Solusi bagi anda yang belum punya Mobil

Bagi sebuah keluarga, keberadaan kendaraan bermotor sangatlah penting untuk mobilitas sehari-hari, baik untuk alat transportasi kekantor, kepasar, mengantar anak sekolah dan berbagai keperluan mobile lainnya.

Kendaraan berupa motor cukup lazim dimiliki setiap rumah di Indonesia. Mobil, masih merupakan barang mewah bagi sebagian masyarakat kita. Meskipun Pemerintah sudah memiliki program mobil murah yang bertajuk Low Cost Green Car (LCGC), namun harganya pun masih setara dengan rumah tipe BTN.

Jaman sekarang, usaha Jasa Rental Mobil sudah mulai menjamur. Di berbagai sudut kota sangat mudah ditemukan usaha rental mobil dengan berbagai koleksi mobilnya yang cukup beragam. Bagi anda yang tidak memiliki mobil, sudah bukan masalah lagi jika ingin berlibur bersama keluarga menggunakan kendaraan roda empat. Seperti saat ingin tamasya bersama keluarga disaat liburan, atau untuk mengunjungi sanak saudara saat lebaran.

Dengan maraknya Jasa rental mobil, sangat memudahkan bagi masyarakat yang belum atau tidak bisa membeli mobil karena keterbatasan biaya atau lahan untuk tempat parkir mobil dirumah. Sehingga dapat berekreasi bersama keluarga tercinta dengan menyewa mobil rental selama satu hari tanpa harus pusing memikirkan pajak kendaraan, biaya perawatan, dan lahan untuk parkir mobil dirumah., apalagi bagi warga kota besar yang memiliki lahan terbatas. Sebuah garasi untuk mobil sudah dapat dijadikan ruang keluarga jika dijadikan bagian dari rumah.

Solusi bagi anda yang belum punya Mobil

Tapi untuk jangka waktu yang lama, menyewa mobil, malah akan membuat pengeluaran semakin besar. Biaya untuk menyewa mobil selama setahun misalnya, sudah sebanding dengan biaya yang dikeluarkan untuk DP (Down Payment) mobil baru atau membeli mobil second. Karena dengan membeli mobil, anda memiliki hak penuh atas mobil yang anda pakai. Tidak perlu khawatir batas waktu pemakaian, tidak perlu khawatir terkena denda jika terlambat mengembalikan atau terjadi hal-hal yang tidak diinginkan pada mobil.

Jika hanya untuk dipakai sebulan sekali maka anda dapat mempertimbangkan menyewa mobil. Jika dihitung, harga sewa rata-rata mobil keluarga seperti avanza, ertiga, atau xenia berkisar antara 250-300rb per 24 jam. Jika anda hanya perlu mobil sekali dalam sebulan untuk liburan bersama keluarga, maka dalam setahun anda akan menyewa 12 kali.

Misalnya, sewa tertinggi sebuah avanza selama 24 jam tanpa sopir sekitar 300rb, jadi untuk hitungan pengeluaran satu tahun 300rb x 12= 3.600.000. Jadi anda akan mengeluarkan biaya Rp.3.600.000 dalam setahun. Cukup lumayan Jika dibandingkan dengan pajak mobil sebuah avanza keluaran 2014 yang berkisar Rp.2.000.000 hingga 2.500.000 belum ditambah biaya rutin perawatan berkala plus angsuran kredit jika anda mengambil mobil dengan sistem kredit.
(nb: perhitungan ini hanyalah perkiraan semata, belum tentu sama persis dan sesuai kenyataan di lapangan)

Andapun bisa tampil gaya karena setiap bulan dapat memakai mobil yang berbeda. Bulan ini pakai Avanza, bulan depan pakai Xenia, bulan berikutnya pakai Ertiga, bahkan bukan tidak mungkin anda dapat menunggangi mobil sekelas Inova ataupun Alphard. Semuanya tentu lebih fleksibel sesuai kebutuhan dan budget anda.

Tapi menyewa mobil, anda mungkin akan merasa khawatir kalau-kalau mobil rusak saat anda pakai, karena anda akan dikenakan denda jika mobil yang anda sewa mengalami kerusakan, meskipun beberapa Jasa rental telah mengasuransikan mobil sewaan-nya, tetap saja anda akan dikenakan beban biaya perbaikan kerusakan.

Beberapa rental mobil juga tidak mengizinkan mobil sewaannya dibawa keluar kota untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan. Kecuali jika anda sudah menjadi langganan tetap pada suatu rental dan sudah dipercaya pemilik rental atau sudah ada perjanjian sebelumnya. Keterlambatan pengembalian melewati batas kontrak pun, akan dikenakan biaya tambahan. Mengembalikan mobil sebelum masa kontrak habis, rasanya juga rugi, Bensin yang tersisa di tangki pun terpaksa harus direlakan.

Pada High Sesion atau saat-saat libur panjang seperti HarPitNas (hari kecepit), hari raya dan tahun baru, jasa rental mobil biasanya akan kebanjiran order, hal ini akan membuat anda kesulitan mendapat mobil untuk disewa jika tidak melakukan booking jauh-jauh hari. Jika sudah begini maka rencana liburan anda bersama keluarga akan berantakan karena tidak kebagian mobil untuk disewa.

Selain untuk kebutuhan berlibur, jasa rental mobil pun dapat dimanfaatkan untuk mengenal lebih dekat mobil yang ingin anda beli. Anda dapat menyewa mobil idaman anda untuk test drive sehari penuh, memang pihak diler ATPM terkadang menyediakan fasilitas Test Drive untuk calon konsumennya, tapi kadang kala kesempatan yang diberikan belum cukup untuk mengexplore lebih jauh mobil idaman yang ingin di beli, selain itu tidak semua ATPM ataupun diler menyediakan fasilitas test drive.

Persaingan jasa rental sekarang begitu ketat. Pengusaha rental selalu berusaha menghadirkan mobil-mobil terbaru untuk pelanggannya. Jadi anda dapat mencoba atau test drive mobil keluaran terbaru sebelum anda benar-benar membelinya.

Tak jarang pemilik rental menawarkan peluang penghasilan tambahan bagi pemilik mobil untuk menitipkan mobil pribadinya ke perusahaan rental dengan sistem bagi hasil ataupun sistem kontrak selama setahun dengan pendapatan berkisar 3jt hingga 5jt perbulan untuk pemilik mobil tergantung jenis dan tahun perakitan mobil.

Pertimbangkan kembali jika anda berniat untuk membawa pulang mobil idaman, ataupun mobil berharga murah (LCGC) yang sekarang ini semakin banyak pilihannya.

Jika penggunaan mobil nantinya untuk keperluan sehari-hari dan memang sangat Urgen, anda bisa memutuskan untuk membeli mobil baru, bekas atau menyicil mobil yang sekarang telah banyak pilihan nilai cicilan per bulannya.

Tapi jika pemakaian mobil nantinya hanya sesekali, hanya pada saat-saat tertentu saja, mungkin anda perlu juga mempertimbangkan untuk memanfaatkan jasa rental mobil. Sehingga anda tidak perlu dipusingkan dengan biaya perawatan, pajak tahunan, dan alokasi lahan untuk parkir mobil dirumah.

Demikianlah informasi yang dapat disampaikan, semoga bermanfaat.



0 Response to "Solusi bagi anda yang belum punya Mobil"

Post a Comment

Silakan tinggalkan komentar anda.