Robot dan Manusia dalam kehidupan nyata

Perkembangan teknologi telah mengarah ke robotisasi dalam segala bentuk pekerjaan dan aktifitas. Telah banyak aktifitas rumit dan beberapa proses berbahaya yang pengerjaannya dibantu oleh robot.

Dalam film-film fiksi telah banyak beragam film yang mengangkat tema kehidupan robot dan manusia. Ada yang saling berperang, ada juga yang saling bekerja sama.

Robot dan Manusia dalam kehidupan nyata pun mulai menjalin hubungan yang saling menguntungkan. Tidak hanya untuk membantu pekerjaan berat, Robot pun mulai masuk ke pelbagai segmen kehidupan manusia.

Para peneliti butuh robot untuk memasuki area berbahaya yang penuh dengan gas beracun. Pabrik konstruksi membutuhkan bantuan robot untuk melakukan proses peleburan baja yang suhu kerjanya sangat berbahaya bagi manusia.

Pabrik perakitan mobil butuh bantuan robot untuk mengerjakan komponen mobil yang membutuhkan tingkat presisi tinggi dan dilakukan berulang-ulang sekaligus mempercepat proses produksi. Robot featuring manusia dalam proses produksi sangat membantu untuk menghasilkan produk masal dalam waktu cepat.

Ada juga robot yang dapat membantu pekerjaan dirumah seperti robot pengepel lantai yang dapat bekerja otomatis membersihkan lantai dalam rumah. Bahkan ritel terbesar sekelas amazon pun memanfaatkan jasa robot Kiva untuk memudahkan pegawainya melayani setiap pesanan dari seluruh dunia.

Robot dan Manusia

Jika sebelumnya karyawan amazon harus berjalan hingga puluhan kilometer melewati lorong-lorong rak penyimpanan barang untuk mengambil barang pesanan , dengan adanya robot Kiva hal tersebut sudah tidak terjadi lagi.

Masih banyak lagi peran robot dalam memudahkan tugas manusia. Bahkan memasak sushi pun sekarang sudah mulai bisa dilakukan oleh mesin otomatis yang biasa juga dikenal dengan sebutan robot.

Disatu sisi penggunaan robot pada suatu proses produksi maupun perusahaan dapat meningkatkan produktifitas perusahaan, tetapi disisi lain dengan adanya robot yang menggantikan tugas manusia maka akan mengurangi jumlah lapangan kerja yang akhirnya meningkatkan angka pengangguran pada suatu wilayah. Sehingga secara tidak langsung Manusia harus bersaing dengan Robot dalam mencari pekerjaan, Robot vs manusia.

Mungkin suatu saat robot tempur seperti pada film Avatar akan mungkin terwujud.



Demikianlah sedikit kisah manusia dan robot semoga bermanfaat.



0 Response to "Robot dan Manusia dalam kehidupan nyata"

Post a Comment

Silakan tinggalkan komentar anda.