Fakta mengejutkan dibalik baut oli Mio GT

Apakah anda pernah mencoba mengganti sendiri Oli mesin pada Mio GT kesayangan.

Untuk menghemat biaya perawatan, sekali-kali kita perlu mengganti oli motor sendiri dirumah. Selain berhemat melalui upaya menghemat bahan bakar pada kendaraan bermotor.

Mengganti sendiri Oli Mesin Mio GT memerlukan waktu yang lumayan lama, karena Ternyata baut untuk Tap (pembuangan) Oli yang ada dibawah Mesin Mio GT hanya menggunakan baut berukuran 10mm.

Hal ini mebuat aliran Oli mesin sangat lambat keluar. Jadi untuk mengganti Oli mesin Mio GT memerlukan setidaknya 30 menit hanya untuk menunggu oli mesin keluar sepenuhnya melalui saluran pembuangan oli mesin Mio GT.

Sedangkan untuk Oli Transmisi relatif lebih cepat karena baut pembuangannya menggunakan baut 12mm selain itu kekentalan oli transmisi lebih rendah dari pada Oli Mesin Mio GT sehingga lebih mudah mengalir keluar mesin.

Sebenarnya hal ini cukup unik, karena pada umumnya baut pembuangan oli biasanya menggunakan baut 12mm, bahkan ada beberapa yang menggunakan baut 14mm dan berada dibagian bawah mesin.

Jadi jika anda ingin mencoba mengganti sendiri Oli Mesin pada Mio GT, sebaiknya anda menyiapkan waktu yang cukup luang.

Atau mungkin anda perlu memanaskan sebentar mesin Mio anda Tapi tidak perlu terlalu panas karena akan menyulitkan anda nantinya saat berinteraksi dengan baut pembuangan Oli.

Fakta mengejutkan dibalik baut oli Mio GT

Dengan memanaskan sebentar mesin motor diharapkan Oli menjadi sedikit encer sehingga mudah keluar melalui saluran pembuangan yang kecil tersebut. Dan Oli mesin mio GT pun siap untuk di keluarkan.

TAPI tunggu dulu!!, sebelum anda benar-benar yakin bahwa baut pembuangan Oli Mio GT cukup kecil dan hanya disumbat dengan baut 10' di bagian bawah mesin. Sebaiknya kita simak dulu fakta uniknya.

Apa Fakta uniknya? Fakta uniknya adalah; baut pembuangan Oli pada mesin Mio GT ada tiga buah, dan baut kecil tersebut bukanlah baut pembuangan oli yang sebenarnya. Memang baut kecil berukuran 10 itu bisa dibuka untuk membuang oli mesin namun bukan untuk keperluan penggantian Oli mesin secara berkala.

Fakta mengejutkan dibalik baut oli Mio GT

Untuk penggantian Oli mesin secara berkala, Mio GT telah menyediakan saluran pembuangan yang lebih longgar disisi bagian kiri mesin sepeda motor Mio. Ukuran baut pembuangan ini lebih besar layaknya baut pembuangan oli pada umumnya.

Terus kenapa harus ada tiga saluran pembuangan Oli pada Mio GT? Begini cerita menurut buku panduan resmi Mio.

ganti oli motor mio gt

Pada mesin Mio GT terdapat tiga baut pembuangan untuk membantu proses mengganti oli mesin dan pembersihan saringan Oli.

Fakta mengejutkan dibalik baut oli Mio GT

Jadi jika anda hanya ingin mengganti Oli secara berkala, anda hanya perlu membuka baut disisi kiri mesin Mio GT. Tapi perlu berhati hati karena di balik baut tersebut terdapat pegas dan saringan oli yang bisa saja terhempas (jepat) jika anda tidak membukanya dengan perlahan.

Melalui saluran ini dijamin proses pergantian Oli mesin Mio GT anda tidak memakan waktu yang lama. Setelah semua Oli yang ada dalam mesin habis terkuras (mungkin Anda perlu mengoyang-goyangkan dan sedikit memiringkan motor untuk memastikan Oli mesin telah keluar semua), tutup kembali saluran pembuangan Oli dan isikan oli baru melalui saluran di bagian kanan mesin Mio.

Sebelum menutup kembali saluran pembuangan Oli mesin Mio, pastikan urutan pemasangannya tidak terbalik. Pasang baut penutup Pembuangan Oli dengan urutan; Saringan Oli, per penekan, O-ring, Baut.

Fakta mengejutkan dibalik baut oli Mio GT

Tapi jika anda ingin mengganti Oli sekaligus membersihkan saringan Oli, maka anda perlu membuka semua baut pembuangan Oli yang ada. Agar Oli yang ada dalam mesin keluar seluruhnya.

Setelah semua oli lama telah keluar dan saluran pembuangan telah tertutup rapat barulah anda bisa memasukan oli baru melalui saluran pengisian oli mesin yang ada di sebelah kanan motor dengan bantuan corong plastik atau benda lain yang mungkin bisa digunakan sebagai corong.

Fakta mengejutkan dibalik baut oli Mio GT, mengganti oli mio gt, ganti oli motor


Mengganti Oli mesin merupakan perawatan rutin pada kendaraan bermotor agar dapat tetap berfungsi dengan baik. Dengan perawatan rutin, motor yang pada umumnya sudah menggunakan teknologi Injeksi bisa lebih awet sehingga anda pun nyaman dan aman berkendara tanpa khawatir motor mengalami masalah saat di perjalanan apalagi kalau sampai motor Injeksi tiba-tiba mogok.

Demikianlah Fakta mengejutkan dibalik Baut Oli Mio GT.
Apakah Anda terkejut? "I dont think so."
Semoga bermanfaat.