Cara konvert video ke berbagai format

Merubah format video hasil rekaman kamera ponsel atau kamera digital agar dapat di putar pada perangkat lain terkadang perlu dilakukan. Meskipun jaman sekarang hal tersebut sudah tidak perlu dilakukan karena berbagai media player baik handphone maupun komputer sudah dapat memutar berbagai jenis format video dengan baik.

Kalau dulu, saat format 3gp begitu “berkuasa” tidak banyak yang dapat dilakukan untuk mengisi video ke ponsel selain mengkonvert dari format lain ke 3gp dengan bantuan komputer. Namun saat ini aktifitas mengkonvert video mungkin sangat jarang dilakukan untuk keperluan mengisi koleksi video di handphone mengingat kemampuan multimedia handphone sudah sangat canggih dan mumpuni.

Mungkin konversi format video dilakukan untuk mendapatkan kapasitas video yang lebih kecil atau untuk keperluan merubah video hasil rekaman agar dapat di putar ke DVD player melalui slot USB. Beberapa DVD player masih memiliki keterbatasan format video yang kompatible untuk di putar pada player bersangkutan.

Jadi bagaimana cara mengkonvert video ke dalam format video yang diinginkan? Caranya cukup mudah, anda hanya membutuhkan sebuah software yang cukup handal yang bernama Format Factory.
Anda dapat mendownload software Format Factory di website resminya http://www.pcfreetime.com/

Selanjutnya anda dapat menggunakanya untuk mengkonvert video ke beberapa format yang tersedia seperti MP4, AVI, 3GP, RMVB, GIF, WMV, MKV, MPG, VOB, MOV, FLV, SWF bahkan andapun dapat mengkonvert video anda kedalam format audio seperti MP3, WMA, APE, FLAC, AAC, MMF, AMR, M4A dll.

Untuk lebih jelasnya mengenai cara penggunaan Format Factory berikut akan disampaikan contoh langkah-langkah penggunaanya.

Setelah mendownload, menginstal, dan membuka software Format Factory selanjutnya anda dapat menambahkan video yang ingin di rubah formatnya dengan cara Drag and Drop


Cara konvert video


Kemudian pilih Format file yang diinginkan sesuai kebutuhan

Cara konvert video


Jika perlu anda dapat melakukan sedikit settingan terkait kualitas video yang ingin di hasilkan. Ada pilihan untuk mendisable Audio di sana. Bisa juga menghilangkan suara audio video menggunakan Proshow Produser.

Cara konvert video


Untuk memulai proses konversi video klik tombol Star dan tunggu hingga proses konvert selesai.

Cara konvert video


Setelah proses konvert selesai maka akan muncul notifikasi di sertai backsound yang dapat memberitahukan bahwa proses konvert telah selesai, hal ini sangat membantu jika anda mengkonvert banyak file video sehingga dapat mengingatkan anda saat semua proses telah selesai tanpa harus memelototi layar monitor untuk memastikannya.

Cara konvert video


Bagaimana mudah bukan, memang tampak mudah tapi setelah mencobanya mungkin anda akan menyadari bahwa software ini memang sangat user friendly dan sangat mudah pengoperasiannya. Format factory adalah salah satu software yang dapat anda andalkan untuk merubah format video yang anda miliki ke format lain sesuai kebutuhan. Semoga bermanfaat.



0 Response to "Cara konvert video ke berbagai format"

Post a Comment

Silakan tinggalkan komentar anda.