Kelebihan dan kekurangan Sunroof pada mobil

Sunroof merupakan panel di atas atap mobil yang berbahan plat atau kaca tembus pandang yang dapat di buka-tutup sesuai keinginan. Sunroof dapat membantu sirkulasi udara pada kabin mobil.

Pada awal kemunculannya, sunroof menjadi fitur tambahan untuk mobil-mobil yang di pasarkan di negara-negara yang memiliki 4 musim. Sehingga para pemilik mobil dapat menikmati suasana musim semi atau musim gugur dengan membuka sunroof mobil.

Pada beberapa mobil kelas medium dan kelas atas menjadikan fitur sunroof sebagai senjata marketing untuk menarik minat konsumen.

Oleh karenanya mobil dengan sunroof pun dapat ditemukan pada mobil-mobil dengan pasar Indonesia meskipun hanya memiliki dua musim (panas dan hujan), mobil dengan sunroof menjadi pilihan karena membuat tampilan mobil lebih elegan dan berkelas.

Beberapa bengkel modifikator pun dapat melakukan modifikasi pada bagian atap mobil untuk keperluan pemasangan perangkat sunroof pada mobil-mobil yang belum memiliki fasilitas sunroof dan ingin memasangnya.

Sebenarnya apa sajakah kelebihan dan kekurangan sunroof pada mobil.

Kekurangan Sunroof pada mobil

1. Ketika anda membeli mobil baru ber-sunroof mungkin anda akan senang membuka tutup beberapa kali hingga akhirnya anda bosan dan lupa jika mobil yang anda gunakan memiliki fasilitas sunroof.

2. Penggunaan sunroof mungkin akan sangat jarang dimanfaatkan khususnya di Indonesia. Ketika musim hujan, tentu tidak mungkin membuka sunroof, saat cuaca panas lebih baik menghidupkan ac dari pada berharap hembusan angin dari atap. Saat cuaca cerah dan bersahabat mungkin saat yang tepat untuk memanfaatkan sunroof

3. Perangkat sunroof menambah berat mobil yang akan berpengaruh terhadap konsumsi bahan bakar. Seperangkat sunroof dapat memiliki bobot hingga 25-35 kg bahkan bisa lebih berat untuk kendaraan sekelas SUV.

4. Kemungkinan terjadi kebocoran pada sekat yang dapat mengakibatkan rembesan air masuk ke kabin saat hujan lebat atau saat proses pencucian mobil.

5. Sama seperti jendela dan pintu mobil, sunroof juga memiliki bagian-bagian berbahan karet yang perlu perhatian dan perawatan yang berarti menambah bagian yang harus dibersihkan pada mobil (nambah kerjaan). Karena kalau tidak dirawat, perangkat mekanis buka tutup sunroof bisa saja macet, olehnya itu sunroof perlu di buka-tutup minimal sekali dalam sebulan.

6.Sunroof termasuk perangkat mahal yang dipasang pada mobil sehingga harga mobil dengan sunroof dijual lebih mahal dari pada mobil tanpa sunroof. Untuk modifikasi mobil tanpa sunroof yang ingin dipasangi sunroof, butuh biaya setidaknya 10juta untuk biaya pemasangan sunroof.


Kelebihan sunroof pada mobil

1. Meningkatkan tampilan mobil menjadi lebih elegan. Tidak dapat dipungkiri, sunroof membuat tampilan mobil lebih mewah dan istimewa.

2. Mendapatkan view yang lebih beragam dan leluasa sehingga dapat menikmati indahnya pemandangan luar ketika berjalan di cuaca cerah pada siang ataupun malam hari.

3. Dapat menikmati udara bebas yang masuk ke kabin tanpa harus terganggu dengan suara berisik yang biasa timbul jika membuka kaca jendela samping.

4. Pada kondisi tertentu, seperti saat sedang pawai anda dapat memanfaatkan sunroof yang terbuka dengan berdiri mengeluarkan kepala untuk melihat-lihat sekitar sembari melambai tangan.


Untuk memaksimalkan dan mempertahankan kinerja sunroof agar tetap prima maka perlu perhatian dan perawatan agar sunroof dapat bekerja sebagaimana mestinya.


Beberapa hal yang dapat dilakukan agar sunroof dapat terjaga dan berfungsi maksimal.

1. Selalu periksa kondisi karet-karet penyekat, bersihkan debu dan kotoran yang menempel menggunakan lap basah. Jika perlu semprotkan Silikon Spray untuk menjaga agar elastisitas karet tetap terjaga.

2. Usahakan untuk selalu memarkir mobil di tempat yang teduh dan hindari memarkir mobil di tempat-tempat yang berdebu atau terpapar sinar matahari secara langsung.

3. Buka-tutup sunroof secara berkala setidaknya seminggu sekali, agar mekanis sunroof tidak macet.


Beberapa tipe sunroof berdasarkan mekanisme bukaannya antara lain.

Popup Sunroof
Tipe sunroof yang sederhana yang dapat dibuka secara manual dengan luas bukaan yang tidak terlalu lebar, cukup untuk mengalirkan udara ke dalam kabin.

Kelebihan dan kekurangan Sunroof


Spooiler sunroof
Bukaan kaca dengan menggeser kebelakang dengan sistem otomatis ataupun manual. Memiliki area bukaan yang lebih lebar sehingga cukup untuk dilewati orang dewasa jika ingin berdiri sambil menikmati hembusan angin.

Kelebihan dan kekurangan Sunroof


Inbuilt sunroof
Tipe sunroof yang biasanya menjadi fitur standart pabrikan, Dengan mekanisme otomatis. Saat terbuka panel kaca penutup atap akanbergerak masuk disela-sela antara atap dan plafon sehingga terlihat lebih rapi dengan area bukaan yang lebih luas.

Kelebihan dan kekurangan Sunroof


Demikian sedikit informasi mengenai kelebihan dan kekurangan sunroof di mobil. Anda bisa menggunakan Variasi Jika Ingin pasang sunroof tanpa bongkar atap. Semoga bermanfaat.

Silakan tinggalkan komentar anda.

Click to comment