Inovasi Katup Rotary berbentuk bulat seperti bola

Klep atau katup yang biasa bunyi icik icik saat mesin motor bekerja merupakan salah satu komponen penting dalam mesin motor bakar. Bunyi icik-icik biasanya disebabkan oleh kerenggangan klep yang sudah melebihi batas dan perlu di stel ulang. Klep payung merupakan salah satu klep yang paling populer dan paling banyak digunakan pada mesin bakar 4 langkah (mesin 4tak) selama ini.

Selain klep payung, ada juga katup buluh (reed valve), dan klep rotary yang menjadi pengatur masuknya bahan bakar dan udara yang biasa di gunakan pada mesin dua langkah (2tak). Klep, katup, valve adalah berbagai sebutan untuk mengenali benda yang satu ini.

Beberapa kendala yang sering terjadi pada klep payung seperti gejala floating pada putaran tinggi akibat ketidakmampuan per klep mengembalikan klep pada posisi semula dan juga tenaga mesin yang terkuras untuk menggerakan mekanisme perangkat penggerak katup.

Pada mesin modern, gejala floating pada klep dapat diatasi dengan menggunakan Teknologi Desmodromic dimana pergerakan klep membuka dan menutup dikendalikan oleh noken as sehingga proses buka tutup klep lebih terkendali dan dapat menyesuaikan putaran mesin. Jadi tidak ada lagi kondisi klep telat menutup karena keterbatasan kemampuan per klep. Atau juga kondisi kemampuan per klep yang melemah karena faktor usia atau saat penggunaan extreme, khususnya saat putaran mesin sangat tinggi .

Untuk meningkatkan efisiensi dan memaksimalkan kinerja mesin, para engineer telah berusaha melakukan berbagai riset, salah satunya pada bagian mekanisme katup dengan menciptakan desain katup yang berbeda dari biasanya.

Inovasi Katup Rotary berbentuk bulat seperti bola

Salah satu inovasi bentuk katup pada mesin pembakaran dalam yang tentu bertujuan untuk memaksimalkan kinerja mesin dan efisiensi bahan bakar adalah Coates Spherical Rotary Valve System. Mesin dengan desain katup yang berbentuk bulat seperti bola tenis yang didesain sedemikian rupa ini di klaim mampu meningkatkan efisiensi dan memaksimalkan tenaga mesin karena mekanisme penggerak katup yang lebih sederhana dengan komponen yang lebih sedikit sehingga kehilangan tenaga akibat gesekan dari berbagai mekanisme katup sperti paa mesin yang enggunakan kle payung dapat di minimalisir.

Inovasi Katup Rotary berbentuk bulat seperti bola
http://www.coatesengine.com

Coates Spherical Rotary Valve terbuat dari bahan terbaik dan di klaim tidak memerlukan pelumasan karena komponen mekanisme katup tidak saling bergesekan sehingga berdampak pada peningkatan umur oli pelumas.

Beberapa keunggulan dari Coates Spherical Rotary Valve system dibanding sistem katup model payung antara lain;

Emisi lebih rendah, pada mesin yang masih menggunakan katup payung tidak mampu mengalirkan panas yang diterimanya saat proses pembakaran terjadi diruang bakar. Suhu tinggi yang dihasilkan ruang bakar pada mesin dapat merusak kuaitas oli yang digunakan untuk melumasi katup dan menghasilkan oksida nitrogen serta hidrokarbon biasa. Selain itu, minyak pelumas dapat masuk ke ruang bakar melalui celah katup jika seal penahan minyak mengalami kerusakan, hal ini berpotensi membuat oli ikut terbakar dan meningkatkan tingkat emisi gas buang pada mesin.

Mesin dengan sistem katup rotary dapat meminimalisir kebocoran oli melalui mekanisme katup karena system ini tidak memerlukan pelumasan untuk katup. Selain itu, rotasi bola kepala katup dapat membantu mengurangi suhu mesin dengan terus-menerus mengubah permukaan terkena panas pembakaran. Pada sistem katup payung, ukuran katup yang kecil berkontribusi meningkatkan suhu mesin dan meningkatkan suhu cairan pelumas sehingga kemampuan pelumas menjadi berkurang.

Lebih hemat bahan bakar. Coates Spherical Rotary Valve system mampu meningkatkan efisiensi bahan bakar karena sistem katup minim gesekan sehingga tenaga mesin yang di gunakan untuk menggerakan mekanisme katup lebih rendah maka secara signifikan dapat mengurangi kehilangan tenaga mesin yang pada akhirnya berpengaruh pada konsumsi bahan bakar yang lebih hemat. Menghemat bahan bakar menjadi salah satu pokok perhatian dalam pengembangan kendaraan bermotor.

Mengurangi Kebisingan dan Getaran Mesin. Coates Spherical Rotary Valve system hampir tidak menghasilkan bunyi mekanik dari pergerakan katupnya, mekanisme katup pada sistem katup payung merupakan salah satu sumber kebisingan mesin. Pergerakan rocker arm yang mendorong batang katup saat proses buka tutup-katup dapat menghasilkan bunyi apabila setelan celah katup sudah tidak sesuai atau penggunaan pelumas yang kurang memadai. Hal tersebut tidak dijumpai pada mesin dengan Coates Spherical Rotary Valve system.

Inovasi Katup Rotary berbentuk bulat seperti bola

Biaya produksi lebih rendah. Karena komponen pendukungnya yang sedikit sehingga dapat mengurangi biaya produksi dalam pembuatan mesin. Beberapa komponen yang sering ditemukan pada sistem katup payung seperti poros cam, pegas katup, katup, rocker arm, seal katup dan komponen kecil lainnya tidak ditemukan pada sistem Coates Spherical Rotary Valve. Selain itu jika dilihat dari konstruksinya, Coates Spherical Rotary Valve sangat ringkas dan mudah dirakit pada mesin.
(http://www.coatesengine.com/csrv-advantages.html)

Upaya memaksimalkan kinerja mesin kendaraan terus dilakukan untuk menghasilkan mesin yang lebih efisien, bertenaga, dan ramah lingkungan. Salah satu temuan dalam hal meningkatkan efisiensi mesin adalah sistem Coates Spherical Rotary Valve (CSRV) yang memiliki beberapa keunggulan dibanding sistem katup jenis lain yang telah banyak digunakan pada mesin kendaraan selama ini khususnya kendaraan bermesin 4Tak.



0 Response to "Inovasi Katup Rotary berbentuk bulat seperti bola "

Post a Comment

Silakan tinggalkan komentar anda.