Cara transfer file via WiFi

Memindahkan file dari handphone android ke komputer atau pun sebaliknya dapat dilakukan dengan berbagai metode salah satunya melalui jaringan WiFi.

Penggunaan kabel data sudah sangat umum di temui untuk keperluan memindah file karena lebih mudah dan cepat dibanding transfer file via bluetooth dan wifi.

transfer file lewat wifi antar komputer dan smartphone menjadi salah satu alternatif karena kebanyakan perangkat mobile khususnya laptop dan smartphone sudah memiiliki fasilitas wifi didalamnya.

Beberapa PC Desktop pun telah memiliki fitur wifi, jikapun belum, ada perangkat yang dapat ditambahkan agar PC mampu menangkap maupun mengirimkan sinyal wifi.

Untuk transfer file via bluetooth maupun kabel-data dapat dilakukan dengan mudah karena metode ini telah lama ada bahkan sebelum handphone ber OS android populer,  pastinya sudah banyak yang mengetahui cara memindah transfer file menggunakan kabel data.

Tapi bagaimana cara transfer file dari handphone ke PC atau dari PC ke handphone via wifi. Mari kita lihat bersama langkah-langkahnya berikut ini.

Mula-mula anda memerlukan sebuah software bantu yang bernama Baidu WiFi Hotspot, silakan Download di situs resminya. Selain dapat merubah laptop atau PC menjadi Hotspot, software ini juga dapat digunakan untuk men-transfer file antar handphone android dan pc/laptop via wifi.

Download di:  http://pcfaster.baidu.com.eg/id/lp/wifiPopularize.php

Selanjutnya instal software tersebut ke komputer atau laptop. Setelah terinstal buka Baidu WiFi Hotspot namun pastikan komputer atau laptop telah terkoneksi dengan internet dan smartphone telah terhubung ke komputer/laptop melalui jaringan wifi.

Cara transfer file via WiFi

Untuk transfer file dari komputer/laptop ke handphone, klik pilihan send file to phone kemudian pilih file yang akan dikirim melalui metode Drag and Drop atau memilih dari folder komputer dengan meng-klik select file.


Cara transfer file via WiFi

Untuk menerima file yang dikirim ke handphone lewat WiFi, anda dapat memilih satu dari dua metode untuk menerima file yaitu melalui browser dengan mengetikan g.com atau metode scan QR code.

Cara transfer file via WiFi

Sedangkan untuk mengirimkan file dari Smartphone ke komputer / laptop caranya tidak jauh berbeda. Cukup klik Get file from Phone lalu ketikan s.com di browser smartphone untuk memulai mengirimkan file lewat jaringan wifi.

Cara transfer file via WiFi

Selain untuk share file melalui wifi, Baidu WiFi Hotspot memiliki kemampuan untuk share wifi dari laptop atau komputer. Berbeda dengan saat menggunakan Ucweb untuk share wifi, Baidu WiFi Hotspot memungkinkan untuk merubah SSID dan Password sesuai keinginan dan dapat memblokir pengguna jaringan wifi yang tidak diinginkan.

Cara transfer file melalui WiFi

Terdapat pilhan Disallow Connection dan Add to Blacklist untuk membatasi pengguna WiFi

Cara transfer file melalui WiFi

Baidu WiFi Hotspot tersedia gratis bagi anda yang membutuhkan software untuk keperluan Share Wifi dari laptop/PC ataupun untuk keperluan transfer file dari smartphone ke laptop/PC dan juga sebaliknya melalui jaringan WiFi. Semoga Bermanfaat.



0 Response to "Cara transfer file via WiFi"

Post a Comment

Silakan tinggalkan komentar anda.