Teknologi Virtual Reality jalan masuk ke dunia maya

Mungkin anda sudah pernah mendengar tentang Google Cardboard. Kacamata Virtual Reality yang terbuat dari kertas kardus dan sempat diperkenalkan kepada peserta Google I/O beberapa waktu lalu.

Google Cardboard adalah headset virtual reality yang terbuat dari karton tebal layaknya kardus yang dapat di rangkai sedemikian rupa sehingga membentuk VR kit untuk menikmati game ataupun film yang juga telah kompetibel dengan teknologi VR.

Virtual Reality atau VR adalah teknologi visual yang menjadi "jalan masuk ke dunia maya" sehingga memungkinkan untuk menghadirkan pengalaman yang nyata dari sebuah game atau tayangan sehingga memberi kesan seakan-akan berada dalam dunia maya secara nyata.

Jika anda pernah menikmati sebuah film dengan teknologi 3D, maka anda akan merasakan sensasi yang lebih nyata saat menikmati teknologi Virtual Reality.

Contohnya jika anda menikmati sebuah tur virtual yang menampilkan sebuah pemandangan, anda dapat melihat setiap sisi hanya dengan menolehkan kepala, mendongak untuk melihat langit biru hanya dengan gerakan kepala.

Atau anda dapat menonton konser sebuah band kesayangan tanpa harus berdesak-desakan hanya dari rumah. Bahkan anda bisa berada diatas panggung seperti pada konser Coldplay yang diberi tema "Coldplay's Ghost Stories Virtual Reality Concert Experience".

teknologi Virtual Reality

Virtual reality (VR) atau realitas maya adalah teknologi yang membuat pengguna dapat berinteraksi dengan suatu lingkungan yang disimulasikan oleh komputer (computer-simulated environment), suatu lingkungan sebenarnya yang ditiru atau benar-benar suatu lingkungan yang hanya ada dalam imaginasi. Lingkungan realitas maya terkini umumnya menyajikan pengalaman visual, yang ditampilkan pada sebuah layar komputer atau melalui sebuah penampil stereokopik, tapi beberapa simulasi mengikutsertakan tambahan informasi hasil pengindraan, seperti suara melalui speaker atau headphone.

Untuk mendukung semua itu, handphone dengan fitur sensor Accelerometer dan Gyroscope dapat membantu memaksimalkan penggunaan teknologi Virtual Reality untuk menghasilkan pengalaman menikmati teknologi Virtual Reality melalui kacamata VR yang berharga murah hingga yang dijual dengan harga yang cukup mahal dengan fitur beragam yang sekarang banyak dipasarkan.

Pengaplikasian teknologi Virtual Reality tidak hanya sebatas pada segmen game, hiburan dan kacamata VR/Headset Virtual Reality semata. Pada perangkat yang lebih kompleks dan canggih, teknologi VR dapat digunakan untuk keperluan yang lebih beragam seperti dalam hal pendidikan dan pelatihan sehingga dapat menghindari dampak yang fatal, seperti digunakan untuk pelatihan menerbangkan pesawat tempur, mengemudikan tank, dll.

Meskipun kehidupan maya dengan bantuan teknologi virtual lebih menarik tapi kehidupan nyata jauh lebih menarik.



0 Response to "Teknologi Virtual Reality jalan masuk ke dunia maya"

Post a Comment

Silakan tinggalkan komentar anda.