Kenalkan Impact Wrenches, alat bantu pengencang dan pembuka baut

Impact wrenches adalah alat bantu yang berfungsi untuk membuka dan mengencangkan baut pada sebuah konstruksi atau komponen kendaraan bermotor. Meskipun sebenarnya penggunaannya tidak terbatas pada dunia otomotif saja.

Impact Wrenches digunakan di segala macam pekerjaan yang melibatkan baut dan mur dalam proses pengerjaan suatu konstruksi baja, konstruksi kayu dan lain sebagainya.

Contoh penggunaan Impact Wrenches dapat dilihat pada Bengkel Resmi kendaraan bermotor atau balapan F1 yang sering kita lihat di Televisi.

Proses penggantian ban saat pit stop menggunakan alat sejenis ini agar proses penggantian ban lebih cepat dan kekuatan pengencangan baut lebih presisi. Meskipun secara teknologi berbeda dengan yang ada di pasaran akan tetapi pada prinsipnya sistem kerjanya hampir sama karena terdapat mekanisme seperti memukul dan memutar didalam nya.

Berdasarkan sumber daya-nya, Impact Wrenches menggunakan dua sumber daya, ada yang menggunakan daya listrik dan ada juga yang menggunakan tekanan angin sebagai sumber penggeraknya.

Impact wrenches yang menggunakan daya listrik terbagi lagi menjadi dua; ada yang menggunakan daya listrik AC ada yang menggunakan daya listrik dari baterai (DC).

Impact wrenches yang menggunakan daya baterai tentu lebih fleksibel dan praktis dengan sifatnya yang portable, namun terkendala keterbatasan daya yang ditampung baterainya dibanding yang menggunakan listrik AC.

Secara sederhana prinsip kerja Impact Wrenches hampir sama dengan obeng getok, hanya saja pada Impact Wrench menggunakan bantuan tenaga listrik atau angin sehingga lebih meringankan pekerjaan membuka atau mengencangkan baut. Apalagi jika harus membuka baut roda mobil yang besarnya sebesar rumah, sudah ukurannya besar banyak pula.

Didalam Impact Wrench terdapat mekanisme yang bergerak memukul seperti palu yang jika menggunakan obeng ketok harus digetok secara manual sedangkan pada ujung pembuka bautnya akan otomatis berputar sesuai setelan yang telah ditentukan.

Impact Wrenches,proses kerja Impact Wrenches,


Tipe impact wrench

Pneumatic Impact Wrenches

Merupakan tipe impact wrench bertenaga tekanan angin yang bersumber dari kompresor. Tipe ini memungkinkan penggunaan secara terus-menerus selama suplai angin terpenuhi. Pneumatic impact wrench memiliki ukuran yang ringkas sehingga memungkinkan penggunaan di area yang sempit.

Kekurangan dari Pneumatuc impact wrench adalah tenaganya yang cukup sulit di kontrol. Karena tenaganya yang sulit di kontrol berpotensi membuat baut yang ingin di buka atau di kencangkan menjadi rusak.


Corded Electric Impact Wrenches

Ukuran Corded Electric Impact Wrenches biasanya sedikit lebih panjang daripada Pneumatic impact wrench. Hal ini disebabkan oleh adanya electric motor yang membutuhkan ruang lebih besar dibanding tipe penumatic untuk kekuatan yang sama. Meski begitu, untuk penggunaan diruang sempit, Corded Electric Impact Wrench sama efektifnya dengan pneumatic impact wrench.

Kelebihan dari Corded Electric Impact Wrenches dibanding tipe pneumatic adalah penggunaannya yang lebih felksibel karena tidak tergantung dengan kompresor yang ukurannya cukup besar. Selama terdapat aliran listrik, impact wrench jenis ini dapat digunakan membantu meringankan pekerjaan membuka dan mengencangkan baut.


Cordless Electric Impact Wrenches

Pada dasarnya adalah pengembangan dari tipe Corded Electric Impact Wrenches. Hanya saja penggunaan sumber dayanya digantikan oleh baterai sekitar 18V-28V tergantung dari jenis dan modelnya.

Kekurangan dari impact wrenches jenis ini adalah kekuatannya tidak sebesar corded electric atau pneumatic impact wrenches. Tapi kelebihannya adalah dapat digunakan dimana saja tanpa tergantung kompresor atau aliran listrik selama daya baterainya dalam kondisi penuh.

Karena tenaga dan torsinya yang lebih rendah, jenis ini efektif digunakan untuk melepas baut yang berkarat atau terkunci sangat kuat tanpa mengakibatkan bautnya rusak atau patah.


Memilih tipe impact wrench jenis pneumatik, corded electric atau cordless electric tergantung dari kebutuhan, ketersediaan daya listrik atau kompresor, budget, ukuran, dan lokasi penggunaan.

Tabel berikut mungkin bila memberikan gambaran untuk lebih mengenal antara ketiga tipe Impact Wrench.

Impact Wrenches, perbandingan Impact Wrenches,

Secara fungsi, impact whrenches sangat membantu untuk memudahkan proses membuka baut dan mur, tapi alat ini tergolong mahal dan perlu dipertimbangkan seberapa sering digunakan jika ingin membelinya. Kecuali untuk keperluan bengkel, alat ini sangat perlu dipertimbangkan untuk efisiensi tenaga dan waktu.


Berikut beberapa contoh pilihan impact wrenches dari tipe cordless dan corded.

Impact wrenches bertenaga angin/Pneumatic Impact Wrench (corded)

NitroCat 1200-K 1/2-Inch
Untuk daya tahan yang maksimal, bahan kevlar yang biasa digunakan pada rompi anti peluru dimanfaatkan sebagai casing Nitrocat 1200-K.

Impact Wrenches,corded Impact Wrenches,


Ingersoll Rand 2135TiMAX
Beratnya hanya 1.7Kg telah dilengkapi hammer case berbahan titanuim untuk meningkatkan durability-nya. Quiet Tool Technology yang telah dipatenkan membuat nya tidak berisik saat dioperasikan. Siap digunakan untuk kerja berat seperti membantu melepas baut roda mobil tanpa perlu susah payah dan mengeluarkan banyak keringat.
Impact Wrenches,corded Impact Wrenches,


Impact wrenches bertenaga listrik (corded)

Kawasaki 841337
Sangat cocok dimasukan ke bagasi untuk melengkapi perkakas yang sudah ada. Kawasaki 841337 telah dilengkapi carry case untuk memudahkannya di bawa dan di letakan di bagasi mobil.

Kawasaki 841337 menggunakan daya 12V DC yang dapat dicolokan ke lubang pemantik api yang ada didashboard mobil. Dengan panjang kabel sekitar 3 meter, cukup untuk membantu perbaikan atau penggantian ban mobil sekelas city car.

Impact Wrenches,corded Impact Wrenches,electric corded Impact Wrenches,


DEWALT DW294 7.5 Amp
Ditawarkan dikisaran harga $200, DEWALT DW294 7.5 Amp memiliki soft grip handle dan desain yang ergonomik sehingga dapat memberi kenyamanan kepada penggunanya.

Impact Wrenches,corded Impact Wrenches,


Makita TW0350 3.5 Amp Corded impact wrench
Menjamin kenyamanan penggunanya dengan desain yang ergonomis dan grip berkaret. Impact wrenches buatan Makita ini memiliki berat hanya 3Kg, maksimum torsi 258ft.lbs dan 2.000 Impact per minute.

Impact Wrenches,corded Impact Wrenches,electric corded Impact Wrenches,


Impact Wrenches bertenaga Baterai (cordless)

Milwaukee M18 Fuel 2763-22
Mampu bekerja hingga 8jam dengan proses charging memakan waktu selama 30 menit. Milwaukee M18 Fuel 2763-22 merupakan Impact Wrenches yang powerfull untuk mengencangkan dan melonggarkan baut.

Brushless motor nya mampu memberikan torsi 700lbs saat mengencangkan baut dan 1.100lbs untuk mengendorkan baut.

Impact Wrenches,cordless Impact Wrenches,electric cordless Impact Wrenches,


Dewalt DCF889HM2
Dewalt DCF889HM2 cocok digunakan untuk pekerjaan ringan hingga medium. Sangat cocok untuk melengkapi peralatan dirumah untuk membantu perbaikan kendaraan.

Gear casing berbahan magnesium, Dewalt DCF889HM2 didesain agar tahan lama. Denagn adanya LED light sangat membantu saat gelap namun tetap harus melanjutkan pekerjaan.

Impact Wrenches,cordless Impact Wrenches,electric cordless Impact Wrenches,


Bosch 24618-01 Cordless Impact Wrench
Bosch 24618-01 telah dilengkapi LED light untuk membantu bekerja di area minim cahaya. Di tenagai 18V Lihium-ion yang kompetible dengan semua Power Tool buatan Bosch dan digaransi selama 2 tahun.

Impact Wrenches,cordless Impact Wrenches,electric cordless Impact Wrenches,


Dari semua tipe dan jenis Impact Wrench memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Pneumatic impact wrench mungkin yang paling sering ditemui di bengkel-bengkel karena penggunaanya yang tetap di satu lokasi dan didukung ketersediaan kompresor. Selain itu pneumatic impact wrench sudah ada sejak awal sebelum berkembang menjadi corded electrick dan cordless.

Sedangkan cordless impact wrench memberikan kenyamanan dan portabilitas karena tidak tergantung oleh kabel atau selang angin dari kompresor, tapi jenis ini lebih mahal dibanding lainnya.

Apapun pilihannya, semua memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Karena penggunaanya pun tergantung kebutuhan jadi tidak ada tipe yang lebih baik atau lebih jelek. Semoga bermanfaat.

Silakan tinggalkan komentar anda.

Click to comment