktifkan auto update pada opera versi terbaru tidak akan anda temukan di menu pengaturannya.

Browser Opera merupakan software yang banyak digunakan pengguna internet baik mobile dengan opera mini-nya maupun PC desktop. Tapi pernahkah anda mengalami Opera pada PC desktop yang update dengan sendirinya tanpa adanya pemberitahuan ataupun notifikasi mengenai aktifitas update pada browser opera anda.

Pada Opera versi terbaru telah memiliki fitur auto update otomatis yang memungkinakan Browser Opera melakukan pembaruan otomatis jika ada Versi terbaru yang dirilis, tanpa perlu anda repot-repot meng-update secara manual. Sebenarnya hal ini bukanlah menjadi masalah yang berarti, karena setiap update pasti membawa perbaikan terhadap software itu sendiri sehingga meningkatkan kinerja software tersebut secara keseluruhan.

Namun bagi anda pengguna internet yang mengandalkan modem GSM dengan paket internet berbasis kuota untuk dapat terkoneksi ke dunia maya, maka hal ini akan menjadi masalah. Mengingat jumlah paket internet berbasis kuota yang terbatas penggunaannya.

Bahkan pada paket unlimited pun tidak benar-benar unlimited, karena ada batas pemakaian wajar dan kecepatan internet akan diturunkan jika pemakaian telah melebihi batas yang ditentukan, yang kadang tidak jelas nilainya. Kalau sudah begini maka, setiap update otomatis tentu akan mendownload data, yang pastinya akan menyedot kuota internet yang kita miliki.

Jadi bagaimana mematikan atau menonaktifkan auto update Browser Opera versi terbaru pada PC desktop atau laptop. Pada Browser Opera versi terbaru, anda tidak akan menemukan setingan untuk menonaktifkan fitur auto update ini. Jadi salah satu cara yang dapat di tempuh adalah dengan menghapus file auto update yang ada di folder instalasi Opera.

Anda dapat menemukan file auto update ini di folder Local disk (C:) > Program files (x86) > Opera > 29.0.1795.47_0 (tergantung versi opera yang anda miliki). Setelah ketemu, Hapus file tersebut.

Nonaktifkan Auto Update Opera terbaru

Menghapus file ini tidak akan berdampak banyak terhadap kinerja browser Opera secara keseluruhan. Hanya saja jika anda melihat menu About Opera maka akan ditemukan keterangan
error ocured while checking for updates” pada keterangan versi information.

Nonaktifkan Auto Update Opera terbaru

Hal ini tidak akan menjadi masalah, tapi jika anda kurang berkenan dengan kondisi ini anda dapat me-restore file yang tadi dihapus dari Recycle bin.

Demikian cara menonaktifkan atau mematikan auto update pada Browser Opera. Semoga bermanfaat.



1 Response to "Nonaktifkan Auto Update Opera terbaru"

Silakan tinggalkan komentar anda.