Cara menghapus ikon apilkasi android

Aplikasi android di play store sangatlah banyak sekali. Saking banyaknya tak jarang pengguna handphone android menjadi kalap dan latah mendownload aplikasi apa saja yang dirasa perlu atau bahkan tidak penting hingga membuat kinerja handphone menurun, karena RAM sudah sesak dengan berbagai aplikasi ataupun game android yang terinstal di handphone.

Terkadang hal aneh pun terjadi pada handphone android dimana aplikasi yang sudah di uninstal masih menyisakan ikon shortcutnya dijajaran menu utama. Hal ini kadang sedikit mengganggu. Setidaknya hal ini terjadi pada handphone android Oppo. dan ketika ikon tersebut di sentuh (tap) maka hanya akan muncul notifikasi bahwa aplikasi belum terpasang.

Cara menghapus ikon apilkasi android

Bagaimana menghapus ikon aplikasi android yang tersisa di daftar menu handphone Oppo? Sebenarnya caranya cukup mudah.

Anda dapat masuk ke menu Setting kemudian pilih Kelola aplikasi

Cara menghapus ikon apilkasi android

Pada menu kelola aplikasi, pilih pada sub menu Semua aplikasi. Kemudian pilih Oppo launcher.

Cara menghapus ikon apilkasi android

Kemudian pada tampilan menu Oppo launcher tap atau sentuh pada opsi hapus data (clear data)

Cara menghapus ikon apilkasi android

Selesai... mudah bukan, dan ikon aplikasi yang sudah tidak aktif telah hilang dari daftar menu. Pengaturan menu dilayar utama mungkin berubah setelah anda menghapus data (clear chace) pada oppo launcher jadi anda perlu menyesuaikannya lagi bila perlu.

Baca juga: Cara uninstal game android lewat playstore

Handphone android memiliki banyak keunggulan dari segi fitur dan fasilitas yang disediakan dengan gratis melalui play store.  Namun perlu di perhatikan pula kebutuhan akan aplikasi yang ingin diinstal kedalam handphone android, agar tidak memberatkan kinerja handphone secara keseluruhan.

Demikian cara menghapus ikon aplikasi android yang sudah di uninstal tapi masih menyisakan ikon tak terpakai di menunya. Semoga bermanfaat.



15 Responses to "Cara menghapus ikon apilkasi android"

  1. makasih gan.. makasih. ngebantu banget :D

    ReplyDelete
  2. mantap gan.. sungguh sangat mambantu sekali,saya dah keliling2 browsing gk nemu2 caranya.. eeh ternyata nemu disini.. tks gan..

    ReplyDelete
    Replies
    1. terima kasih kembali gan..
      sukses selalu :)

      Delete
  3. thanks beed gan membantu sekali info-nya :D

    ReplyDelete
  4. tapi kira2 penyebab ikonnya nggak kehapus itu apa ya?

    soalnya, kalo setiap uninstall aplikasi dan ikonnya nggak kehapus dan harus clear data oppo launchernya,repot dong atur pengaturan menunya setiap saat. mohon dibalas!!!

    ReplyDelete
    Replies
    1. saya juga kurang tahu gan kenapa seperti itu, hape oppo yng biasa saya pakai pun sekarang sudah almarhum krn keseringan bootloop.
      mungkin ada prosedur khusus yang harus dijalankan sebelum uninstal aplikasi di hape oppo, seperti clear chace aplikasi yang bersangkutan (imho)

      Delete
  5. Terima kasih gan, hampir setahub aku gk bisa hapus ikon game, akhirnya ditolong Tuhan melalui artikel agan. Thanks banget ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. sama-sama gan, semoga sukses selallu :)

      Delete
  6. Replies
    1. terima kasih bro.. have a nice day .. :)

      Delete

Silakan tinggalkan komentar anda.