Rallycross, cabang unik dari dunia Balap Mobil

Rallycross merupakan ajang balap mobil yang menampilkan aksi para pembalap dalam melintasi trek dari berbagai kondisi yang terdiri dari trek aspal dan trek tanah dan juga ditambah dengan tabletop untuk menampilkan aksi yang lebih seru bagi penonton.

Mobil yang digunakan pada balapan ini tidak jauh berbeda dengan mobil-mobil jenis rally lainnya. Hanya saja tentu setingan mesinnya berbeda karena sirkuit yang dilalui pun berbeda

Rallycross berbeda dari balap mobil World Rally Championship (WRC) ataupun World Touring Car Championship (WTCC), Rallycross sedikit mengadopsi gaya race pada motorcross dimana trek yang dilalui ditambah dengan adanya tabletop membuat balapan ini mirip dengan balap motorcross hanya saja dalam versi mobil.

Mobil mobil pada ajang rallycross menggunakan mobil produksi masal yang telah melalui berbagai macam modifikasi agar memenuhi standar mobil balap secara umum. Seperti peningkatan kemampuan mesin, chasis, dan fitur keselamatan seperti rollbar dan sejenisnya. Selain itu juga mobil balap rallycross harus mampu melompat melewati tabletop dan bersenggolan dengan mobil lain tanpa mengalami kerusakan yang berarti.

Rallycross cabang unik dari dunia Balap Mobil

Mesin pada mobil Rallycros, mampu menyemburkan tenaga hingga 600hp, dengan kemampuan melesat dari 0 ke 60mph atau sekitar 90Kpj dalam waktu 1.9 detik.

Keunikan lainnya dalam ajang Rallycross ini adalah terletak pada sirkuitnya.
Dibeberapa bagian sirkuit dipasang jalur shortcut yang jarak tempuhnya lebih pendek dari jalur aslinya. Biasanya jalur shortcut ini di sediakan pada bagian tikungan terakhir menjelang garis finish.

Bisa juga ditemukan pada Tikungan yang berbentuk hairpin dimana jalur dibagian dalam disisipkan jalur shortcut yang jaraknya tentu lebih pendek dari jalur sebenarnya sehingga dapat memangkas waktu tempuh. Namun jalur ini hanya boleh dilalui sekali saja untuk setiap pembalap per race. Strategy penggunaan jalur shortcut inipun dapat dijadikan jurus pemungkas untuk memenangkan perlombaan, dan menyajikan tontonan yang seru bagi penikmatnya. Mereka menyebutnya Short Lane atau Joker Lane.

Rallycross cabang unik dari dunia Balap Mobil,joker lane,

Meskipun begitu, joker lane tidak selamanya akan memudahkan pembalap. Di beberapa sirkuit, joker lane memberi tantangan tersendiri bagi pembalap karena jalurnya malah lebih sulit dilalui di bandingkan jalur normal dan setiap pembalap wajib melewatinya satu kali setiap balapan berlangsung.

Balap rallycross biasanya diikuti 4-8 pembalap bahkan lebih saat babak penyisihan untuk sekali star.dan jumlah lap yang harus ditempuh antar 4-10 lap per race. Perebutan posisi pertama pada tikungan awal balapan akan menjadi modal pertama bagi pembalap untuk meraih podium, tapi strategy pembalap pun harus mumpuni untuk dapat melenggang ke puncak podium, seperti pemilihan saat yang tepat untuk mengambil Joker Lane.

Tikungan tajam trek basah maupun kering, trek tanah dan aspal harus dapat dilalui dalam waktu singkat. Kemampuan pembalap dan setingan mobil yang tepat menjadi senjata utama bagi setiap team untuk memenangkan balapan.

Aksi senggol sundul melompat berebut posisi ditikungan pertama menjadi sajian menarik di balap mobil rallycross. Sedikit senggolan bukan masalah berarti dalam balapan ini, yang terpenting bagaimana mencapai garis finish di urutan terdepan. Meski begitu Rallycross juga memiliki aturan penalty bagi pembalap yang melanggar, seperti jump start, atau penggunaan Joker lane melebihi ketentuan, dan juga bagi pengemudi yang membahayakan pembalap lainnya.

Meskipun bersenggolan menjadi hal yang wajar, bukan berarti boleh menabrak mobil lawan dengan sengaja ataupun ugal-ugalan. Dan bagi pembalap yang melanggar di wajibkan masuk ke Penalty Box dalam jangka waktu tertentu. Hal ini seperti penalty yang dijatuhkan pada pembalap F1, namun pada F1, pembalap yang melanggar di hukum melalui jalur pit lane.

Ajang seru bagi anda peminat dunia otomotif yang mulai bosan dengan ajang balap mainstream seperti F1 yang sepertinya sudah mulai kurang kompetitif. Alternative bagi anda yang menyukai balapan seru yang menampilkan kemampuan terbaik sang pembalap yang di padu dengan garangnya mobil balap rallycross tanpa bantuan elektronik control yang berlebihan. Tidak ada bahasan traksi control di rallycross.

Demikian cerita mengenai cabang unik dari dunia balap mobil. Rallycross.
Semoga bermanfaat.



0 Response to "Rallycross, cabang unik dari dunia Balap Mobil"

Post a Comment

Silakan tinggalkan komentar anda.