Antara Laptop, Notebook dan Netbook

Pada dasarnya secara umum semua komputer jinjing di kenal dengan sebutan Laptop, entah itu Notebook ataupun Netbook. Namun terdapat perbedaan yang mendasar antara Notebook dan Netbook.

Secara fungsi keduanya memang tidak jauh berbeda, karena sangat membantu mendukung aktifitas penggunanya melakukan proses komputing dimana pun berada. tapi kalau diperhatikan terdapat perbedaan yang mencolok antara Netbook dan Notebook.

Apa saja poin penting yang membedakan antara Notebook dan Netbook, mari kita simak uraian singkatnya berikut ini.

Notebook
Notebook merupakan komputer jinjing yang memiliki kemampuan hampir setara dengan komputer desktop, baik dari segi grafis, prosesor, disk penyimpanan dan kemampuan lainnya secara keseluruhan. Beberapa Notebook di desain mampu menjalankan tugas berat, memainkan game-game berat bahkan harga jual Notebook kelas kakap dapat setara dengan harga sepeda motor baru.

Antara Laptop, Notebook dan Netbook,alienware,

Khususnya Laptop gaming yang didesain dan dirancang untuk mampu bekerja maksimal menjalankan game-game generasi terbaru yang membutuhkan dukungan hardware berkemampuan tinggi untuk dapat menampilkan grafis game yang baik dan lebih realis sesuai spek minimum game tersebut.

Netbook
Netbook di ciptakan untuk memudahkan penggunanya mengerjakan tugas office ringan secara mobile. Netbook berukuran cukup kecil, biasanya menggunakan layar dengan ukuran 10 hingga 12 inch. Kemampuan nya dalam menjalankan aplikasi cukup terbatas. Karena kemampuannya yang terbatas, beberapa netbook akan kesulitan jika digunakan menjalankan aplikasi sekelas Corel ataupun Photoshop apalagi menjalankan game yang membutuhkan grafis medium hingga tinggi.

Harga jual Netbook cenderung lebih murah dibanding Notebook, karena memang fitur-fitur didalamnya dibuat sedemikian rupa agar nyaman di kantong. Dan peruntukannya hanya membantu pekerjaan komputing ringan.

Hal yang paling mudah terlihat untuk membedakan antar Notebook dan Netbook dapat dilihat dari ukuran fisik kedua laptop tersebut. Ukuran Netbook cenderung lebih kecil dibanding Notebook. Umumnya Netbook menggunakan ukuran layar 10 inch sedangkan notebook menggunakan layar ukuran 14-15inch.

Perbedaan lain yang mudah terlihat adalah tidak adanya fasilitas dvdroom pada Netbook. Selain itu rentang harga jual Netbook baru dikisaran 2jt-3jt rupiah dengan prosesor Atom atau celeron.

Untuk lebih jelasnya mari kita lihat perbedaan spek antara Netbook dan Notebook secara garis besar.

Antara Laptop, Notebook dan Netbook

Demikianlah cerita antara Laptop, Netbook dan Notebook. Semoga anda tidak bingung lagi membedakan ketiga istilah tersebut. Sehingga anda dapat mempertimbangkan untuk membeli laptop sesuai kebutuhan.

Jika anda hanya perlu laptop untuk membantu menyelesaikan tugas kantor saat sedang mobile atau saat sedang terjebak macetnya Ibukota, mungkin Netbook bisa dijadikan pilihan karena ukurannya yang kecil, ringan dan ringkas sehingga tidak terlalu mengganggu pergerakan anda.

Tapi jika anda butuh laptop selain untuk membantu pekerjaan kantor seperti untuk bermain game saat senggang atau memutar lagu kenangan dari keping CD, atau mengerjakan pekerjaan desain grafis di photoshop ataupun corel atau membutuhkan segala fitur di komputer desktop dalam laptop, mungkin Notebook sangat tepat untuk dijadikan pilihan.

Sebenarnya ada lagi satu generasi laptop terbaru yang menggabungkan kelebihan Notebook dan Netbook dalam satu laptop yang diberi nama Ultrabook. Ultrabook didesain sangat tipis dan ringan yang tentu saja hal ini merupakan keunggulan yang di miliki Netbook. Tapi memiliki fitur yang lengkap layaknya Notebook bahkan kemampuannya melebihi Notebook..

Yang terpenting sesuaikan kebutuhan dan budget anda dalam memilih Laptop. Memilih Netbook atau Notebook mungkin tidak sesulit memilih antara laptop dan komputer karena keduanya sama-sama berguna untuk mendukung aktifitas saat mobile. Semoga bermanfaat.



0 Response to "Antara Laptop, Notebook dan Netbook"

Post a Comment

Silakan tinggalkan komentar anda.