5 hal menarik yang dapat di kendalikan melalui smartphone

Dalam kurun waktu 10 tahun terakhir, smartphone telah berkembang pesat melebihi fungsi utamanya sebagai alat telekomunikasi. Tidak hanya sebagai alat komunikasi, smartphone bermertamorfosa menjadi sebuah alat multi-fungsi.

Sebagai alat Komunikasi, hiburan, photography, dll, seiring berjalannya waktu smartphone dapat berfungsi sebagai remote kontrol yang dapat mengendalikan perangkat lainnya di sekitar kita.

Berikut beberapa peralatan yang dapat dikendalikan melalui smartphone.

Drone 
Anda mungkin sudah tidak asing lagi dengan namanya Drone. Alat terbang cangih yang sangat berguna untuk membantu mengambil gambar dari udara ini dapat dikendalikan melalui Smartphone.

Contohnya Parrot Drones, tidak hanya dapat dikendalikan melalui smartphone namun juga mampu live stream video sehingga dapat menayangkan tampilan dari udara secara real time

Baca Juga: Perangkat Anti Drone yang dapat melumpuhkan Drone

Selain Drone mainan remote pun dapat dikendalikan melalu smartphone. Pesawat remote buatan TobyRich SmartPlane dapat dikendalikan melalui smartphone. Indikator kemiringan pesawat dan informasi lainnya dapat dilihat melalui layar smartphone yang terkoneksi dengan pesawat mainan ini.

pesawat remote melalui smartphone, rc plane with smartphone,
image source
Dan masih banyak lagi mainan jaman sekarang yang dapat dikendalikan melalui smartphone.


Home Theater
Mungkin untuk yang ini anda sudah banyak mengetahui bahwa home theater dapat dikendalikan melalu smartphone. Karena teknologi ini telah lama ada, namun sekarang semakin mudah dan ringkas.

home teater dikendalikan lewat smartphone
image source
Harmony Ultimate Hub milik pabrikan Logitech merupakan salah satu perangkat yang dapat menghubungkan smartphone dengan perangkat home theater dirumah sehingga anda dapat mengendalikan melalui smartphone.


Perabot Rumah
Jaringan internet semakin mudah diakses, dengannya anda dapat terkoneksi langsung ke perabot rumah tangga seperti kulkas, mesin cuci , AC, lampu-lampu, dan semua perangkat yang ada didalam rumah yang dapat terkoneksi melalui internet.

Kulkas Samsung smart fridge salah satu yang dapat terkoneksi internet dan dapat dikendalikan melalui Smartphone. Bahkan kulkas inipun dapat dijadikan sarana untuk mengendalikan perangkat lainnya melalui smartphone dengan menginstal perangkat tambahan untuk mengendalikan perangkat lain dalam ekosistem SmartThings buatan Samsung.

Selain kulkas, sebuah panci Pantelligent dapat terkoneksi dengan smartphone untuk membantu anda menyediakan hidangan bagi keluarga dirumah.


Mobil
Mobil-mobil kelas premium memiliki kemampuan untuk terhubung dengan smartphone. Bahkan mobil listrik pada umumnya menjadikan kemampuan terkoneksi dengan smartphone sebagai fitur standar.

Dengan ini, kondisi mobil dapat dipantau melalui smartphone. Menghidupkan mesin untuk memanaskannya beberapa saat, mengendalikan power windows, memeriksa apakah semua pintu sudah terkunci, mengetahui kapasitas baterai (mobil listrik), memantau lokasinya saat sedang dipakai rekan kantor dan banyak fitur lainnya yang dapat dengan mudah di lihat melalui smartphone.


Security Camera
Memasang kamera pengaman di beberapa titik tempat tinggal atau tempat kerja adalah ide yang bagus. Akan semakin bagusa lagi kalau dapat dipantau dan dikendalikan dari mana saja.

Ada beberapa aplikasi smartphone yang dapat digunakan agar samrtphone bisa terhubung dengan security camera yang anda miliki. Seperti tinyCam Monitor dan IP Cam Viewer Pro.


Demikianlah informasi mengenai 5 hal menarik yang dapat dikendalikan melalui Smartphone. Semoga bermanfaat.