Ternyata sangat mudah mengganti sendiri Bohlam lampu motor

Bohlam lampu utama motor seperti pada motor Mio GT termasuk komponen yang perlu mendapat perhatian karena bisa saja putus sewaktu-waktu. Bukan karena kualitasnya yang kurang baik tapi “jam kerjanya” yang tinggi membuatnya sering putus.

Kebijakan Pemerintah untuk selalu menyalakan lampu siang dan malam hari bagi pengguna roda dua membuat produsen sepeda motor “berinovasi” menghadirkan teknologi AHO (Automatic Headlamp On) membuat kerja lampu depan menjadi berat.

Teknologi yang Keren dan tampak spektakuler kalau dilihat dari namanya, padahal pada prakteknya hanya menghilangkan saklar On/Off yang biasa berada di area handel sebelah kanan, sehingga lampu utama langsung nyala saat motor dihidupkan tanpa perlu repot-repot dan susah payah menggeser saklar.

Sebenarnya ada cara untuk memperpanjang umur bohlam lampu utama motor seperti Mio GT atau motor yang berteknologi AHO lainnya yaitu dengan menambahkan saklar On/Off untuk memutuskan arus ke lampu.

Tinggal memanfaatkan saklar lampu produk sejenis keluaran lama, Biasanya desainnya sama dengan motor keluaran baru jadi tinggal Plug n Play, hanya perlu sedikit penyesuaian di jalur perkabelannya. Contohnya seperti Mio GT, bisa menggunakan saklar Mio keluaran pertama yang masih memakai Saklar lampu.

Tapi perkara lain timbul ketika lupa menyalakan lampu disiang hari dan bertemu dengan petugas yang lagi jaga-jaga. Masih untung kalau hanya di nasihati dan di peringatkan, tapi kalau sampai diajak ke Pos terus di ceritani rondo anyaran yang ada di pengadilan, bisa berasa rugi dua kali.

Bagaimana kalau bohlam lampu Mio GT putus?

Gampang, ganti saja dengan yang baru. Harga bola lampu utama motor Mio GT dijual dikisaran 20-30ribu Rupiah, tambah 5ribu untuk ongkos pasang. Tapi kalau mau mencoba mengganti sendiri bohlam lampu Mio GT, berikut langkah mudahnya yang bisa di praktekan dirumah.

bola lampu mio gt, bohlam lampu mio,dop lampu mio,balon lampu mio gt,

Proses mengganti bola lampu depan Mio GT tidak membutuhkan waktu lama, alat yang dibutuhkan pun tidak banyak, hanya sebuah obeng plus.

Siapkan alat dan bahan yang diperlukan yaitu obeng plus dan bola lampu utama Mio GT yang baru. Sebaiknya menggunakan bohlam lampu yang asli agar awet, mengingat lampu utama ini nyala terus-terus nyala, jika diganti dengan yang imitasi dikhawatirkan tidak awet.

obeng,peralatan mengganti lampu mio gt, obeng dan balon lampu,


Memang proses mengganti bohlam lampu Mio GT tidak sulit tapi kalau sering putus dan sering ganti karena pakai yang imitasi, lama-lama bosan juga dan bisa-bisa pengait/pengancing batok lampu bisa patah karena keseringan di bongkar pasang.

Baca juga: Cara menyambung bagian bodi motor yang patah

Kalau alat dan bahan sudah siap, selanjutnya buka baut pengikat batok lampu depan Mio GT. Terdapat enam baut yang perlu dibuka, tiga dikanan dan tiga dikiri.

ganti bohlam mio gt,baut yang perlu dilepas,


Lokasi Baut yang perlu dilepas. Dua baut dibagian atas, satu dibawah handel rem depan, satu dibawah handel rem belakang, dan dua lagi disisi kanan-kiri batok lampu bagian bawah.

bohlam lampu mio gt putus, ganti bohlam motor,


Setelah semua baut terlepas, copot perlahan batok bagian depan. Perlahan saja, dimulai dari atas.

Perhatikan bagian pengancingnya dan perhatikan bagian bawahnya karena biasanya terhalang bodi depan, goyang-goyang saja perlahan sembari di cari selahnya hingga lepas.

batok lampu mio,lepas batok lampu mio,


Batok lampu yang sudah terlepas masih tertahan tuas rem belakang, untuk melepasnya perlu mengarahkannya keluar melalui tuas rem. tapi untuk mengganti bohlam lampu depan Mio GT, tidak perlu menurunkan batok lampu. Cukup dengan posisi seperti gambar dibawah ini, kita sudah dapat mengganti bola lampu Mio.

lepas batok lampu mio gt,bohlam lampu mio gt,


Kalau sudah berhasil lepas dan dudukan bohlam lampu sudah terlihat, lepas fitting lampu utama dengan menekan sambil diputar kekiri/berlawanan arah jarum jam (CCW).

cara lepas fiting lampu motor


Lepas lampu lama dan ganti dengan yang baru, perhatikan nok penandanya. Sebenarnya kalau posisinya keliru pun tidak mungkin bisa masuk dengan mudah dan nyaman.

rumah bola lampu mio gt


Pasang kembali fitting lampu dengan menekan sambil putar kekanan (CW) perhatikan posisi kaki fitting lampu harus sesuai dengan lubang di rumah lampu karena posisinya tidak simetris untuk menghindari tertukar antara lampu jauh dan lampu dekat. Jadi kalau sulit masuk jangan dipaksakan, cari posisi kaki fitting yang pas dengan lubang di rumah lampu.

Setelah fitting terpasang, kemudian pasang kembali batok lampu perlahan-lahan. Perhatikan sambungan antara bagian depan dan belakang jika tidak rapat jangan dipaksakan, periksa kemungkinan ada kabel yang terjepit. Biasanya kabel gas yang tidak pada posisinya atau kabel double starter terjepit disela pengancing sehingga batok lampu tidak rapat.

cara melepas batok lampu mio gt


Setelah rapat, tes dahulu dengan menyalakan mesin motor apakah lampu sudah menyala sebagaimana mestinya. Jika sudah pasang baut pengancing dan kencangkan. Hati-hati saat mengencangkan baut pengunci jangan terlalu kencang karena bahan batok lampu yang terbuat dari plastik bisa saja pecah atau patah. Jadi kencangkan secukupnya.

Bagaimana, Ternyata sangat mudah mengganti sendiri Bohlam lampu motor, dan tidak membutuhkan waktu lama untuk menggantinya.

Anda tidak perlu khawatir untuk mencoba menggantinya sendiri dirumah karena alatnya pun hanya obeng plus yang sudah tersedia di jok motor berdampingan dengan kunci busi.

Untuk menghemat biaya perawatan kendaraan bermotor, beberapa perbaikan ringan seperti mengganti bohlam lampu atau perawatan rutin seperti mengganti oli dapat dilakukan sendiri dirumah.

Khusus untuk mengganti oli Mio GT, mungkin anda perlu mengetahui Fakta dibalik baut oli mio GT. Semoga bermanfaat.



0 Response to "Ternyata sangat mudah mengganti sendiri Bohlam lampu motor"

Post a Comment

Silakan tinggalkan komentar anda.