Penasaran berapa sebenarnya harga motor MotoGP

MotoGP menggunakan motor yang memiliki desain yang dapat memikat sebagian besar penghobi motor di sleuruh dunia. Belum lagi kemampuannya melesat membelah panasnya aspal sirkuit, membuat sebagian orang bermimpi untuk memiliki motor canggih ini.

Apakah Anda termasuk orang yang suka Moto gp atau tidak suka motoGP? Bagi anda yang menyukai motogp, mungkin anda juga sempat mengimpikan untuk mengendarai atau bahkan memiliki motor yang digunakan salah satu idola anda di ajang motoGP.

Sebenarnya, apakah ada harapan mengendarai bahkan memiliki motor balap sekelas MotoGP yang konon katanya menggunakan bahan bakar tanpa timbal beroktan 100 ini?
Anda dapat memiliki kendaraan dengan teknologi, bentuk, bahkan fitur yang mirip dengan motor yang digunakan di motoGP. Walaupun telah melewati proses Downgrade dan penambahan fitur untuk membuat motor ini layak mengaspal dijalanan umum.

Kalau mengintip banderol di label harganya, mungkin Anda bertanya-tanya, Kenapa motor di motogp ini bisa di banderol dengan harga yang berbeda dibanding motor lainnya. Begini beberapa alasan yang membuatnya berharga “unik” (baca:mahal).

Karena motor MotoGP adalah hasil Buatan tangan (Hand Made). “Masa iya motor secanggih itu buatan tangan.” Mungkin seperti lamborghini yang buatan tangan, Motor-motor di motoGP pun hasil buatan tangan yang dirancang dan dirakit dengan teliti oleh para ahli di bidangnya masing-masing.

Tapi jangan berpikir bahwa semua komponen motor di buat dengan tangan, seperti blog mesin yang digetok getok, pahat sana-sini dari bongkahan besi menjadi sebuah blog mesin. Ataupun Piston yang di gerinda kanan-kiri bor sana-sini secara manual, tentu bukan seperi itu proses sebenarnya.

Komponen yang jarang dan Bahan material yang mahal. Bahan bahan pembentuk motor terdiri dari bahan terbaik yang ada didunia untuk menghasilkan sepedamotor yang kuat namun tetap ringan. Sebut saja bahan-bahan seperti Titanium, magnesium, dan carbon fiber kualitas terbaik merupakan bahan utama pembentuk motor motoGP.

Technology. Teknologi yang digunakan pada motor Motogp merupakan teknologi canggih yang paling canggih yang pernah terpasang pada sepeda motor.

Salah satu contoh yang paling mudah ditemukan dan diamati adalah teknologi canggih Onboard cam pada motor motogp yang mampu menangkap gambar dengan sempurna yang kemudian di streaming keseluruh dunia meskipun motor melaju lebih dari 300Kpj. Anda pernah mencoba merekam pemandangan dari dalam mobil yang sedang melaju? Bagaimana hasilnya?

Biaya Riset. Belum lagi biaya riset dan pengembangan teknologi yang tiada henti Yang membuat sebuah motor motogp menjadi semakin tidak ternilai harganya.

Motor motogp dibangun khusus hanya untuk satu orang saja. Seperti motor V.Rossi dibangun khusus untuk sesuai dengan gaya balap dan postur tubuh V.Rossi. Jika anda menjadi salah satu orang penting di DORNA atau pejabat tinggi FIM (Federation Internationale de Motocyclisme), jangan memaksakan Carl Crutchlow membalap menggunakan motor Danny Pedrosa tanpa persiapan dan seting khusus.

Sebelum benar-benar membeli, mungkin anda ingin melihat lihat bagaimana bentuk motor motoGP versi jalanan yang sudah ditambahkan kelengkapan agar layak melaju dijalanan umum seperti kaca spion, dan lampu sein serta indikator lainnya.

Honda rc213v-s. motor versi jalanan dari tunggangan Marques dan Pedrosa di MotoGP. Dibekali mesin 4 langkah, DOHC, kapasitas 999cc. Dengan Rasio kompresi 13:1, jangan harap nraktir do’i dengan Premium, dijamin ngambek gak mau diajak rebahan.

Penasaran berapa sebenarnya harga motor MotoGP,honda rc213v-s,
http://www.rc213v-s.com/

Yamaha YZF-R1M. motor versi jalanan dari motor Lorenzo dan Valentino Rossi di motoGP. Menggendong mesin 4 langkah 998cc, berpendingin air. Juga dilengkapi Launch Control System, Traction Control dan berbagai fitur serta sensor canggih lainnya.

Yamaha YZM R1M
yamaha-motor.eu
Kalau tertarik dan iseng-iseng ingin mendaratkannya ke garasi silahkan lihat-lihat di website resminya.

Jadi berapa sebenarnya harganya motor motoGP? Sepertinya murah saja, jika dibandingkan dengan replikanya. Sebut saja yamaha YZM R1M yang merupakan duplikat motor balap Yamaha di motoGP yang dibanderol 21.990 (dua puluh satu ribu sembilan ratus sembilan puluh) saja, sangat murah bukan. Kita lupakan sejenak mata uang yang biasa dijadikan gelar yang tersemat didepan deretan angka tersebut. Anggap saja KURS hanyalah sebuah dongeng fiksi yang keberadaannya masih Debatable.

Bisa dibayangkan harga motor motoGP asli, yang mungkin hanya beberapa puluh kali lipat diatasnya. Karena untuk versi jalanan, pastilah sudah mengalami proses Downgrade agar standart safety terpenuhi dan biaya produksi dapat ditekan sedemikian rupa.
Sekedar informasi, Harga Mesin Motogp asli yang berlaga di ajang balap paling bergengsi itu bisa mencapai 2M, belum termasuk komponen motor lainnya.

Jadi bagaimana? Tertarik memiliki dan menungganginya. Dua petak sawah dan seekor sapi mungkin lebih dari cukup untuk membawa pulang salah satu bagian motor motoGP kerumah.



9 Responses to "Penasaran berapa sebenarnya harga motor MotoGP"

  1. Ternyata harganya murah ya kang, saya baru tahu tuh :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya murah yaa kang, g sampai jual kebon tetangga :D

      Delete
  2. weh, harganya kurang lebih Rp.285jt kurs 13000

    ReplyDelete
  3. Itu hrg replikanya kl asliny nyampe 20 m.mesinny aj bs 2 m an.

    ReplyDelete
  4. Pernah baca blog tmcblog, katanya gearbox nya aja lebih mahal dari rumah mevah, wkwk

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mas harganya tak ternilai sebenarnya krn motor langka dan dibangun khusus. menurt mas Toni di atas, mesinnya aja sampai 2M an, bisa dapat rumah Mevah (MEVet SawAH) beserta sawah sekalian isinya kali yaa. hehehe

      Delete
  5. hahahah sawah 1hektar ama sapi satu cukup gk kang buat beli

    ReplyDelete
    Replies
    1. seharusnya cukup kang, asal sawah sendiri bukan sawah tetangga. kalau sapinya sih bebas, mau pake punya pak lurah juga gpp :D:D

      Delete

Silakan tinggalkan komentar anda.