Barang yang wajib ada di mobil saat perjalanan jauh

Anda mungkin saja memiliki peralatan mahal seharga puluhan juta mengisi kotak peralatan. Tapi semua itu tidak akan berguna jika anda meninggalkannya dirumah sedangkan mobil anda mogok ditempat yang jauh dari peradaban.

Jangan ambil resiko, pastikan benda-benda berikut selalu ada di mobil anda, khususnya lagi saat melakukan perjalanan jauh.

Kain Majun
Kain bekas berbahan kaos, biasa juga di sebut gombal, dapat membantu membersihkan tetesan minyak atau mengelap bekas minyak di dipstick. Dapat pula membantu membersihkan kaca depan saat udara dingin yang membuat kaca berembun.

Spare Part
Jika anda mengganti busi, simpan busi bekas jika sekiranya kondisinya masih cukup baik. Busi bekas akan sangat membantu jika diperlukan saat darurat dan perlu penggantian busi saat diperjalanan.

Sekring cadangan pun wajib selalu tersedia dalam kotak peralatan. Untuk perjalanan yang sangat jauh, menyiapkan selang radiator cadangan mungkin perlu dipertimbangkan. Meskipun cukup mahal tapi lebih baik sedia dari pada harus membelinya di perjalanan yang belum tentu ada.

Ban serep
Periksa kondisi ban serep, pastikan kondisinya prima dan siap digunakan sewaktu-waktu.

Barang yang wajib ada di mobil

Kunci Roda
Pastikan kunci roda dan dongkrak tersedia di kendaraan anda. Ban serep tersedia tanpa kunci roda dan dongkrak akan sia-sia.

Kabel Jumper
Salah satu kendala yang mungkin terjadi pada mesin mobil adalah kondisi aki yang tidak mampu untuk menghidupkan mesin.

Senter
Dapat sangat membantu menerangi pada kondisi gelap dan terpaksa harus melakukan sedikit perbaikan saat hari mulai malam.

Kotak P3k
Pastikan selalu kotak P3K tersedia dalam mobil.

Cairan pembersih
Cairan pembersih tangan yang dapat membantu membersihkan tangan dari oli dan minyak sangat praktis digunakan untuk bersih-bersih ketika anda selesai melakukan sedikit perbaikan.

Barang yang wajib ada di mobil saat perjalanan jauh

Sarung tangan
Sarung tangan dapat digunakan untuk melindungi tangan dari panas mesin saat harus bekerja diarea mesin atau kolong mobil.

Tabung pemadam
Tak kalah penting sebuah tabung pemadam untuk memadamkan percikan api yang mungkin saja terjadi.


Melakukan perjalanan jauh dengan kendaraan membutuhkan kondisi kendaraan yang prima. Untuk mencegah hal-hal yang tidak diinginkan perlu dilakukan perawatan dan pemeriksaan rutin agar mobil selalu siap setiap saat jika dibutuhkan.

Pengecekan rutin terhadap kendaraan bermotor khususnya mobil dapat menghindarkan dari kemungkinan mobil mogok saat sedang digunakan untuk perjalanan jauh.

Beberapa pemeriksaan sederhana berikut ini dapat dapat anda lakukan sebulan sekali untuk memastikan kondisi kendaraan baik-baik saja.
  • Cek kondisi saringan udara
  • Cek kondisi belt
  • Cek minyak rem
  • Cek cairan pendingin pada radiator dan reservoir
  • Cek kondisi karet wipers dan cairan washer
  • Cek kondisi ban termasuk ban serep
  • Cek kondisi oli melalui dipstick
  • Cek kondisi air aki dari kemungkinan berkurang

Silakan tinggalkan komentar anda.

Click to comment