Karet LPG untuk mengatasi getaran pada sepeda motor

Kendaraan bermotor, khususnya sepeda motor pastilah tidak luput dari yang namanya getaran.

Entah getaran pada bodi, getaran pada footstep atau getaran di knalpot dan getaran-getaran lainnya.

Apalagi motor yang sudah mulai berumur maka getaran yang terjadi pun semakin beragam.

Kondisi jalan yang kadang bergelombang, keriting dan berlubang atau benturan memberi andil besar membuat bagian motor bergetar.

Getaran sekecil apapun pada bodi motor membuat kenyamanan berkendara sedikit berkurang karena bunyi "dert..dert..dert" dari bagian yang bergesekan cukup mengganggu konsentrasi berkendara.

Berikut salah satu contoh kasus kecil terkait bagian motor yang bergetar, yang terjadi pada rumah lampu rem Mio GT.

Pada rumah lampu motor ini sedikit goyang sehingga bergetar dan menimbulkan suara yang mengganggu saat motor berjalan.

mengatasi lampu rumah rem goyang dan bergetar

Setelah diperiksa ternyata baut pengikatnya tidak berfungsi maksimal sehingga ada sedikit celah antara dua bagian bodi motor yang membuat rumah lampu rem menjadi goyang.

mengatasi lampu rumah rem longgar

Jika di ilustrasikan kurang-lebih seperti gambar dibawah ini kondisi saat terpasang dimana baut pengunci tidak mengikat rapat dikarenakan ring topi lebih tebal dari media yang harus di ikat.

ilustrasi gambar baut pengikat bodi motor

Untuk mengatasi hal tersebut, cara sederhana ini bisa dicoba dan mungkin bisa dijadikan referensi untuk mengatasai getaran-getaran yang terjadi pada bagian motor lainnya.

Siapkan Karet Gas LPG (Bisa ambil dari tabung gas yang sudah habis) untuk mengganjal Ring Topi. Kalau tidak ada karet tabung gas LPG bisa menggunakan karet ban-dalam yang dibentuk bulat dengan lubang dibagian tengah menyerupai ring.
Jika menggunakan karet tabung gas LPG, potong karet tersebut sesuai ketebalan yang dibutuhkan.

karet tabung lpg

Lepas baut pengikat rumah lampu dan masukkan potongan karet tabung gas LPG ke kaki ring topi. perlu kehati-hatian saat melepas bodi motor yang terbuat dari bahan plastik.

Karena meskipun baut pengikatnya sudah dilepas, masih ada pengait yang menahan part tersebut terlepas. pengait ini berfungsi sebagai penahan antar bodi motor agar tidak mudah lepas.

baut rumah rem belakang

Kemudian pasang kembali dan kencangkan secukupnya

lepas rumah rem mio

Pasang kembali tutup atas rumah lampu rem jangan lupa pasang kembali dua buah baut pengikatnya.

baut penutup rumah rem


Selesai. Semoga bisa menjadi referensi untuk mengatasi problem serupa yang menghinggapi bodi motor Anda.

Banyak faktor yang menjadi penyebab bagian motor bergetar khususnya pada lampu rem motor mio GT atau motor berbodi plastik lainnya, Salah satu nya adalah karena beberapa bagiannya sudah aus akibat bergesekan terus menerus sehingga sedikit demi sedikit hingga terkikis dan tidak rapat lagi yang akhirnya menjadi goyang atau bergetar. Atau bisa juga karena ada bagian penguncinya yang patah.

Baca juga : Cara menyambung (mengelem) bodi motor yang patah

Namun pada prinsipnya, karet tabung gas LPG ataupun karet ban-dalam dapat dimanfaatkan untuk menjadi ring pada baut pengikat di bodi motor agar tidak bergetar.

Hanya saja karet tabung gas LPG mungkin lebih mudah ditemukan karena hampir setiap rumah sekarang menggunakan tabung LPG.

Semoga bermanfaat.



0 Response to "Karet LPG untuk mengatasi getaran pada sepeda motor"

Post a Comment

Silakan tinggalkan komentar anda.