Cara memasang TV di tembok tanpa Bracket

Cara memasang TV di tembok tanpa bracket khusus yang biasanya memang tersedia di toko-toko elektronik yang menjual televisi layar datar.

Teknologi desain televisi di jaman modern sekarang ini cukup membuat penggunanya memiliki banyak pilihan tempat untuk meletakkan televisi pada posisi yang sesuai dengan desain interior rumah.

Dengan cara memasang TV di tembok maka ruangan akan terlihat lapang dan penggunaan mebel beserta peralatan rumah lainnya yang biasanya terganggu dengan keberadaan televisi dapat dimaksimalkan.

Untuk memasang TV di tembok atau didinding caranya sangatlah mudah. Anda hanya perlu membeli bracket untuk TV yang sesuai dengan ukuran televisi yang anda gunakan. Tapi bracket khusus TV LCD, LED atupun Plasma dijual dengan harga yang lumayan untuk kondisi kantong yang kurang bersahabat.

Jadi, bagaimana cara memasang TV LCD, LED, ataupun Plasma di tembok tanpa harus membeli bracket khusus TV layar datar.

Cara memasang tv di dinding atau tembok tidaklah sulit dan bahan yang diperlukan pun sangat mudah didapat dan tidak terlalu merobek kantong. Mari kita simak ulasan singkat tentang cara memasang TV di tembok.

Sediakan bahan-bahan yang diperlukan seperti plat besi dengan tebal sekitar 2mm, paku tembok dan siapkan juga alat-alat yang dibutuhkan seperti obeng kembang, gergaji besi, martil dan perkakas lainnya bila perlu.

Untuk plat besi, sediakan plat besi sesuai kebutuhan. Pada contoh kali ini kita menggunakan engsel pintu bekas, engsel pintu ini terlihat sangat cocok untuk dijadikan media penahan tv agar dapat menempel didinding. Selain bentuknya yang proporsional, engsel pintu sudah tersedia lubang untuk baut sehingga kita tidak perlu lagi membuat lubang dengan bor. Hal ini tentu memudahkan proses pengerjaan, mengingat bor bukanlah perkakas umum yang ada di rumah kebanyakan.

Selanjutnya bongkar engsel pintu agar terpisah menjadi dua bagian dengan mencukit bagian ujung poros engsel yang berfungsi sebagai pengunci.

Cara memasang tv di tembok tanpa Bracket

Dari sini anda dapat langsung memasangnya pada TV.dan menggantungnya di tembok. Tapi jika anda menginginkan tampilan yang lebih rapi meskipun nantinya tidak akan kelihatan karena posisinya dibelakang layar. Anda bisa memotong kuping engsel pintu dengan gergaji besi.

Cara memasang tv di tembok tanpa Bracket

Selanjutnya pasangkan plat besi tadi ke tempat yang sudah disediakan. Pada televisi yang dijadikan bahan percobaan kali ini telah tersedia empat lubang untuk mengikat bracket tapi karena kita menggunakan bracket "custom" maka hanya dua lubang baut bagian atas saja yang terpakai.

Pemasangan plat besi ke bodi televisi menggunakan baut sekrup karena pada lubang yang disediakan tidak terdapat ulir didalamnya, hal ini mungkin akan berbeda tergantung merk televisi yang dimiliki.

Cara memasang tv di tembok tanpa Bracket

Jadi pastikan anda memeriksa dengan seksama lubang tempat bracket pada televisi anda apakah tedapat ulir didalamnya dan baut ukuran berapa yang diperlukan untuk mengikat bracket.

Cara memasang TV di tembok tanpa Bracket

Setelah plat terpasang kuat di bodi TV, selanjutnya anda tinggal membuat gantungannya di tembok dengan paku, atau anda dapat menggunakan dynabolt, fischer tanam atau semacamnya tapi tentu anda membutuhkan bor untuk memasangnya. Apapun yang anda gunakan, pastikan tertancap kuat dan tidak goyang agar TV anda dapat menggantung di tembok dengan aman dan mantap.

Sebelum memaku atau mengebor di tembok, pastikan posisinya sudah sesuai dengan yang anda inginkan. pastikan jarak lubang plat sudah sesuai, Pastikan tv tidak miring saat dipasang, pastikan juga ketinggian tv agar anda dapat dengan nyaman menonton televisi nantinya.

Cara memasang tv di tembok tanpa Bracket

Karena salah satu kelebihan menggunakan bracket untuk televisi layar datar adalah kemiringannya dapat diatur, apakah tegak lurus, mendongak atau menunduk. Dan beberapa tipe braket didukung waterpas untuk membantu memastikan posisi TV lurus ketika dipasang pada tembok.

cara memasang tv di tembok

Sedangkan penggunaan plat besi untuk memasang televisi ditembok tentu lebih menghemat biaya namun tidak memungkinkan untuk mengatur kemiringannya, jadi anda perlu memperhatikan saat pemasangannya untuk mendapatkan posisi yang diinginkan.

Demikianlah informasi mengenai cara memasang TV layar datar di tembok tanpa Bracket khusus. Semoga bermanfaat.



0 Response to "Cara memasang TV di tembok tanpa Bracket"

Post a Comment

Silakan tinggalkan komentar anda.