Motor Injeksi mogok! Siapkah dompet Anda?

Motor Injeksi ternyata bisa mogok secara tiba-tiba. Ketika motor injeksi mogok, anda mungkin harus menyiapkan dana lebih untuk membuatnya normal kembali. Karena kemungkinan Aki motor injeksi anda sudah waktunya diganti meskipun umur motor masih "belia".

Motor. Secara teknis, motor adalah sebuah mesin penggerak. Terdapat dua jenis motor yaitu motor bakar dan motor listrik. Motor bakar yang digunakan pada kendaraan bermotor bermacam-macam seperti motor bensin, motor diesel dan motor wankel. Motor listrik pun sudah mulai digunakan pada kendaraan bermotor untuk mengurangi polusi yang sudah mulai meresahkan.

Sebuah motor dapat di pasang pada kendaraan roda dua yang biasa disebut sepeda motor. Dapat juga dirakit pada kendaraan roda empat dikenal dengan sebutan mobil. Terkadang di gabungkan juga kedalam kendaraan bersayap maka jadilah pesawat. Lain waktu motor juga dipasangkan pada benda terapung yang kemudian dikenal dengan nama kapal.

Tapi sebutan motor secara umum biasanya juga digunakan untuk menyebut kendaraan roda dua bermesin (sepeda motor).

Motor jaman sekarang semakin canggih. Beberapa motor dapat mendeteksi karakter mengendara penggunanya. Jika anda mengendarai sepeda motor dengan kecepatan rata-rata 60kpj maka ECU pada motor jaman sekarang akan merekamnya dan mengatur sedemikian rupa suplay bahan bakar dan udara yang masuk ke ruang bakar untuk mendapatkan efisiensi penggunaan bahan bakar sesuai karakter penggunanya. Sehingga didapatkan kombinasi yang pas untuk menghasilkan tenaga maksimal namun irit bahan bakar, dan menghasilkan emisi gas buang yang kecil.

Namun motor jaman sekarang selain semakin canggih juga semakin manja.
Jika anda pernah menggunakan sepeda motor keluaran tahun lama yang masih menggunakan kaburator sebagai pengkabut bahan bakar. Anda tentu telah mengetahui teknik-teknik dan berbagai trik dalam mengatasi motor mogok. Pengetahuan dan pengalaman anda dalam menghadapi motor berkaburator yang mogok tidak akan mujarab untuk mengatasi motor injeksi yang mogok.

Sebut saja beberapa teknik sederhana yang dapat dilakukan ketika motor yang masih menggunakan karburator tiba-tiba mogok.

1. Teknik mendorong motor yang mogok dengan memasukan gigi satu atau dua sambil menarik kopling dan mendorongnya hingga kecepatan tertentu kemudian kopling dilepas dan motor pun dapat hidup. Hal ini, tidak akan efektif jika diterapkan pada motor injeksi. Tapi tidak ada salahnya anda mencobanya, mungkin setelah mendorong 2Km motor injeksi anda akan tiba-tiba nyala.
"Kalau Matik ???"

2. Menyelah (menghidupkan motor dengan stater kaki) motor berulang-ulang dengan posisi kontak Off dengan harapan bahan bakar memenuhi ruang bakar sehingga pada saat kontak di putar ke posisi On dan ketika motor diselah akan mudah hidup. Teknik ini pun tidak akan berlaku pada mesin injeksi, tapi apa salahnya dicoba, mungkin anda bisa mencoba menyelah motor injeksi hingga senin dengan harapan aki akan terisi secara perlahan-lahan.

Sebenarnya cara ini bisa membantu mengisi kembali aki sedikit demi sedikit, tapi anda perlu kesabaran dalam berupaya. Aki yang baru saja soak, biasanya dapat mampu menggerakan pompa injeksi setelah beberapa kali di selah (menghidupkan motor dengan starter kaki). Mungkin setelah 15-30 menit anda mencoba, motor injeksi yang mogok pun dapat menyala kembali.

3. Memiringkan motor untuk mengalirkan bahan bakar ke saluran bahan bakar, Teknik ini juga tidak akan berfungsi pada mesin injeksi. Untuk diketahui, aliran bahan bakar pada sistem injeksi ditekan dengan bantuan fuel pump bukan seperti sistem karburator yang alirannya hanya pasrah mengalir ke karburator mengikuti gaya gravitasi. Sedangkan fuel pump dapat bekerja jika ada daya dari aki. Kalau Aki mokad?
Motor Injeksi mogok! Siapkah dompet Anda?
Salah satu penyebab motor mogok pada mesin injeksi adalah karena beberapa motor sistem injeksi sangat bergantung penuh pada aki. Jadi jika aki soak atau drop maka siap-siap motor anda mogok dan ngambek. Beberapa motor injeksi jaman sekarang sudah benar benar tidak dapat dihidupkan jika aki telah drop. Meskipun anda berusaha menghidupkannya menggunakan starter kaki hingga hari senin pun, motor injeksi anda tidak akan mau menyala sebelum anda mengecas aki atau menggantinya dengan yang baru.

Jika anda mendapati motor injeksi anda tidak bisa dihidupkan menggunakan double starter maka anda harus waspada, Siapkah dompet anda untuk menghadapinya?. Jika lampu indikator masih menyala tapi double starter sudah tidak berfungsi, jangan paksakan mengunakan double starter, Meskipun klakson masih bersuara lantang dan lampu sein dapat menyala sempurna. Gunakan starter kaki (kick starter) pada kondisi seperti ini.

Segera bawa motor anda ke service center resmi untuk dilakukan pengecekan dan mungkin saja aki anda masih dapat diselamatkan dengan di cas kembali. Tapi jika anda memaksakan mengunakan double starter hingga aki anda drop dan tidak mampu lagi menyalakan lampu indikator maka siap siap membeli aki baru. Biasanya jika aki drop dan sudah tidak ada daya yang tersisa, maka aki tersebut tidak bisa lagi di cas.

Mungkin, Motor injeksi jaman sekarang sudah selayaknya dilengkapi charger seperti pada handphone untuk akinya. Jadi ketika motor tidak digunakan dapat di cas agar tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan. Karena fenomena motor mogok bisa terjadi kapan saja, bisa saja saat anda berangkat dari rumah menuju POM bensin, motor masih normal tetapi setelah mengisi bensin tiba tiba motor sudah tidak bisa dinyalakan menggunakan double stater dan harus di selah.

Beberapa motor injeksi jaman sekarang sudah dilengkapi dengan fasilitas charging handphone maka sudah sewajarnyalah motor jaman sekarang juga dilengkapi charging untuk aki. Jadi saat dirumah pada malam hari, Aki motor dapat di charge agar saat digunakan keesokan harinya tokcer tanpa hambatan.
Motor Injeksi mogok! Siapkah dompet Anda?
TIDAK semua motor injeksi memiliki gejala yang sama, beberapa motor injeksi lainnya tidak terlalu bergantung pada aki untuk sistem pangapiannya dan masih dapat melenggang bebas meskipun aki drop atau aki dilepas sekalipun.

Mungkin suatu saat, motor baru yang bisa jalan tanpa Aki menjadi nilai plus dan memiliki nilai jual tersendiri. Mungkin juga akan Akan muncul Tag line “Inilah motor teknologi terbaru yang bisa jalan tanpa Aki”.
Jadi ingat Jamannya robot dan ulung, dimana motor bisa melenggang bebas tanpa aki bahkan tanpa kabel body yang njelimet. Bahkan hanya dengan dua utas kabel, motor sudah dapat digunakan menjelajah seluruh Negeri.

Bagi anda pengguna motor teknologi terbaru yang sudah menganut sistem injeksi, berikut beberapa hal yang dapat anda coba untuk mengantisipasi atau mencegah motor tiba-tiba mogok mendadak.

1. Pastikan motor yang anda gunakan termasuk kedalam golongan motor yang ketergantungan dengan Aki. Caranya anda bisa mencoba melepas sekring yang biasa terdapat didaerah box aki. Kemudian coba hidupkan motor anda menggunakan starter kaki beberapa kali, jika motor tidak dapat dihidupkan setelah 23 kali percobaan. Kemungkinan 80% motor yang anda gunakan kecanduan Aki (bergantung Aki / Akiholic)

2. Pastikan anda melakukan perawatan rutin di bengkel resmi, meskipun tidak menjamin 100% aman dari mogok, paling tidak dapat meminimalisir kemungkinan motor mogok karena aki soak. Pengecekan Voltase Aki sudah masuk dalam daftar SOP pemeriksaan kendaraan pada Bengkel Resmi, selain pengecekan standar lainnya.

3. Panaskan motor sebelum digunakan. Hal ini dapat membantu menjaga kondisi aki tetap prima. Mengingat motor jaman sekarang intensitas penggunaan double starter lebih sering dibanding stater kaki (kick starter) membuat daya aki cepat terkuras. Ditambah lagi jika jangkauan motor sehari-hari cukup singkat, membuat proses pengisian aki tidak maksimal.

Meskipun ritual ini sedikit kuno dan sedikit bertentangan dengan upaya menghemat bahan bakar, dan mengingat motor sistem injeksi sudah berteknologi canggih sehingga tidak memerlukan pemanasan mesin yang lama. Tapi untuk kepentingan Aki, ritual ini tetap perlu dilakukan. Memanaskan mesin yang cukup dapat membantu proses pengisian aki dan mensirkulasikan oli pelumas keseluruh bagian mesin sebelum motor digunakan.

4. Jika motor anda sudah termasuk kedalam golongan motor yang bergantung pada Aki, mungkin ada baiknya anda membawa Aki cadangan dalam bagasi motor anda. Meskipun tidak efisien, tapi tidak ada salahnya di coba, dari pada anda harus dorong motor sampai rumah.

Atau jika anda keberatan membawa aki serep yang ukurannya lumayan didalam bagasi kesana kemari, anda bisa mencoba Wacana berikut;
Menyiapkan baterai kotak yang bertegangan 9V untuk antisipasi jika aki motor drop secara tiba-tiba. Cara pakainya, ketika motor mogok karena aki soak dengan ditandai indikator lampu tidak dapat menyala, maka hubungkan baterai kotak 9V secara paralel (plus to plus dan minus to minus) ke Aki, kemudian nyalakan kunci kontak, TAPI Ingat jangan pernah menekan tombol double stater. Nyalakan motor menggunakan stater kaki (kick starter).

Fungsi baterai kotak 9V hanya untuk menyalakan pompa bensin (Fuel Pump) yang biasanya terdapat pada tangki motor dan terdengar jelas ketika kunci kontak di On-kan yang biasanya juga ditandai dengan lampu indikator didashboard, jika berhasil hidup biarkan dahulu mesin motor langsam beberap menit baru kemudian digunakan. Ini baru sekedar Wacana dan belum direalisasikan serta belum ada bukti empiris bahwa cara ini akan berhasil, mungkin anda berminat mencobanya…

Ini jugalah salah satu penyebab kenapa beberapa motor injeksi tidak bisa hidup jika aki drop. Karena Fuel pump tidak dapat bekerja akibat tidak mendapat suplai daya dari Aki.

5. Siapkan dana untuk menebus aki baru yang berkisar antara 150rb-250rb, buat jaga-jaga kalau terjadi hal seperti diatas dan anda diharuskan mengganti aki sedangkan kondisi anda sedang turing luar kota yang jauh dari base camp.
Bagaimana kabar dompet anda setelah ganti aki? Masih sehat kah?

Aki hanyalah salah satu faktor penyebab motor mogok, tentunya banyak faktor lain yang bisa menjadi penyebab kenapa motor injeksi yang anda pakai tiba-tiba mogok dan sulit dihidupkan. Anda bisa mencoba meminjam aki motor tetangga untuk memastikan bahwa aki motor anda sudah benar-benar perlu diganti. Kenali dan rawatlah motor anda sebaik-baiknya sebelum dia menyusahkan anda nantinya.

Jika anda terpaksa harus mengganti Aki, jangan buang aki bekas anda. Karena biasanya pihak penjual aki menerima aki bekas dan dihargai sekitar 10.000 sampai 15.000 Rupiah. Atau jika anda mempunyai UPS (Uninteruptible Power Supply) yang akinya sudah mulai soak, mungkin saja Aki bekas motor anda masih bisa digunakan untuk mengganti aki UPS yang soak tersebut.

Demikianlah sedikit informasi yang dapat disampaikan semoga bermanfaat.



6 Responses to "Motor Injeksi mogok! Siapkah dompet Anda?"

  1. Terimakasih, sangat membantu:)

    ReplyDelete
  2. Aki ok. Tp tetap macet bang. Gimana tuh? Mksh

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau mesin tetap ga mau nyala, kemungkinan yang bisa diperiksa adalah Busi dan sekring. karena selain pemeriksaan busi dan sekring tidak ada lagi bagian lain dari motor injeksi yang bisa diperiksa oleh orang awam (seperti saya :)). karena pemeriksaan ECU atau injektor (yg bisa saja menjadi penyebab motor mogok) butuh alat dan pengetahuan khusus. jadi jika motor masih sulit dihidupkan sebaiknya membawanya ke Servis center terdekat. (CMIIW)

      Delete

Silakan tinggalkan komentar anda.