Cara menghapus file yang tersimpan di Picasaweb

Gambar atau file yang tersimpan di picasa melalui fitur auto backup dari handphone mungkin saja perlu dihapus karena sudah tidak relevan dengan kondisi anda saat ini, misalnya foto-foto bareng mantan yang membuat sulit move on.

Atau ada file gambar rahasia yang tersimpan di server google secara sengaja maupun tidak sengaja, sehingga anda tidak mau orang lain melihatnya. Meskipun pada dasarnya semua file gambar yang tersimpan di Picasa bersifat privat, artinya tidak dapat dilihat orang lain, selama gambar tersebut tidak dibagikan (share).

Tapi segala hal bisa terjadi, bagaimana jikalau handphone tersebut hilang, sehingga orang lain mempunyai akses ke album picasa anda dan dapat melihat semua foto-foto rahasia anda saat lagi lucu-lucunya atau Foto saat sedang makan dengan mulut belepotan saos.

Untuk blog yang menggunakan blogger sebagai “mesin-nya” juga menyimpan gambar yang ditampilkan di blog ke dalam album picasaweb ini. Jadi gambar-gambar yang sudah di upload melalui blogger tersimpan di album picasaweb meskipun gambar tersebut tidak dipakai dan sudah dihapus dari halaman blog.

Jadi bagaimana menghapus gambar yang ada di album picasaweb?

Pertama-tama silahkan anda menuju web http://picasaweb.google.com tempat tersimpan file gambar yang ingin dihapus.
Kemudian Login menggunakan akun gmail anda dan pilih album gambar yang akan dihapus dari album picasaweb.

hapus gambar dari picasa

Untuk gambar yang terback up dari handphone android, pilih folder Pencadangan Otomatis (Auto Backup).

hapus gambar dari picasa

Selanjutnya klik ikon tiga titik disudut kanan atas halaman picsaweb dan klik pilihan Manage in Google Photo

hapus gambar dari picasa

Selanjutnya klik tanda cawang yang ada di sudut kiri atas gambar untuk menandai gambar yang akan dihapus. Anda bisa mencentang beberapa gambar sekaligus untuk dihapus.

hapus gambar dari picasa

Kemudian klik ikon tiga titik di pojok kanan halaman untuk menampilkan pilihan lanjutan

hapus gambar dari picasa

Pilih Move to Trash untuk menghapus

hapus gambar dari picasa

Konfirmasi tindakan penghapusan

hapus gambar dari picasa

File gambar yang sudah dihapus untuk sementara akan singgah di folder Trash dan akan terhapus permanen setelah 60 hari jadi anda bisa mengembalikannya ke folder semula bila perlu.

hapus gambar dari picasa


Cara diatas untuk menghapus foto yang di upload dari fitur Auto Backup handphone Android.
Untuk foto yang ada di album lainnya caranya sedikit berbeda, contohnya foto yang di upload melalui Blogger.com yang juga merupakan produk Google.

Pertama buka album yang berisi gambar dari blog yang ingin dihapus

hapus gambar dari picasa

Kemudian klik pada gambar yang ingin dihapus, dan klik pada ikon tiga titik di pojok kanan atas

hapus gambar dari picasa

Kemudian klik pilihan Hapus Foto


hapus gambar dari picasa

Terakhir, konfirmasi tindakan penghapusan, selamat anda berhasil menghapus foto yang tersimpan di picasa melalui jalur upload di Blogger.

hapus gambar dari picasa


Picasaweb merupakan layanan Cloud Storage gratis sebagai auto backup untuk menyimpan file gambar yang sudah terintegrasi dengan handphone bersistem operasi android.

Beberapa pengguna smartphone berbasis android mungkin tidak menyadari hal ini, karena auto backup secara default dalam kondisi aktif dan akan mengupload foto untuk di backup ke picasaweb secara berkala yang tentu akan mempengaruhi penggunaan kuota internet.

Sejak Mei 2016 Google sudah menghentikan layanan Picasaweb dan menggantikannya dengan Google Photos. Tapi anda tidak perlu khawatir karena file anda tetap bisa diakses, karena Google sudah memindahkan semua file anda dari Picasaweb ke Google Photos.

Berikut link yang dapat anda lihat terkait informasi mengenai pemberhentian layanan Picasaweb oleh Google.

http://googlephotos.blogspot.co.id/2016/02/moving-on-from-picasa.html
https://support.google.com/picasa/answer/6383491?hl=en&ref_topic=6247476

Demikianlah informasi mengenai cara menghapus file gambar di picasaweb yang sekarang sudah berganti menjadi Google Photos, cara diatas mungkin akan berbeda seiring perkembangan dan penyempurnaan yang dilakukan oleh Google untuk meningkatkan layanannya. semoga bermanfaat.



0 Response to "Cara menghapus file yang tersimpan di Picasaweb"

Post a Comment

Silakan tinggalkan komentar anda.