Kenapa tidak Windows 10 saja

Seperti kita ketahui bersama, windows akan mengakhiri perjalanan versi windowsnya di angka 10. Yang berarti tidak akan ada lagi generasi windows selanjutnya dalam bentuk angka, meskipun bukan berarti windows akan berhenti update. Hanya saja rilisan update terbaru tidak akan menggunakan penomeran seperti windows 11, 12 dst, jadi bisa dibilang Windows 10 lah yang terakhir.

Sebagai versi pemungkas, Windows 10 dirancang maksimal dengan mengkombinasikan kekuatan windows 7 dan windows 8. Stabilitas yang dimiliki windows 7 dengan tampilan antar muka dan fitur canggih dari windows 8 membuat windows 10 layak untuk di pasang pada laptop atau komputer kesayangan anda.

Namun sebelum memasang windows 10, mungkin ada baiknya anda melihat beberapa hal yang mungkin dapat dijadikan pertimbangan sebelum anda benar-benar beralih ke windows 10.

Kenapa tidak Windows 10 saja

Tentang kompatibilitas
Kompatibilitas software yang digunakan pada komputer anda, seperti saat windows 7 dirilis, masih banyak software ataupun game yang tidak kompatible dan terpaksa harus di seting Run this program in compatibility mode for:

Kenapa tidak Windows 10 saja

Membutuhkan beberapa waktu hingga mendapatkan update dari beberapa software yang digunakan, bahkan beberapa software atau game membutuhkan waktu bertahun-tahun untuk merilis versi yang kompetible dengan windows 7. Dan beberapa game jadul malah tetap tidak kompetible dengan windows 7.

Anda perlu bersabar untuk mendapatkan versi update dari software atau game yang anda miliki.
Satu hal yang terpenting adalah driver dari komputer atau laptop yang anda gunakan apakah sudah siap dan bisa di instal pada windows 10. Jika vendor komputer atau laptop maupun aksesoris seperti VGA yang anda gunakan belum melakukan update driver mungkin anda perlu bersabar sebelum menggunakan windows 10.

Tentang Minimum requirement
Meskipun tidak jauh berbeda dengan minimum requrement untuk menjalankan windows 7, tapi ada beberapa fitur pada windows 10 yang tidak akan berjalan sempurna jika spek komputer atau laptop anda tidak memenuhi kriteria. Sebut saja seperti fitur touch screen yang tidak mungkin jalan dilayar monitor standar.

Secara umum spek minimum yang dibutuhkan untuk menjalankan windows 10 antara lain:
• Processor: 1 gigahertz (GHz) or faster processor or SoC
• RAM: 1 gigabyte (GB) for 32-bit or 2 GB for 64-bit
• Hard disk space: 16 GB for 32-bit OS 20 GB for 64-bit OS
• Graphics card: DirectX 9 or later with WDDM 1.0 driver
• Display: 800x600

Tentang Antar muka yang berbeda
Seperti kita ketahui pada windows 8 yang memiliki sedikit perbedaan antar muka yang dapat membuat pengguna awam sedikit bingung menggunakannya. Butuh sedikit penyesuaian dan adaptasi saat pertama kali menggunakan. Jika anda pengguna aktif yang bergantung dengan komputer dalam aktifitas sehari-hari mungkin anda perlu waktu luang untuk beradaptasi dengan tampilan baru windows 10.

Kecuali jika anda sudah terbiasa menggunakan windows 8 series, mungkin anda tidak mengalami kesulitan mengoperasikan windows 10.

Tentang Budget untuk upgrade atau membeli Windows 10
Meskipun pada tahun pertamanya, para pengguna windows 7 dan windows 8 diberi kesempatan upgrade gratis, namun masalah budget tentu harus menjadi perhatian khusus sebelum anda melakukan upgrade atau memilih menggunakan windows 10 yang mungkin akan dibanderol sekitar $100-$140.

Untuk Upgrade yang gratis pun anda perlu mempersiapkan koneksi internet yang stabil dan cepat, menurut keterangan Microsoft, transfer data pada proses upgrade mencapai 3GB.
A metered Internet connection is when a service provider charges by the amount of data sent and received by your PC. Windows 10 is a large file: about 3 GB. Before you start the download on a metered Internet connection, be sure to:
  • Check your current usage, and then figure out if this download might result in additional charges.
  • Allow enough time for the download to finish. Most people with a broadband Internet connection complete the download in an hour or two, but download times will vary based on your connection speed and other factors.
Untuk informasi lebih jelasnya anda dapat mengunjungi
http://www.microsoft.com/en-us/windows/windows-10-specifications
Update Rutin
Windows 10 melakukan update secara berkala untuk memaksimalkan kinerja windows 10 dan melakukan perbaikan yang diperlukan terkait kinerja system windows secara keseluruhan.

Proses update ini akan berlangsung secara otomatis dan pada beberapa versi windows 10, seperti Home Version, fitur Auto Update tidak dapat di nonaktifkan. Update system tentu memerlukan koneksi internet sehingga berpotensi mengganggu kenyamanan koneksi internet anda. Terlebih lagi bagi anda yang berlangganan paket internet berbasis Kuota.

Hal ini tentu perlu menjadi perhatian, karena beberapa fitur windows 10 pun membutuhkan koneksi internet dan bekerja di belakang layar tanpa anda sadari. Kuota internet Anda akan cepat habis jika anda tidak mematikan beberapa aplikasi maupun Update system yang sekiranya kurang dibutuhkan.

Jadi Untuk sementara saya akan tetap menggunakan windows 7 saja, mengingat, menimbang, memperhatikan bahwasanya windows 7 termasuk salah satu OS buatan Microsoft yang paling stabil dengan kompatibilitas software yang banyak. Ditambah lagi laptop jadul saya tidak bisa menggunakan fasilitas usap layar (touchscreen) yang menjadi salah satu unggulan Windows 10.

Bagaimana menurut Anda?
Semoga bermanfaat.



0 Response to "Kenapa tidak Windows 10 saja"

Post a Comment

Silakan tinggalkan komentar anda.