Memperbaiki penutup baterai Kamera Digital yang rusak

Kamera digital atau biasa dikenal dengan sebutan kamera pocket menjadi barang yang dibutuhkan untuk mengabadikan momen spesial.

Meskipun keberadaannya sekarang sudah mulai tergeser dengan kamera handphone dan kamera smartphone yang memiliki kemampuan yang tidak kalah dengan kamera pocket.

Memelihara kamera digital memerlukan perhatian khusus karena kamera jenis ini agak rawan akan benturan ataupun perlakuan tidak normal.

Salah satu bagian kamera digital yang dapat mengalami kerusakan adalah bagian penutup baterainya, khususnya bagi kamera pocket yang masih mengandalkan Baterai AA sebagai sumber dayanya.

Karena tekanan pegas penekan baterai cukup kuat sehingga dapat membuat pengait pada tutupnya patah jika tidak diperlakukan dengan hati-hati. Proses pergantian baterai yang terburu-buru juga dapat berpotensi membuat pengait pada penutup baterai rusak/patah.

Hal ini membuat fungsi kamera digital sedikit terganggu karena baterai AA yang terpasang tidak sempurna, yang disebabkan penutupnya tidak dapat menutup dengan baik atau bahkan sudah tidak dapat menutup sama sekali.

Sehingga akhirnya membuat kamera digital tidak dapat digunakan lagi karena tidak mendapatkan sumber daya dari baterai.

Untuk mengatasi hal ini, sedikit upaya dapat ditempuh agar penutup baterai pada kamera digital dapat tertutup dengan sempurna.

Contoh kasus, kamera pocket Nikon Coolpix yang penutupnya tidak menutup sempurna sehingga tidak berfungsi normal karena pengaitnya ada yang patah. Mungkin juga dapat di aplikasikan ke Kamera digital jenis lain yang bernasib sama.

Memperbaiki penutup baterai Kamera Digital yang rusak

Bahan-bahan yang diperlukan
  • Siapkan satu pasang kancing tindis yang biasa di temukan pada pakaian. Tapi, beli yang baru saja jangan mengambil dari pakaian yang sudah ada. Nanti kamera beres, malah ganti pakaiannya yang perlu perbaikan.
  • Tali atau benang agak tebal, bisa pakai benang jahit khusus jeans atau tali gantungan handphone.
  • Benda tajam untuk melubangi bagian penutup kamera. Bisa menggunakan paku tripleks yang nantinya akan dipanasi menggunakan lilin untuk membuat lubang.

Memperbaiki penutup baterai Kamera Digital yang rusak
Proses pengerjaan
  • Pertama-tama buatlah lubang pada penutup baterai kamera digital menggunakan paku tripleks yang sudah di panaskan dengan lilin. Buat lubang kecil saja, kira-kira benang dapat masuk kedalamnya.
  • Kemudian rangkaikan benang jeans pada salah satu bagian kancing tindis, dan masukan benang pada lubang yang baru di buat tersebut.
  • Simpul salah satu ujung bagian benang pada bagian dalam penutup baterai kamera digital agar benang tidak dapat keluar dari lubang.
  • Selanjutnya simpulkan benang pada sisi lainnya dari kancing tindis dan ikatkan pada bagian tempat menyelipkan gantungan kamera digital.
  • Atur sedemikian rupa panjang benang agar penutup baterai dapat menutup sempurna saat kancing tindis disatukan.
Untuk lebih jelasnya, ilustrasi gambar berikut mungkin dapat membantu memberi gambaran bagaimana bentuk kancing tindis saat terpasang pada kamera.

Memperbaiki penutup baterai Kamera Digital yang rusak

Kamera digital pun siap digunakan kembali untuk berburu objek dan momen spesial sebagaimana mestinya.

Demikianlah cara memperbaiki penutup baterai yang tidak dapat menutup sempurna pada kamera digital akibat pengaitnya rusak atau patah. Semoga bermanfaat.



0 Response to "Memperbaiki penutup baterai Kamera Digital yang rusak"

Post a Comment

Silakan tinggalkan komentar anda.