Cara merekam aktifitas layar Komputer atau Laptop

Merekam segala aktifitas di layar komputer desktop atau laptop anda dan menyimpannya dalam format GIF mungkin terdengar sangat sulit dilakukan. Kalau hanya merekam dengan menggunakan kamera handphone itu mudah saja dilakukan tapi apakah gambar di monitor dapat terlihat.

Merekam layar monitor komputer atau laptop? Apa perlunya?, mungkin anda memerlukan alternatif untuk menampilkan presentasi, atau tutorial tentang pengoperasian komputer atau panduan cara melakukan sesuatu di monitor laptop atau apa saja saya pun kurang mengerti mengenai keperluan merekam layar monitor komputer atau laptop.

Jika anda ingin membuat sebuah tutorial agar mudah dipahami, dengan bantuan gambar tentu akan lebih mudah menjelaskan sesuatunya. Tapi bagaimana jika kita buat gambarnya bergerak agar penjelasan proses kerjanya bisa lebih jelas.

Sebenarnya software untuk merekam layar monitor itu cukup banyak dan beragam dan hasil rekamannya berupa file video berextensi mp4, mpg, flv, 3gp, dan lain-lain tapi sotware-software tersebut terlalu berat dan file hasil rekamannya cukup besar jika hanya untuk digunakan merekam tutorial cara merekam layar misalnya, yang tidak membutuhkan hasil rekaman bergrafis tinggi. Cukup file berekstensi GIF sudah sangat lebih dari cukup.

Ada cara yang lebih mudah dan praktis untuk merekam segala aktifitas dilayar desktop komputer atau laptop dan menyimpannya dalam format GIF sehingga mudah untuk didistribusikan karena ukuran filenya relatif kecil.

Untuk merekam aktifitas dilayar monitor anda membutuhkan sebuah software yang bernama LICEcap. Software ini gratis dan cukup ringan dijalankan, file instalernya pun cukup kecil hanya sekitar 200Kb. Penggunaanya pun sangat mudah.

Sebelumnya silakan download Software LICEcap di website http://www.cockos.com/licecap/

Setelah selesai download langsung saja instal softwarenya proses instalasinya sangat mudah. Salanjutnya anda pun sudah dapat memanfaatkan LICEcap untuk merekam aktifitas dilayar monitor komputer atau laptop anda.

Cara merekam aktifitas layar Desktop

Sedikit keterangan mengenai interface LICEcap yang minimalis. Disitu terdapat tombol
Record dan tombol Stop yang nangkring manis dipojok kanan bawah.
klik Record untuk mulai merekam layar monitor, masukan nama file dan simpan. kemudian proses merekam akan berjalan hingga anda menekan tombol Pause atau Stop yang sudah disediakan.

Cara merekam aktifitas layar Desktop

Kemudian dibagian kiri bawah terdapat pengaturan ukuran layar yang akan direkam berserta nilai FPS (frame per second) yang dapat anda atur sesuai kehendak. makin besar FPS nya tentu makin halus gambar yang dihasilkan tapi ukuran file-nya pun akan semakin besar.

Cara merekam aktifitas layar Komputer atau Laptop

Selain itu, sepertinya tidak ada yang perlu dijelaskan lagi, karena software ini sangat User Friendly.
Demikianlah cara merekam aktifitas layar di monitor komputer atau laptop dan menyimpannya dalam format GIF. Semoga bermanfaat.



10 Responses to "Cara merekam aktifitas layar Komputer atau Laptop"

  1. Info yang sangat bermanfaat. Jujur bos, saya baru tahu nih. Makasih

    ReplyDelete
  2. ini yang saya cari mulai kemarennya gan., cari yg berformat gif

    nice info buat agan AAN SATRIA

    ReplyDelete
    Replies
    1. selamat yaa gan, sudah ketemu apa yang dicari. semoga bermanfaat dan sukses selalu :)

      Delete
  3. keren gan ...
    ternyata adalagi software yang lain untuk buat hal ini.

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya gan, adalagi software buat referensi kalo sdh bosan dengan software lainnya :)

      Delete
  4. wah sip ini
    bisa merekam komputer dengan mudah
    terima kasih ya

    ReplyDelete
  5. terima kasih artikelnya
    sekarang rekam desktop jadi lebih mudah
    bisa langsung ke tkp

    ReplyDelete
    Replies
    1. terima kasih kembali gan.
      sukses selalu....

      Delete

Silakan tinggalkan komentar anda.